5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester United

Apakah sebanding dengan performa mereka?

Dalam beberapa musim terakhir, Manchester United telah mengeluarkan dana besar untuk merekrut sejumlah pemain top. Namun, klub berjuluk The Reds Devils masih kesulitan dalam meraih titel bergengsi. Tercatat, mereka terakhir kali meraih trofi pada musim 2017.

Padahal, Setan Merah rela merogoh kocek besar untuk mendatangkan pemain dari berbagai negara. Salah satunya adalah Inggris. Setan Merah kerap menggaet pemain asal Inggris dengan harga mahal. Berikut lima rekrutan asal Inggris termahal yang pernah digaet Manchester United.

1. Harry Maguire (Rp1,51 triliun)

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedHarry Maguire (twitter.com/premierleague)

Harry Maguire masih menjadi pemegang rekor pembelian termahal Manchester United untuk pemain berpaspor Inggris. Pemain yang berposisi bek tengah ini direkrut Setan Merah pada musim 2018 dari klub Inggris lainnya, Leicester City.

Maguire ditebus oleh Manchester United dengan biaya 99 juta euro atau setara dengan Rp1,51 triliun. Selama berseragam Manchester United, pemain yang juga menjabat sebagai kapten tim ini telah mencatatkan 143 penampilan dengan mencetak 7 gol dan 5 assists.

2. Jadon Sancho (Rp1,47 triliun)

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedJadon Sancho (twitter.com/premierleague)

Penampilan impresifnya bersama Borussia Dortmund membuat Manchester United rela mengeluarkan dana besar untuk pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Manchester City ini. Alhasil, Sancho berhasil digaet Setan Merah pada musim panas lalu.

Pemain berusia 22 tahun ini didatangkan dengan mahar 97 juta euro atau setara dengan Rp1,47 triliun. Sancho lantas dikontrak berdurasi hingga Juni 2026 mendatang. Sejauh ini, ia telah menorehkan 37 penampilan dengan mencetak 5 gol dan 3 assists.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Direkrut Manchester United

3. Aaron Wan-Bissaka (Rp955 miliar)

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedAaron Wan-Bissaka (instagram.com/awbissaka)

Aaron Wan-Bissaka merupakan pemain yang berasal dari akademi Crystal Palace. Ia berhasil promosi ke tim senior pada musim 2018 lalu. Hanya butuh setahun untuk membuat Manchester United tertarik merekrutnya.

Pemain yang berposisi bek kanan ini akhirnya ditebus Setan Merah dengan biaya 63 juta euro atau setara dengan Rp955 miliar pada musim panas 2019. Wan-Bissaka telah menorehkan 125 penampilan dan berhasil mencetak 2 gol dan 10 assists sejauh ini.

4. Rio Ferdinand (Rp799 miliar)

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedRio Ferdinand (twitter.com/premierleague)

Jauh sebelum nama-nama di atas, Rio Ferdinand lebih dulu menjadi pemain Inggris termahal yang pernah didatangkan oleh Manchester United. Hal itu terjadi pada musik 2002 silam. Sang pemain didatangkan dari Leeds dengan mahar 52 juta euro atau setara Rp799 miliar.

Berposisi bek tengah, Rio Ferdinand sukses menunjukkan performa apik dan konsisten bersama Setan Merah. Ia mampu membukukan 454 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 9 assists. Ketangguhannya itu membuat ia berhasil membawa Manchester United merengkuh sejumlah trofi.

5. Luke Shaw (Rp651 miliar)

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedLuke Shaw (twitter.com/premierleague)

Lagi dan lagi, Manchester United rela mengeluarkan biaya fantastis untuk pemain Inggris yang berposisi belakang. Luke Shaw diboyong ke Old Trafford pada musim 2014 lalu. Shaw didatangkan dari Southampton dengan biaya 42 juta euro atau setara Rp651 miliar.

Berposisi bek kiri, Shaw nyatanya mampu tampil apik dan menjadi andalan di sektor belakang. Pria berusia 27 tahun ini mampu menorehkan 212 penampilan dan mencetak 3 gol dan 22 assists. Kontrak Shaw bersama Setan Merah akan berakhir pada musim depan.

 

Hampir semua nama di atas merupakan pemain yang berposisi belakang. Hanya Jadon Sancho yang bukan pemain berposisi belakang, tepatnya ia merupakan pemain yang berposisi winger. Menurutmu, apakah harga mahal mereka sebanding dengan performa?

Baca Juga: 5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester United

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya