Comscore Tracker

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia Dortmund

Termasuk Jadon Sancho dan Erling Haaland

Borussia Dortmund terkenal mampu mengembangkan pemain-pemain potensial. Mereka memberi jatah bermain yang cukup agar pemain-pemain ini berkembang.

Setelah berkembang, ada yang dipertahankan, ada juga yang dijual. Beberapa di antaranya dijual ke klub English Premier League (EPL). Dua contohnya adalah Jadon Sancho dan Erling Haaland.

Termasuk Sancho dan Haaland, lima pemain ini berkiprah di EPL setelah tinggalkan Borussia Dortmund.

1. Sokratis Papastathopaulos

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia DortmundSokratis Papastathopaulos (instagram.com/sokratispapa.official)

Sokratis Papastathopaulos merupakan pemain berkebangsaan Yunani yang mulai bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2013. Pemain yang kerap mengisi pos bek tengah ini didatangkan dari klub Jerman lainnya, Werder Bremen.

Selama 6 musim membela Die Borussen, Sokratis mampu membukukan 198 penampilan dengan mencetak 10 gol dan 2 assist. Pada 2018, ia akhirnya pindah dan melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Arsenal.

2. Christian Pulisic

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia DortmundChristian Pulisic (instagram.com/christian,.pulisic10)

Berstatus sebagai lulusan akademi Borussia Dortmund, Christian Pulisic berhasil tampil apik kala naik kasta ke tim senior. Bersama Dortmund, ia mencatatkan 127 penampilan dengan mencetak 19 gol dan 26 assist.

Performa apiknya membuat Chelsea berniat menggaetnya. Sang pemain akhirnya dibawa ke Stamford Bridge pada musim dingin 2019. Pulisic ditebus dengan biaya 74 juta euro atau setara dengan Rp1,12 triliun.

Baca Juga: 10 Pemain Muslim yang Pernah Berseragam Borussia Dortmund

3. Jadon Sancho

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia DortmundJadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Kesulitan bersaing di skuad Manchester City membuat Jadon Sancho memilih hengkang dari klub berjuluk The Citizens itu. Pemain asal Inggris ini akhirnya bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2017.

Sang pemain berkembang dan menjadi andalan di Borussia Dortmund. Pria berusia 22 tahun ini mampu menorehkan 137 penampilan dengan mencetak 50 gol dan 64 assist. Pada musim panas 2021, ia kembali ke Premier League dengan bergabung ke Manchester United.

4. Erling Haaland

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia DortmundErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Berhasil tampil tajam bersama RB Salzburg, Erling Haaland melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Borussia Dortmund pada musim panas 2020. Pemain berposisi penyerang ini dibeli dengan biaya 23 juta euro atau setara dengan Rp347 miliar.

Namanya kian mencuat kala berseragam Borussia Dortmund. Ia tampil gemilang dengan mencetak 89 penampilan dengan mencetak 86 gol dan 23 assist.

Kiprahnya bersama Dortmund berakhir pada musim panas ini. Ia bergabung ke Manchester City.

5. Manuel Akanji

5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia DortmundManuel Akanji (skysports.com)

Selain merekrut Erling Haaland dari Borussia Dortmund, Manchester City juga memboyong Manuel Akanji dari klub yang sama pada musim panas ini. Pemain berposisi bek tengah ini berhasil digaet dengan mahar 20 juta euro atau setara dengan Rp304 miliar.

Selama 4 musim berseragam Borussia Dortmund, pemain asal Swiss ini mampu membukukan 158 penampilan dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Kehadiran sang pemain di Manchester City diharapkan mampu membuat lini pertahanan makin kokoh.

Borussia Dortmund memang dikenal sebagai salah satu klub yang mampu mengembangkan potensi para pemain bola berbakat. Kemudian, mereka berhasil dijual mahal ke klub top Eropa lainnya.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya