5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico Chiesa

Chiesa resmi menyandang nomor punggung baru musim depan

Federico Chiesa telah membela Juventus sejak musim panas 2020. Namun, awalnya pemain asal Italia ini hanya berstatus pinjaman dari Fiorentina. Selama masa peminjamannya, Chiesa mengenakan nomor punggung 22 di Juventus.

Sang pemain baru dipermanenkan Si Nyonya Tua di bursa transfer musim panas 2022 ini. Sepenuhnya sudah menjadi milik Juventus, Chiesa pun mengganti nomor punggungnya menjadi nomor 7.

Meski nomor 7 tidak terlalu keramat di Juventus, sederet pemain top tercatat pernah mengenakan nomor punggung yang identik dengan winger itu. Berikut merupakan sederet pemain yang mengenakan nomor punggung 7 di Juventus sebelum Federico Chiesa.  

1. Simione Pepe

5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico ChiesaSimeone Pepe (twitter.com/juvefcdotcom)

Simeone Pepe bergabung dengan Juventus pada musim panas 2010. Pepe awalnya hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Udinese. Penampilan apiknya sebagai winger membuat sang pemain akhirnya dipermanenkan Juventus di musim berikutnya.

Pemain asal Italia ini mulai memakai nomor punggung 7 setelah ia direkrut secara permanen oleh Juventus. Selama berkostum Juventus, Pepe membukukan 95 penampilan dengan mencetak 13 gol dan 6 assist.

2. Simeone Zaza

5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico ChiesaSimeone Zaza (skysports.com)

Setelah Simeone Pepe hengkang ke Chievo Verona, nomor punggung 7 dipakai oleh rekan senegaranya, Simeone Zaza. Pemain yang berposisi sebagai striker ini didatangkan Juventus dari Sassuolo dengan biaya 20 juta euro atau setara dengan Rp312 miliar.

Namun, Simeone Zaza tak berhasil tampil apik kala berseragam Juventus. Sang pemain hanya bertahan selama semusim di Turin. Ia sempat dipinjamkan ke West Ham pada musim 2016/2017. 

Baca Juga: 8 Pemain Argentina yang Membela Juventus sebelum Angel Di Maria

3. Juan Cuadrado

5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico ChiesaJuan Cuadrado (skysports.com)

Pada musim panas 2015, Juventus meminjam Juan Cuadrado dari Chelsea selama semusim. Pemain asal Kolombia ini justru tampil impresif kala menjalani masa peminjamannya bersama Juventus. 

Ia akhirnya dipermanenkan pada musim berikutnya oleh Si Nyonya Tua. Cuadrado memakai nomor punggung 7 sejak musim 2016/2017. Kehadiran Cristiano Ronaldo membuat Juan Cuadrado mengubah nomor punggungnya menjadi 16. Kini, pemain asal Colombia tersebut kembali mengubah nomor punggunya ke nomor 11.

4. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico ChiesaCristiano Ronaldo (twitter.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo tentu identik dengan nomor punggung 7. Pemain asal Portugal ini didatangkan Juventus pada musim 2018 dari Real Madrid. Kedatangannya bikin Cuadrado "terpaksa" menyerahkan nomor 7 ke pemain asal Portugal tersebut.

Ronaldo menghabiskan waktu selama 3 musim untuk membela Juventus. Ia sukses tampil moncer dan menjadi momok menakutkan di depan gawang lawan. Tercatat, ia sukses menorehkan 101 gol dan 22 assist hanya dalam 134 laga bersama Juventus.

5. Dusan Vlahovic

5 Pemain Juventus Pemilik Nomor Punggung 7 sebelum Federico ChiesaDusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Setelah kepergian Cristiano Ronaldo di musim panas 2021, nomor punggung 7 sempat tidak ada yang menggunakan. Dusan Vlahovic akhirnya memakai nomor tersebut kala ia didatangkan Juventus pada musim dingin 2022.

Pemain asal Serbia ini didatangkan Si Nyonya Tua dengan mahar 92 juta euro atau setara Rp1,41 triliun dari Fiorentina. Berposisi sebagai striker, ia mampu mencetak 9 gol dan 2 assist dalam 21 pertandingan bersama Juventus sejauh ini.

Pergantian nomor punggung dari 22 ke 7 ini membuktikan bahwa Federico Chiesa telah menjelma menjadi salah satu pilar kunci Juventus di lini depan. Namun, Juventini perlu bersabar lebih lama untuk menyaksikan penampilan Chiesa dengan nomor barunya ini lantaran sang pemain tengah dalam proses pemulihan cedera.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico Chiesa

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya