5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022

Termasuk Sven Botman yang hijrah ke Newcastle United

Ligue 1 merupakan salah satu kompetisi papan atas Eropa yang berada di Prancis. Ia kerap melahirkan talenta-talenta muda yang membuat sejumlah klub Eropa lainnya tertarik memboyongnya.

Pada bursa transfer musim panas 2022, ada sejumlah pemain Ligue 1 yang memutuskan pindah ke English Premier League (EPL). Inilah lima pemain Ligue 1 yang pindah ke klub EPL pada musim panas 2022.

1. Alphonse Areola

5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Alphonse Areola (instagram.com/alphonseareola)

Alphonse Areola merupakan pemain yang berasal dari akademi Paris Saint-Germain. Namun, kurangnya menit bermain membuat ia akhirnya dipinjamkan ke West Ham United pada 2021/2022 lalu.

Bersama West Ham, ia mampu mencatatkan 17 pertandingan dan meraih 8 clean sheet. Catatan tersebut mampu meyakinkan mereka agar ia dipermanenkan. Areola akhirnya dipermanenkan The Hammers dengan biaya 10 juta euro atau setara dengan Rp161 miliar hingga Juni 2027 mendatang.

2. Giulian Biancone

5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Giulian Biancone (instagram.com/g.biancone)

Usai promosi ke Premier League, Nottingham Forrest tampak gencar merekrut pemain baru pada bursa transfer musim panas 2022. Giulian Biancone menjadi salah satu nama yang berhasil didatangkan mereka.

Pemain berposisi bek tengah ini diboyong dari klub Ligue 1, Troyes, dengan biaya 11 juta euro atau setara dengan Rp173 miliar. Saat bersama Troyes, Biancone tampil dengan mencatatkan 33 penampilan dan mencetak 1 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1

3. Cheick Doucoure

5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Cheick Doucoure (instagram.com/cheick.doucoure20)

Berstatus lulusan akademi RC Lens, Cheick Doucoure, promosi ke tim senior pada 2018. Pemain berposisi gelandang bertahan ini lantas tampil apik dan menjadi andalan di Lens.

Ia mampu membukukan 130 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 7 assist. Pada musim panas 2022, ia akhirnya memutuskan untuk pindah dari Lens dan bergabung dengan Crystal Palace. Pemain asal Mali ini ditebus dengan biaya 25 juta euro atau setara Rp392 miliar.

4. Nayef Aguerd

5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Nayef Aguerd (instagram.com/nayefaguerd)

Selain mendatangkan Alphonse Areola, West Ham United juga mendatangkan pemain lain dari klub Prancis. Nayef Aguerd menjadi opsi David Moyes untuk mengisi pos bek tengah.

Sang pemain diboyong dari Stade Rennais pada musim panas 2022. Biaya transfernya mencapai sekitar 39 juta euro atau setara dengan Rp608 miliar.

Selama berseragam Rennais, Aguerd mampu mencatatkan 79 penampilan dan mencetak 7 gol dan 4 assist. Tak heran jika pemain asal Maroko ini ditebus dengan biaya mahal oleh The Hammers.

5. Sven Botman

5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Sven Botman (instagram.com/svenbotman_)

Sven Botman merupakan pesepak bola asal Belanda yang baru bergabung dengan Newcastle United pada musim panas 2022. Pemain berposisi bek tengah ini didatangkan dari klub Prancis, LOSC Lille. 

Botman ditebus dengan biaya 42 juta euro atau setara dengan Rp643 miliar. Nilai tersebut membuat ia menjadi pemain termahal yang dijual klub Ligue 1 ke klub Premier League.

Saat bersama Lille, ia mampu menorehkan 78 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 2 assist. Sven Botman dikontrak jangka panjang oleh Newcastle, yakni hingga Juni 2027. 

Dengan kepemilikan baru, Newcastle United sepertinya akan menjadi penantang terbaru di Premier League. Mereka cukup aktif dalam mendatangkan pemain untuk memperkuat klub.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya