Comscore Tracker

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022

Mereka tak memperpanjang kontrak bersama Manchester United

Manchester United menjalani musim yang buruk pada 2021/2022. Meski mendatangkan sejumlah pemain bintang pada bursa transfer musim panas 2021, Setan Merah tak mampu berbuat banyak musim ini.

Erik ten Hag akan menjadi juru taktik menggantikan Ralf Rangnick musim depan. Pergantian tersebut membuat banyak pemain tersisihkan. Ada sedikitnya lima pemain yang memutuskan hengkang dari Old Trafford secara gratis.

1. Nemanja Matic

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022Nemanja Matic (skysports.com)

Nemanja Matic bergabung dengan Manchester United sejak 2017. Pemain asal Serbia ini diboyong dari Chelsea dengan harga 50 juta euro atau Rp776 miliar. Selama 5 musim membela Setan Merah, Matic mampu mencetak 4 gol dan 11 assist dalam 189 pertandingan.

Musim 2021/2022 menjadi musim terakhir Nemanja Matic berkostum Manchester United. Pasalnya, kontrak Matic telah berakhir dan ia berstatus free agent pada musim panas 2022. Sang pemain dikabarkan telah sepakat untuk bergabung dengan AS Roma musim depan.

2. Edinson Cavani

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022Edinson Cavani (skysports.com)

Edinson Cavani hanya bertahan selama 2 musim bersama Manchester United. Pemain asal Uruguay ini didatangkan Setan Merah pada 2020 dari Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Bersama Manchester United, Cavani mampu membukukan 19 gol dan 7 assist dalam 59 pertandingan.

Kebersamaan Cavani dengan Manchester United harus berakhir musim ini. Pemain berusia 35 tahun tersebut memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan Manchester United. Ia juga tak masuk rencana utama dari Erik ten Hag musim depan.

Baca Juga: 5 Transfer Januari Terburuk dalam Sejarah Manchester United

3. Paul Pogba

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022Paul Pogba (skysports.com)

Paul Pogba merupakan jebolan akademi Manchester United. Namun, pemain asal Prancis ini sempat dijual ke Juventus pada 2012. Tampil impresif bersama Si Nyonya Tua, Pogba diboyong kembali ke Old Trafford dengan biaya yang mahal, yakni 119 juta euro atau Rp1,82 triliun.

Berposisi sebagai gelandang, Pogba mampu mencetak 29 gol dan 41 assist dalam 157 pertandingan bersama Manchester United. Kepergian Pogba untuk kedua kalinya dari Manchester United secara gratis sangat disayangkan mengingat ia didatangkan dengan harga mahal.

4. Jesse Lingard

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022Jesse Lingard (skysports.com)

Sama seperti Paul Pogba, Jesse Lingard juga merupakan pemain yang berasal dari akademi Manchester United. Pemain berkebangsaan Inggris ini memutuskan untuk meninggalkan Old Trafford setelah 8 musim membela tim senior Setan Merah.

Pemain yang berposisi gelandang serang ini mampu menorehkan 35 gol dan 21 assist dalam 232 pertandingan. Selama berkostum Manchester United, Lingard sukses mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi.

5. Juan Mata

5 Pemain MU yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2022Juan Mata (skysports.com)

Terakhir, ada gelandang veteran berkebangsaan Spanyol, Juan Mata. Pemain berusia 34 tahun ini telah membela Manchester United sejak 2014. Ia diboyong dari klub Inggris lainnya, Chelsea, dengan harga 50 juta euro atau setara Rp777 miliar.

Juan Mata sempat menjadi andalan di lini tengah Manchester United. Ia mampu membukukan 51 gol dan 47 assist dalam 285 pertandingan. Usianya kian menua, Mata tak lagi menjadi pilihan utama skuad dan kerap berada di bangku cadangan. Ia akan berstatus free agent pada musim panas 2022.

Hampir semuanya telah berseragam Manchester United cukup lama. Mereka akhirnya tersingkir karena berbagai alasan. Akan ke manakah mereka berlabuh untuk musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Free Agent yang Bisa Diboyong Barcelona di Musim Panas 2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya