Comscore Tracker

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga Mahal

Muda, hebat, dan berbahaya

Borussia Dortmund memang dikenal kerap menjual para pemainnya dengan harga mahal ke klub besar Eropa lainnya. Klub berjuluk Die Borussen ini selalu meraih keuntungan besar usai melepas para pemain andalannya.

Namun, Borussia Dortmund juga sering sekali merekrut pemain muda dengan harga yang cukup mahal. Mereka meningkatkan kualitas performanya bersama Borussia Dortmund. Berikut lima pemain muda yang direkrut dengan harga mahal oleh Borussia Dortmund.

1. Jude Bellingham (17 tahun)

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga MahalJude Bellingham (skysports.com)

Jude Bellingham merupakan pemain berkebangsaan Inggris yang berstatus lulusan akademi Birmingham City. Keputusan Jude Bellingham untuk meninggalkan Birmingham City dan bergabung Borussia Dortmund berbuah manis.

Pada musim 2020, Bellingham baru bergabung dengan Borussia Dortmund. Ia ditebus dengan biaya 27 juta euro atau setara Rp434 miliar. Saat itu, usianya baru menginjak 17 tahun. Bersama Die Borussen, performa Bellingham kian berkembang dan sukses menjadi andalan di lini tengah.

2. Abdou Diallo (22 tahun)

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga MahalAbdou Diallo (goal.com)

Pada musim 2018/2019, Borussia Dortmund merekrut bek muda berbakat asal Senegal dari klub Jerman, FSV Mainz. Abdou Diallo didatangkan Die Borussen dengan mahar 31 juta euro atau setara dengan Rp486 miliar. Diallo hanya bertahan selama semusim bersama Dortmund.

Meski demikian, Diallo mampu menjadi andalan di sektor pertahanan membuat klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain kepincut. Pada musim 2019, Diallo akhirnya dilepas ke PSG dengan harga 35 juta euro atau senilai Rp556 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane Dembele

3. Donyell Malen (22 tahun)

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga MahalDonyell Malen (theathletic.com)

Donyell Malen merupakan pemain yang baru bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas lalu. Berstatus sebagai lulusan akademi PSV Eindhoven, Malen sukses tampil impresif kala berseragam PSV Eindhoven. Striker asal Belanda ini sukses tampil tajam di lini depan.

Selama berkostum PSV, Malen berhasil membukukan 55 gol dan 24 assists dalam 116 penampilan. Catatan impresifnya ini membuat Die Borussen rela mengeluarkan dana sekitar 33 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar.

4. Karim Adeyemi (20 tahun)

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga MahalKarim Adeyemi (bvbbuzz.com)

Karim Adeyemi merupakan pemain anyar yang dimiliki oleh Borussia Dortmund. Pemain asal Jerman ini baru saja diboyong Die Borussen pada musim panas 2022 dari klub Austria, RB Salzburg. Biaya transfernya mencapai sekitar 33 juta euro atau senilai Rp521 miliar.

Berposisi sebagai striker, kedatangan Karim tentu untuk menggantikan posisi Erling Haaland yang telah dilepas ke Manchester City pada musim panas 2022 ini. Pemain berusia 20 tahun ini diharapkan mampu tampil apik dan bersaing dengan Donyell Malen di lini serang.

5. Ousmane Dembele (19 tahun)

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Direkrut dengan Harga MahalOusmane Dembele (bundesliga.com)

Jauh dari nama-nama di atas, Borussia Dortmund pernah mendatangkan winger muda berbakat asal Prancis pada musim 2017/2018, yaitu Ousmane Dembele. Bakatnya ditemukan usai tampil impresif saat berkostum Stade Rennes. Alhasil, ia diboyong dengan mahar 38 juta euro alias Rp608 miliar.

Saat itu, ia masih berusia 19 tahun. Angka tersebut membuat Dembele menjadi pemain muda termahal yang didatangkan Borussia Dortmund sejauh ini. Performanya kian berkembang bersama Dortmund hingga akhirnya ia dilepas dengan harga fantastis ke Barcelona.

 

Borussia Dortmund memang bisa dikatakan sebagai tempat yang tepat untuk mengembangkan kualitas performa pemain muda. Kemudian, mereka akan dijual dengan harga mahal ke klub besar Eropa lainnya.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya