5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

Ada Erling Haaland dan Martin Odegaard

Norwegia merupakan salah satu negara Eropa. Saat ini, ada cukup banyak pemain sepak bola berbakat yang muncul dari negara dengan julukan The Land of the Midnight Sun tersebut. 

Beberapa dari mereka kini berkiprah di salah satu liga terbaik di Eropa, yakni English Premier League (EPL). Setidaknya ada lima pemain Norwegia yang berkiprah di Premier League 2022/2023.

1. Erling Haaland (Manchester City)

5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Performa gemilangnya bersama Borussia Dortmund membuat Erling Haaland menjadi incaran sejumlah klub besar Eropa. Namun, sang pemain akhirnya memutuskan untuk memilih Manchester City sebagai tempat ia berkarier selanjutnya.

Pemain berusia 22 tahun ini ditebus The Citizens dengan biaya 67 juta euro atau setara dengan Rp1,04 triliun pada musim panas 2022 ini. Pemilik 23 caps bersama Timnas Norwegia ini langsung nyetel dengan permainan Manchester City sejauh ini.

2. Kristoffer Ajer (Brentford)

5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Kristoffer Ajer (instagram.com/kristpffer.v.ajer)

Kristoffer Ajer merupakan pemain sepak bola yang lahir di Raelingen pada 17 April 1998. Pemain yang berposisi bek tengah ini mulai berkiprah di Premier League sejak musim panas 2021 dengan membela Brentford.

Sang pemain didatangkan dengan biaya 17 juta euro atau setara dengan Rp242 miliar. Berhasil tampil apik, pria berusia 24 tahun ini telah mencatatkan 34 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist bersama Brentford sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma Haaland

3. Mohamed Elyounoussi (Southampton)

5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Mohamed Elyounoussi (instagram.com/moielyo)

Mohamed Elyounoussi telah berkiprah di Premier League dengan membela Southampton sejak 2018. Sang pemain didatangkan The Saints dari FC Basel dengan harga 20 juta euro atau setara dengan Rp312 miliar.

Meski sempat kesulitan beradaptasi dan akhirnya dipinjam terlebih dahulu ke Celtic, kini Elyounoussi sukses diandalkan di skuad Southampton. Selama berseragam The Saints, pemain yang berposisi winger ini telah menorehkan 66 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 5 assist.

4. Kristoffer Klaesson (Leeds United)

5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Kristoffer Klaesson (instagram.com/kristoffer13klaesson)

Leeds United menjadi klub luar Norwegia pertama yang ia bela hingga saat ini. Kristoffer Klaesson didatangkan pada musim panas 2021 dari klub Norwegia, Valerenga. Ia diboyong hanya dengan mahar 2 juta euro atau senilai Rp34 miliar.

Mengingat usianya yang masih muda, Klaesson kesulitan mendapatkan jam terbang di skuad Leeds United. Ia lebih sering dimainkan di skuad Leeds United level muda sejauh ini. Bersama skuad senior, ia baru mencatatkan satu penampilan.

5. Martin Odegaard (Arsenal)

5 Pemain Norwegia yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Martin Odegaard (instagram.com/odegaard.98)

Keputusan Martin Odegaard untuk pindah dari Real Madrid dan bergabung ke Arsenal merupakan keputusan tepat. Pemain berusia 23 tahun ini berkembang pesat bersama Arsenal.

Pemain yang berposisi gelandang serang ini berhasil menemukan sentuhan terbaiknya dan menjabat sebagai kapten tim Arsenal. Performa apiknya membuat ia juga dipercaya sebagai kapten Timnas Norwegia dengan torehan 45 caps.

Meski tak berhasil mentas di Piala Dunia 2022, Norwegia masih memiliki kesempatan untuk meraih trofi internasional di ajang bergengsi lainnya. Apalagi skuad Norwegia kini bisa dikatakan cukup merata.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya