Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara Gratis

Mulai dari Frank Ribery hingga Niklas Sule

Bayern Munchen masih menjadi klub tak terkalahkan dari perolehan juara liga di ajang Bundesliga. Musim 2021/2022, klub berjuluk Die Roten ini kembali berhasil menjuarai Bundesliga. Ini menjadi gelar yang diraih Munchen selama 10 musim beruntun (2012--2022).

Meski demikian, Bayern Munchen tentu selalu melakukan perombakan pemain setiap tahunnya. Bahkan, terdapat sejumlah pemain papan atas yang pernah dilepas Bayern Munchen secara gratis ke klub lain. Berikut lima pemain terakhir yang tinggalkan Bayern Munchen secara gratis.

1. Frank Ribery

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara GratisFrank Ribery (skysports.com)

Frank RIbery telah membela Bayern Munich sejak 2007 silam. Pemain asal Prancis ini didatangkan dari Marseille dengan harga 33 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar. Ribery menghabiskan waktu selama 12 musim lamanya (2007-2019) bersama Die Roten.

Berposisi sebagai winger, Ribery bisa dikatakan sebagai salah satu pemain tersukses yang membela Bayern Munich. Ia berhasil membukukan 124 gol dan 182 assist dalam 425 pertandingan. Pada musim panas 2019, ia resmi meninggalkan Munich secara gratis ke klub Italia, Fiorentina.

2. Sven Ulreich

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara GratisSven Ulreich (skysports.com)

Sven Ulreich merupakan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia telah bergabung dengan Bayern Munich sejak 2015 lalu dari Stuttgart. Bersama Munich, ia hanya mampu menjadi kiper pelapis dari Manuel Neuer.

Selama berkostum Bayern Munich, Ulreich mampu mencatatkan 78 penampilan dengan meraih 24 clean sheet. Pada musim panas 2020, ia dilepas Bayern Munich secara gratis ke Hamburger. Namun, musim panas lalu ia kembali direkrut Bayern Munich.

3. Javi Martinez

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara GratisJavi Martinez (marca.com)

Javi Martinez bergabung dengan Bayern Munich sejak 2012 lalu. Pemain asal Spanyol ini ditebus dari Atletic Bilbao dengan nilai 44 juta euro atau seharga dengan Rp695 miliar. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Martinez berhasil menjadi andalan Munchen di lini tengah.

Tercatat, Martinez sukses membukukan 268 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan 11 assists. Ia juga banyak meraih sederet titel bergengsi bersama Bayern Munchen.

Kebersamaannya bersama Bayern Munchen berakhir pada musim panas lalu. Ia meninggalkan Bayern Munchen secara gratis dan bergabung Qatar SC.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal asal Jerman yang Membela Bayern Munich pada 2021/2022

4. David Alaba

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara GratisDavid Alaba (bleacherreport.com)

David Alaba merupakan pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Bayern Munchen. Pemain asal Austria ini mulai tampil di tim senior sejak 2010 lalu. Berposisi sebagai bek tengah, Alaba sukses tampil impresif di sektor pertahanan.

Meski demikian, David Alaba bisa dikatakan sebagai pemain serba bisa. Pasalnya, ia bisa mengisi pos bek kiri dan juga gelandang tengah. Bersama Munchen, Alaba sukses menorehkan 33 gol dan 55 assists dalam 430 pertandingan.

Musim panas lalu, Alaba resmi meninggalkan Munchen dengan status bebas transfer. Kemudian, pemain berusia 29 tahun ini bergabung dengan raksasa Spanyol, Real Madrid. 

5. Niklas Sule

5 Pemain Terakhir yang Tinggalkan Bayern Munchen Secara GratisNiklas Sule (bavarianfootballworks.com)

Niklas Sule menjadi nama baru yang meninggalkan Bayern Munchen dengan status bebas trasnfer. Pemain berusia 26 tahun ini akan bergabung Borussia Dortmund lantaran kontraknya bersama Munchen akan berakhir pada Juni 2022.

Sule telah menjadi bagian Die Roten sejak 2017 lalu. Pemain berkebangsaan Jerman ini diboyong dari Hoffeinhem dengan mahar 22 juta euro atau setara dengan Rp347 miliar. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini mampu mencatatkan 170 penampilan dengan mencetak 7 gol dan 5 assists.

 

Dari daftar di atas, hampir semuanya berhasil menjadi andalan Bayern Munchen hingga mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi. Patut dinantikan kiprah Niklas Sule bersama Borussia Dortmund pada musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Klub Bayern Munich

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya