Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga Prancis

Ada dua nama baru yang dilepas Arsenal pada musim panas 2022

Arsenal cukup aktif melakukan perombakan skuad pada bursa transfer musim panas 2022. Klub asuhan Mikel Arteta ini telah mendatangkan sejumlah pemain top untuk membela The Gunners pada 2022/2023.

Di sisi lain, mereka juga melepas beberapa pemainnya pada musim panas ini. Sejumlah pemain Arsenal kerap memilih melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub Prancis. Berikut lima pemain terakhir yang dilepas Arsenal ke klub Liga Prancis.

1. Mathieu Debuchy

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga PrancisMathieu Debuchy (skysports.com)

Mathieu Debuchy mulai membela Arsenal pada 2014. Pemain asal Prancis ini didatangkan The Gunners dari Newcastle United dengan biaya 16 juta euro atau senilai Rp260 miliar.

Sayangnya, kiprahnya bersama Arsenal tak berjalan begitu baik. Debuchy tak berhasil menembus skuad utama dan hanya menjadi bek pelapis di Arsenal.

Bahkan, pada 2016, ia sempat dipinjamkan ke Bordeaux untuk mendapatkan jam terbang. Pada musim dingin 2018, ia akhirnya resmi dilepas Arsenal ke klub Liga Prancis, Saint-Etienne.

2. Laurent Koscielny

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga PrancisLaurent Koscielny (skysports.com)

Laurent Koscielny merupakan pemain yang cukup lama bertahan di Emirates Stadium. Pemain berposisi bek tengah ini membela The Gunners mulai 2010. Ia direkrut dari FC Lorient hanya dengan biaya 13 juta euro atau setara Rp217 miliar.

Koscielny berhasil tampil apik dan menjadi andalan Arsenal di sektor belakang. Bersama Arsenal, ia mampu mencatatkan penampilan sebanyak 353 kali dengan mencetak 27 gol dan 5 assist. Setelah 9 musim bersama Arsenal, ia hijrah ke Bordeaux pada 2019.

Baca Juga: Baru Dibeli, Wonderkid Arsenal Sudah Cedera

3. Sead Kolasinac

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga PrancisSead Kolasinac (skysports.com)

Berstatus lulusan akademi FC Schalke, Sead Kolasinac diboyong Arsenal secara gratis pada 2017. Pada awal kedatangannya, pemain berposisi bek kiri ini mampu tampil impresif. Ia menjadi andalan The Gunners. 

Sayangnya, performa Kolasinac kian menurun hingga membuatnya tersisihkan di skuad utama. Ia sempat dipinjamkan ke klub lamanya, FC Schalke, pada musim dingin 2021. Akhirnya, sang pemain dilepas ke klub Liga Prancis, Marseille, pada musim dingin 2022.

4. Matteo Guendouzi

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga PrancisMatteo Guendouzi (arsenal.com)

Pada 2018, Arsenal berhasil mendatangkan gelandang muda berbakat dari FC Lorient. Matteo Guendouzi direkrut hanya dengan biaya 8 juta euro atau setara dengan Rp139 miliar.

Guendouzi sempat dipercaya mengisi pos utama lini tengah Arsenal. Namun, ia kemudian dipinjamkan ke klub Jerman, Hertha Berlin, untuk mendapatkan jam terbang.

Guendouzi kembali dipinjamkan ke Marseille pada musim panas 2021. Berhasil tampil impresif, ia akhirnya dipermanenkan Marseille pada musim panas ini.

5. Alexandre Lacazette

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Liga PrancisAlexandre Lacazette (skysports.com)

Setelah mengabdi cukup lama bersama Olympique Lyon, Alexandre Lacazette memutuskan untuk merantau ke Inggris dengan membela Arsenal. Sang pemain ditebus The Gunners dengan harga 59 juta euro atau setara dengan Rp921 miliar.

Lacazette berhasil menunjukkan performa apik kala berkostum Arsenal. Ia mampu mencetak 71 gol dan 36 assist dalam 206 pertandingan.

Kebersamannya bersama Arsenal akhirnya berakhir pada musim panas 2022. Ia memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, Lyon.

Meski telah kehilangan Alexandre Lacazette, Arsenal kini berhasil mencari pengganti yang sepadan. The Gunners baru saja mendatangkan Gabriel Jesus dari Manchester City. Patut dinantikan kiprah Jesus bersama Arsenal musim depan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsenal dari Klub Inggris Lain, Jesus Terbaru!

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya