5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier League

Termasuk bintang Brasil, Phillippe Coutinho

Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona kerap mendatangkan pemain dengan harga yang sangat mahal. Performa apik mereka bersama klub membuat klub berjuluk Blaugrana ini rela mengeluarkan dana besar untuk sang pemain. Meski demikian, tak semuanya berhasil tampil impresif kala berseragam Barcelona.

Salah satunya adalah Phillippe Coutinho. Pemain asal Brasil ini direkrut dengan harga mahal, tetapi kerap dipinjamkan ke klub lain. Bahkan, ia kini resmi dilepas ke klub English Premier League (EPL). Selain Coutinho, inilah lima pemain terakhir yang dilepas Barcelona ke kasta teratas Liga Inggris.

1. Andre Gomes

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueAndre Gomes (twitter.com/FCBarcelona)

Andre Gomes merupakan pemain berkebangsaan Portugal yang pernah membela Barcelona. Ia direkrut Blaugrana dari Valencia dengan biaya 41 juta euro atau setara dengan Rp643 miliar. Berposisi sebagai gelandang tengah, ia dinilai gagal tampil apik kala berseragam Barcelona.

Gomes hanya mampu mencatatkan 78 penampilan dengan mencetak 3 gol dan 4 assist. Alhasil, pada 2018, ia dipinjamkan ke klub Inggris, Everton. Pemain berusia 28 tahun ini akhirnya dipermanenkan Everton pada musim berikutnya.

2. Nelson Semedo

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueNelson Semedo (skysports.com)

Rekan senegara Andre Gomes, Nelson Semedo, mulai membela Barcelona pada 2017. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini direkrut Blaugrana dari klub Portugal, Benfica, dengan mahar 39 juta euro atau setara dengan Rp620 miliar.

Pemain berusia 28 tahun ini menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya (2017—2020). Semedo mampu mencatatkan 123 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 11 assist. Akhirnya, Semedo dilepas ke klub Inggris, Wolverhampton Wanderers. 

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Berseragam Barcelona dalam Sedekade Terakhir

3. Junior Firpo

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueJunior Firpo (teamtalk.com)

Junior Firpo baru bergabung dengan Barcelona pada 2019. Sang pemain diboyong dari klub Spanyol lainnya, Real Betis, dengan nilai 22 juta euro atau setara dengan Rp347 miliar. Ia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri.

Sayangnya, ia hanya menjadi bek pelapis dari Jordi Alba di posisi utama. Firpo bertahan selama 2 tahun dan mencatatkan 41 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 3 assist. Musim panas 2021 lalu, ia akhirnya dilepas ke klub Inggris, Leeds United.

4. Emerson Royal

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueEmerson Royal (planetfootball.com)

Emerson Royal merupakan pemain berkebangsaan Brasil yang pernah membela Barcelona. Pemain berposisi bek kanan ini didatangkan dari klub Brasil, Atletico Mineiro, pada musim dingin 2019. Namun, ia langsung dijual kembali ke Real Betis pada Februari 2019.

Musim panas 2021 lalu, ia direkrut kembali oleh Barcelona dengan biaya 15 juta euro atau setara dengan Rp243 miliar. Uniknya, pemain berusia 23 tahun ini dilepas ke Tottenham Hotspur pada Agustus 2021. Bersama Barcelona, ia hanya mampu mencatatkan tiga penampilan.

5. Philippe Coutinho

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeaguePhilippe Coutinho (skysports.com)

Terakhir, ada sosok Philipe Coutinho. Pemain asal Brasil ini didatangkan dengan harga yang mahal, yakni sekitar 150 juta euro atau Rp2,34 triliun. Didatangkan dengan harga yang mahal, pemain yang berposisi sebagai winger ini dinilai gagal tampil impresif bersama Barcelona.

Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munich pada 2019. Bersama Barcelona, ia mampu menorehkan 24 gol dan 13 assist dalam 105 pertandingan. Pada musim dingin  2022 lalu, Coutinho kembali dipinjamkan ke Aston Villa. Performa apiknya membuat ia resmi dipermanenkan The Villans pada musim panas 2022. 

Kehadiran Philippe Coutinho tentu akan memperkuat lini serang Aston Villa musim depan. Di bawah asuhan Steven Gerrard, mampukah Coutinho membawa perubahan bagi Aston Villa?

Baca Juga: 5 Winger Berbakat yang Bisa Jadi Incaran Tim Premier League

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya