5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di Arsenal

Kini dipakai wonderkid mereka, Martin Odeegard

Arsenal adalah salah satu klub top yang berkompetisi di kasta teratas Liga Inggris. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini memiliki prestasi yang cukup apik di liga. Pada 2021/2022, Arsenal berhasil menempati posisi kelima dengan perolehan 69 poin.

Skuad asuhan Mikel Arteta ini banyak mengandalkan pemain muda untuk memperkuat tim. Salah satu pemain muda yang tampil moncer musim ini adalah Martin Odeegard.

Bersama Arsenal, Odeegard memutuskan untuk memakai nomor punggung 8 musim ini. Termasuk Odeegard, ini lima pemain terakhir yang pakai nomor punggung 8 di Arsenal.

1. Samir Nasri

5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di ArsenalSamir Nasri (skysports.com)

Samir Nasri adalah pemain sepak bola asal Prancis yang pernah membela Arsenal pada 2008. Nasri langsung memakai nomor punggung 8 saat berseragam Arsenal. Ia membela The Gunners selama 3 musim lamanya (2008—2011).

Berposisi sebagai gelandang serang, Nasri sukses mencatatkan 126 penampilan dengan mencetak 27 gol dan 16 assist. Sayangnya, ia tak mampu meraih trofi selama kariernya membela Arsenal. Ia memutuskan untuk pindah ke Manchester City pada 2011 dan sukses meraih sejumlah titel bergengsi di sana.

2. Mikel Arteta

5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di ArsenalMikel Arteta (planetfootball.com)

Pelatih mereka saat ini, Mikel Arteta, merupakan mantan pemain Arsenal. Arteta telah membela Arsenal sejak 2011/2012. Ia diboyong dari klub Inggris lainnya, Everton. Bersama Arsenal, Arteta mampu menjadi andalan di lini tengah.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini mampu membukukan 16 gol dan 11 assist dalam 150 pertandingan bersama Arsenal. Ia sukses meraih sejumlah trofi bersama The Gunners. Arteta menghabiskan waktu selama 5 musim sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas Partey

3. Aaron Ramsey

5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di ArsenalAaron Ramsey (skysports.com)

Aaron Ramsey didatangkan Arsenal pada 2008/2009. Sang pemain diboyong dari Cardiff City. Pada awal kedatangannya, Ramsey kerap dipinjamkan ke klub lain terlebih dahulu. Ia mulai tampil konsisten bersama Arsenal pada 2011.

Selama berseragam Arsenal, Aaron Ramsey mampu membukukan 65 gol dan 65 assist dalam 371 penampilan. Ia turut membantu The Gunners dalam meraih sejumlah gelar bergengsi. Pada 2019, ia dilepas ke Serie A dan bergabung dengan Juventus.

4. Dani Ceballos

5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di ArsenalDani Ceballos (skysports.com)

Real Madrid sempat meminjamkan Dani Ceballos ke Arsenal pada 2019/2020. Ia dipinjamkan selama 2 musim lamanya. Ceballos langsung memakai nomor punggung 8 saat berseragam Arsenal. 

Pemain berusia 25 tahun ini mampu memainkan 77 penampilan dan mencetak 2 gol dan 5 assist di semua kompetisi bersama Arsenal. Performanya tidak membuat Arsenal tertarik membelinya sehingga dipulangkan ke Real Madrid pada musim panas 2021.

5. Martin Odegaard

5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di ArsenalMartin Odeegard (arsenal.com)

Martin Odegaard menjadi pemain teranyar yang memakai nomor punggung 8 di Arsenal. Awalnya, Odegaard merupakan pemain yang dipinjam dari Real Madrid pada musim dingin 2021. Tampil impresif bersama The Gunners, ia dipermanenkan pada bursa transfer musim panas lalu.

Sejauh ini, pemain berusia 23 tahun ini mampu menunjukkan performa yang apik di bawah asuhan Mikel Arteta. Ia mampu mencetak 7 gol dan 5 assist dalam 40 pertandingan di semua kompetisi pada 2021/2022 ini. Odegaard sendiri dikontrak hingga Juni 2025 mendatang.

Pada usianya yang masih terbilang muda, Martin Odegaard telah mampu menjadi andalan di lini tengah Arsenal musim ini. Mampukah ia meningkatkan kualitas permainannya dan membawa The Gunners meraih trofi?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 19 sebelum Mason Mount

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya