5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet dari Klub Liga Inggris

Blaugrana resmi datangkan Raphinha dari Leeds United

Di bawah asuhan Xavi Hernandez, Barcelona kini melakukan perombakan besar-besaran dalam skuad. Setelah berhasil mendatangkan Andreas Christensen dan Franck Kessie, klub berjuluk Blaugrana ini baru saja meresmikan gelandang anyar mereka.

Raphinha baru saja didatangkan dari klub Liga Inggris, Leeds United dengan biaya yang mahal. Dalam sejarahnya, Barcelona kerap mendatangkan pemain mahal yang berasal dari klub Liga Inggris. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Philippe Coutinho (Rp2,34 triliun)

5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet  dari Klub Liga InggrisPhilippe Coutinho (twitter.com/laliga)

Pada musim panas 2018, Barcelona melakukan transfer yang fantastis dalam sejarah mereka. Performa Philippe Coutinho bersama Liverpool lantas membuat Barcelona kepincut. Mereka rela mengeluarkan dana sebesar 156 juta euro atau Rp2,34 triliun untuk Coutinho.

Biaya transfer tersebut membuat winger asal Brasil ini menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan Blaugrana dari klub Liga Inggris. Namun, Coutinho tak berhasil menemukan sentuhan terbaiknya bersama Barcelona dan kini dilepas ke Aston Villa.

2. Luis Suarez (Rp1,42 triliun)

5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet  dari Klub Liga InggrisLuis Suarez (twitter.com/fcbarcelona)

Sebelum Coutinho, Barcelona sejatinya pernah merekrut pemain yang berasal dari Liverpool. Berhasil tampil tajam bersama The Reds membuat Luis Suarez ditebus Blaugrana dengan biaya 94 juta euro atau setara dengan Rp1,42 triliun pada musim panas 2014.

Bersama Barcelona, Suarez sukses tampil moncer di lini depan. Ia sukses membukukan 194 gol dan 113 assists dalam 281 penampilan serta sukses bergelimang trofi. Kebersamannya berakhir pada musim panas 2020 setelah ia pindah ke Atletico Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier League

3. Raphinha (Rp1,00 triliun)

5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet  dari Klub Liga InggrisRaphinha (twitter.com/fcbarcelona)

Setelah dikaitkan ke sejumlah klub besar Eropa, Raphinha akhirnya menjadi milih Barcelona. Pemain asal Brasil ini baru saja didatangkan Blaugrana pada musim panas 2022. Pria berusia 25 tahun ini ditebus dengan mahar 67 juta euro atau setara Rp1,00 triliun dari Leeds.

Berposisi sebagai winger, Raphinha memang diproyeksikan sebagai pengganti dari Philippe Coutinho yang dilepas ke Aston Villa. Saat bersama Leeds, ia mampu membukukan 17 gol dan 12 assists dalam 67 pertandingan. Raphinha dikontrak Barcelona hingga Juni 2027.

4. Ferran Torres (Rp955 miliar)

5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet  dari Klub Liga InggrisFerran Torres (twitter.com/fcbarcelona)

Ferran Torres sejatinya baru bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2022 lalu. Pemain asal Spanyol ini digaet Blaugrana dari klub Inggris lainnya, Manchester City dengan mahar 63 juta euro atau setara dengan Rp955 miliar. 

Pada musim lalu, Torres mampu mencatatkan 24 penampilan dengan mencetak 6 gol dan 6 assists. Mengingat ia masih berusia 22 tahun, Torres diharapkan mampu meningkatkan kualitas performanya untuk menghadapi musim depan bersama Barcelona.

5. Cesc Fabregas (Rp590 miliar)

5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet  dari Klub Liga InggrisCesc Fabregas (twitter.com/fcbarcelona)

Jauh sebelum nama-nama di atas, Cesc Fabregas sempat menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan Barcelona dari klub Liga Inggris. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini direkrut dari Arsenal dengan biaya 39 juta euro atau setara Rp590 miliar.

Fabregas menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya bersama Barcelona. Ia sukses menjadi andalan di lini tengah dan mampu mencatatkan 151 penampilan dengan mencetak 42 gol dan 50 assists. Pada musim 2014, Fabregas akhirnya dilepas ke Chelsea.

 

Setelah menuai hasil yang kurang memuaskan pada musim 2021/2022, tentu Barcelona akan menatap musim depan dengan serius. Akankah mereka mampu meraih trofi kembali pada musim depan?

Baca Juga: Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di Barcelona

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya