Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Inggris

Ada yang baru saja merapat ke Wolverhampton

Sporting Lisbon memang dikenal sebagai salah satu klub yang kerap menghasilkan talenta-talenta berbakat sepak bola. Bahkan, seorang Cristiano Ronaldo saja sempat menimba ilmu di klub asal Portugal ini. Hingga kini, mereka terus melahirkan pemain-pemain hebat yang bisa dijual mahal.

Ada sejumlah klub Inggris yang rela menggelontorkan dana besar untuk menebus pemain dari Sporting Lisbon. Setidaknya, ada lima pemain yang pernah dilepas dengan biaya mahal oleh Sporting Lisbon. Siapa sajakah mereka?

1. Adrien Silva (Rp356 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub InggrisAdrien Silva (premierleague.com)

Adrien Silva merupakan produk asli dari akademi Sporting Lisbon. Pemain berkebangsaan Portugal ini berhasil naik kasta ke tim senior pada musim 2008 lalu. Selama membela Sporting Lisbon, ia berhasil tampil apik dan menjadi andalan di dalam skuad.

Berposisi gelandang tengah, Silva sukses mencatatkan 239 penampilan dengan mencetak 39 gol dan 19 assist. Pada musim 2017, performa impresifnya berhasil membuat Leicester City menebusnya dengan biaya 23 juta euro atau setara dengan Rp356 miliar.

2. Luis Nani (Rp443 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub InggrisLuis Nani (twitter.com/manutd)

Memulai karier bersama tim muda Sporting Lisbon, Luis Nani akhirnya tampil promosi ke tim senior pada musim 2005. Tak butuh waktu lama, pemain yang berposisi winger ini sukses jadi andalan selama 2 musim lamanya.

Sang pemain akhirnya dibeli oleh Manchester United pada musim 2007 silam. Saat bersama Setan Merah, nama Nani kian mencuat dan sukses mempersembahkan sejumlah titel bergengsi. Ia mampu mencatatkan 230 penampilan dengan mencetak 41 gol dan 73 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyak

3. Islam Slimani (Rp538 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub InggrisIslam Slimani (twitter.com/premierleague)

Islam Slimani mulai bergabung dengan Sporting Lisbon pada musim 2013 silam. Pemain yang berposisi penyerang ini terus meningkatkan kualitas performanya bersama Sporting hingga menjadi andalan di lini depan.

Melihat performa apiknya, lantas membuat pemilik 88 caps bersama timnas Aljazair ditebus Leicester City dengan biaya mahal. Nilai transfernya mencapai sekitar 35 juta euro atau setara dengan Rp538 miliar.

4. Matheus Nunes (Rp782 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub InggrisMatheus Nunes (instagram.com/wolves)

Matheus Nunes merupakan pemain anyar yang baru dilepas Sporting Lisbon pada musim panas 2022. Pemain yang juga menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon ini dilepas ke klub Inggris, Wolverhampton dengan harga yang fantastis.

Pemain berpaspor Portugal ini dilepas dengan biaya 52 juta euro atau setara dengan Rp782 miliar. Nilai transfer tersebut membuat ia kini masuk jajaran pemain termahal yang dilepas ke klub Inggris oleh Sporting Lisbon. Ia kemudian menandatangani kontrak hingga 2027.

5. Bruno Fernandes (Rp1,09 triliun)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub InggrisBruno Fernandes (twitter.com/premierleague)

Bruno Fernandes masih memegang rekor penjualan termahal Sporting Lisbon ke klub Inggris hingga saat ini. Berkat performa impresifnya di lini tengah Sporting Lisbon, Bruno berhasil membuat Manchester United kepincut.

Pria berusia 27 tahun ini kemudian pindah ke Manchester United pada musim 2020 lalu. Sang pemain ditebus dengan biaya 72 juta euro atau setara dengan Rp1,09 triliun. Hingga kini, ia masih aktif berseragam Manchester United.

Melihat nama-nama di atas, Sporting Lisbon tentu layak dikatakan sebagai salah satu klub dengan akademi terbaik saat ini. Banyak pemain top yang lahir dari akademi klub berjuluk Sportinguistas ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet dari Klub Liga Inggris

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya