5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

Talenta Prancis yang mewarnai kasta tertinggi Liga Inggris

Prancis merupakan salah satu negara yang memiliki antusias yang tinggi di dunia sepak bola. Banyak sekali pemain top yang lahir dari negara pemenang Piala Dunia pada 2018 lalu. Beberapa dari mereka juga memilih untuk berpetualang di Liga Eropa lainnya.

Salah satunya adalah Premier League. Cukup banyak pemain berkebangsaan Prancis yang mencoba untuk berkiprah di kompetisi teratas asal Inggris ini. Pada musim 2022/2023, setidaknya ada lima pemain yang berkiprah di klub Premier League. Siapa saja mereka?

1. Raphael Varane

5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Raphael Varane (twitter.com/premierleague)

Setelah meraih prestasi cemerlang bersama Real Madrid, Raphael Varane memutuskan untuk mencoba peruntungan di Premier League sejak musim 2021/2022 lalu. Pemain yang berposisi bek tengah ini merapat ke Manchester United dengan biaya 46 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar.

Sejauh ini, pria berusia 29 tahun ini telah mampu mencatatkan 35 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. Raphael Varane masih memiliki kontrak berdurasi hingga Juni 2025 mendatang bersama Manchester United.

2. William Saliba

5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023William Saliba (instagram.com/w.saliba4)

William Saliba sejatinya memulai karier profesionalnya dengan bergabung akademi Saint-Etienne. Sang pemain mulai berkiprah di Premier League sejak musim 2019 lalu setelah ia ditebus oleh Arsenal dengan biaya 35 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar.

Mengingat usianya yang masih muda, Saliba masih harus dipinjamkan terlebih dahulu untuk mendapatkan jatah bermain yang banyak. Performanya mulai meningkat kala ia dipinjamkan ke Marseille pada musim lalu. Alhasil, ia menjadi andalan Arsenal pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Direkrut Manchester United

3. Anthony Martial

5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Anthony Martial (twitter.com/premierleague)

Menyandang sebagai pemain muda terbaik pada musim 2015, nama Anthony Martial kian mencuat kala ia bergabung dengan Manchester United. Pemain berposisi penyerang ini ditebus oleh Setan Merah dengan biaya 70 juta euro atau setara Rp1,04 triliun dari AS Monaco.

Pada awal kedatangannya, Martial sukses tampil impresif dan menjadi andalan di skuad Manchester United. Namun, performanya kian menurun hingga akhirnya ia sempat dipinjamkan ke Sevilla pada musim dingin 2022 lalu. Kini, ia telah kembali berseragam Setan Merah dan mencoba peruntungannya kembali bersaing di skuad Erik ten Hag.

4. Wesley Fofana

5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Wesley Fofana (instagram.com/lawestt_)

Sama seperti William Saliba, Wesley Fofana memulai karier sepak bolanya dengan bergabung akademi Saint-Etienne. Berhasil tampil apik, ia akhirnya pindah ke klub Inggris dengan membela Leicester City pada musim panas 2020.

Hanya butuh dua tahun untuk membuat Wesley Fofana menjadi incaran klub-klub besar Eropa lainnya. Pada musim panas ini, pemain berusia 21 tahun ini akhirnya ditebus oleh Chelsea dengan biaya fantastis, 94 juta euro atau setara Rp1,39 triliun.

5. Hugo Lloris

5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023Hugo Lloris (twitter.com/premierleague)

Terakhir, ada pemain penting timnas Prancis dalam menjuarai Piala Dunia 2018 lalu, Hugo Llrois. Pemain berposisi penjaga gawang ini telah berkiprah di Premier League sejak 2012 silam. Ia dibeli Spurs dari klub Prancis, Olympique Lyon dengan biaya 14 juta euro atau Rp219 miliar.

Pengabdiannya bersama Tottenham Hotspur masih berjalan hingga saat ini. Pemain berusia 35 tahun ini telah menorehkan 425 penampilan dengan meraih 145 clean sheets. Sayangnya, ia belum mampu mempersembahkan satu trofi untuk Spurs hingga saat ini.

 

Selain kelima nama di atas, ada N'Golo Kante yang masih bermain untuk Chelsea, meski ia mulai tergantikan di skuad Chelsea musim 2022/2023 ini. Tak bisa dimungkiri bahwa talenta pesepak bola asal Prancis tak pernah habis.

Berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia, mampukah timnas Prancis tetap mempertahankan status gelar juara pada pagelaran Piala Dunia 2022 nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspur

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya