5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris Lain

Sempat jadi andalan saat membela Chelsea

Chelsea memiliki sederet prestasi luar biasa di kancah domestik maupun Eropa. Tak heran jika pemain top mau berkiprah di klub berjuluk The Blues ini.

Selain berprestasi, Chelsea juga sering melakukan perombakan skuad. Banyak pemain yang datang dan pergi di sana. Bahkan, beberapa pilar Chelsea memilih untuk pindah secara gratis ke klub lain, khusunya ke klub Inggris lain.

Siapa saja pemain yang meninggalkan Chelsea secara gratis ke klub Inggris lain?

1. Joe Cole 

5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris LainJoe Cole (premierleague.com)

Joe Cole mulai membela Chelsea pada musim panas 2003. Pemain asal Inggris ini didatangkan dari West Ham United dengan biaya 10 juta euro atau Rp172 miliar.

Berposisi gelandang serang, Cole menghabiskan waktu selama 7 musim lamanya di Stamford Bridge. Ia mampu mencatatkan 281 pertandingan dengan mencetak 40 gol dan 43 assist. Pada 2010, ia pindah secara gratis ke Liverpool.

2. Samuel Eto'o

5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris LainSamuel Eto'o (twitter.com/premierleague)

Setelah menorehkan prestasi gemilang di berbagai klub top Eropa, Samuel Eto'o sempat mencoba English Premier League (EPL) dengan membela Chelsea. Ia bergabung pada musim panas 2013 secara gratis.

Kiprah Eto'o di Chelsea berlangsung semusim saja. Pemain asal Kamerun ini mencatatkan 35 pertandingan dengan mencetak 12 gol dan 7 assist. Pada musim panas 2014, ia dilepas secara gratis ke Everton.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Chelsea yang Membela Klub Benua Amerika pada 2022/2023

3. Gary Cahill

5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris LainGary Cahill (premierleague.com)

Chelsea mendatangkan Gary Cahill pada musim dingin 2012. Pemain berposisi bek tengah ini ditebus dengan biaya 8 juta euro atau Rp146 miliar. Cahill sukses tampil apik di barisan pertahanan The Blues.

Bek tengah asal Inggris ini mampu menorehkan 290 pertandingan dengan mencetak 25 gol dan 7 assist. Sederet prestasi pun mampu ia raih saat berseragam Chelsea. Namun, kiprahnya berakhir pada musim panas 2019. Ia bergabung ke Crystal Palace secara gratis.

4. Willian

5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris LainWillian (chelseafc.com)

Pada 2013, Wiliian didatangkan Chelsea dari klub Rusia, Anzhi, dengan biaya 37 juta euro atau Rp617 miliar. Pemain asal Brasil ini mampu menunjukkan performa apiknya selama berseragam Chelsea.

Willian mencatatkan 339 pertandingan dengan mencetak 63 gol dan 62 assist. Pada musim panas 2020, kiprah Willian di Chelsea berakhir. Ia bergabung dengan Arsenal dengan status bebas transfer.

5. John Terry

5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea secara Gratis ke Klub Inggris LainJohn Terry (premierleague.com)

John Terry merupakan pemain didikan akademi Chelsea. Ia promosi ke tim senior pada musim dingin 2000. Sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke Nottingham Forest, Terry mulai tampil reguler di Chelsea pada musim panas 2000.

Berposisi bek tengah, kiprah John Terry berjalan apik. Ia mampu jadi andalan di lini belakang The Blues. Terbukti, Terry sukses menorehkan 715 pertandingan dengan mencetak 67 gol dan 27 assist. Pada 2017, kiprahnya di Chelsea berakhir. Ia bergabung ke Aston Villa secara gratis.

Sederet pemain di atas sempat menorehkan performa apik saat berseragam Chelsea. Mereka kemudian tidak memperpanjang kontrak dan dilepas secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Chelsea ke Klub LaLiga, Termasuk Hazard

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya