5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan Wolfsburg

Ada dua nama yang bergabung dengan Manchester City

VfL Wolfsburg berkompetisi di kasta teratas Liga Jerman. Mereka sebenarnya bukanlah klub yang sering menorehkan prestasi apik di kancah domestik. Kendati demikian, Wolfsburg kerap memiliki pemain dengan catatan impresif.

Ada sejumlah pemain hebat yang kemudian memutuskan meninggalkan Wolfsburg. Mereka hijrah ke Liga Inggris.

Siapa saja mereka? Inilah pemain yang pindah ke Liga Inggris setelah tinggalkan Wolfsburg.

1. Kevin De Bruyne

5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan WolfsburgKevin De Bruyne (premierleague.com)

Usai tak mendapatkan menit bermain di Chelsea, Kevin De Bruyne pindah ke VfL Wolfsburg pada musim dingin 2014. Pemain asal Belgia itu justru menunjukkan performa apik di sana.

Berposisi gelandang serang, ia menorehkan 73 pertandingan dengan mencetak 20 gol dan 37 assist. Sang pemain akhirnya memilih kembali ke Liga Inggris setelah mendapat tawaran dari Manchester City. Ia ditebus dengan biaya 81 juta euro atau Rp1,32 triliun pada musim panas 2015.

2. Edin Dzeko 

5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan WolfsburgEdin Dzeko (premierleague.com)

VfL Wolfsburg menjadi klub yang mengembangkan bakat Edin Dzeko. Selama hampir 4 tahun, Dzeko menjadi mesin gol klub yang andal. Pemain asal Bosnia itu mencatatkan 142 pertandingan dengan mencetak 85 gol dan 35 assist.

Pada musim dingin 2011, Edin Dzeko diboyong Manchester City. Untuk mendapatkan sang pemain, The Cityzens harus membayar 39 juta euro atau Rp643 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 17 Manchester City sebelum Kevin de Bruyne 

3. Wout Weghorst

5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan WolfsburgWout Weghorst (burnleyfootballclub.com)

Pada musim panas 2018, VfL Wolfsburg membeli Wout Weghorst dari klub Belanda, AZ Alkmaar. Ia ditebus dengan biaya 11 juta euro atau Rp182 miliar.

Berposisi striker, Weghorst berhasil jadi andalan di lini depan. Ia membukukan 144 pertandingan dengan mencetak 70 gol dan 22 assist. Namun, pada musim dingin 2022, ia memutuskan untuk pindah ke Burnley.

4. Kevin Mbabu 

5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan WolfsburgKevin Mbabu (fulhamfc.com)

Kevin Mbabu bergabung dengan VfL Wolfsburg pada musim panas 2017. Ia didatangkan dengan biaya 9 juta euro atau Rp159 miliar.

Mbabu sendiri bertahan selama 2 musim lamanya di Wolfsburg. Dalam periode tersebut, ia mencatatkan 82 pertandingan dengan mencetak 3 gol dan 5 assist.

Pada musim panas 2022, ia meninggalkan Wolfsburg. Mbabu bergabung dengan klub yang baru promosi ke English Premier League (EPL), Fulham.

5. Tim Klose 

5 Pemain yang Pindah ke Liga Inggris setelah Tinggalkan WolfsburgTim Klose (canaries.co.uk)

Tim Klose bergabung dengan VfL Wolfsburg pada musim panas 2013. Pada musim tersebut, ia dibeli dari klub Jerman lainnya, FC Nuremberg dengan biaya 6 juta euro atau Rp104 miliar.

Sayangnya, kiprahnya di Wolfsburg tak berjalan apik. Ia hanya menorehkan 43 pertandingan dengan mencetak 5 gol. Pada musim dingin 2016, ia memilih hengkang ke Norwich City.

Kelima pemain di atas pernah membela VfL Wolfsburg. Beberapa di antaranya tampil impresif dan diboyong klub top Eropa.

Baca Juga: Wout Weghorst, Pekerja Keras Oranje di Lini Depan MU

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya