5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!

The Peacocks cukup aktif pada bursa transfer musim panas ini

Leeds United adalah salah satu klub papan atas yang kini berkompetisi di kasta teratas Liga Inggris. Klub berjuluk The Peacocks ini mulai promosi ke Premier League pada musim 2020/2021. Sayangnya, pada musim 2021/2022, Leeds hampir kembali terdegradasi dan hanya bertengger di posisi ke-17.

Hal tersebut lantas membuat mereka cukup aktif merekrut dalam bursa transfer pemain pada musim panas 2022. Bahkan, ada yang berhasil memecahkan rekor transfer klub. Berikut lima pembelian termahal Leeds United sepanjang masa.

1. Raphinha (Rp323 miliar)

5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!Raphinha (skysports.com)

Performa apiknya bersama Stade Rennes membuat pemain asal Brasil ini banyak diincar oleh sejumlah klub top Eropa. Alhasil, Raphinha memutuskan untuk berkiprah di Inggris dengan bergabung Leeds United.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini didatangkan The Peacocks pada musim 2020/2021. Biaya transfernya mencapai 20 juta euro atau setara dengan Rp323 miliar. Hingga kini, pemain berusia 25 tahun ini berhasil menjadi andalan Leeds di lini depan.

2. Diego Llorente (Rp347 miliar)

5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!Diego Llorente (skysports.com)

Diego Llorente merupakan pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Real Madrid. Sayangnya, pemain asal Spanyol ini tak mampu menembus skuad utama Real Madrid. Ia akhirnya kerap dipinjamkan ke klub lain oleh Los Blancos

Setelah Los Blancos melepasnya ke Real Sociedad, Llorente akhirnya diboyong Leeds United dengan biaya yang cukup mahal pada musim panas 2020. Sang pemain ditebus dengan harga 22 juta euro atau setara dengan Rp347 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status Pinjaman

3. Daniel James (Rp505 miliar)

5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!Daniel James (manchestereveningnews.co.uk)

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United musim panas lalu lantas membuat Daniel James menjadi korban. Pemain asal Wales ini memilih hengkang dari Manchester United dan bergabung dengan Leeds United.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini didatangkan Leeds United dengan harga 32 juta euro atau senilai Rp505 miliar. Pria berusia 24 tahun ini mampu tampil apik kala berseragam Leeds United musim ini. Ia telah mencetak 4 gol dan 5 assists dalam 34 laga.

4. Rodrigo Moreno (Rp521 miliar)

5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!Rodrigo (skysports.com)

Rekan senegara Diego Llorente, Rodrigo Moreno didatangkan pada musim yang sama, yakni musim 2020. Rodrigo diboyong dari klub Spanyol, Valencia dengan harga 33 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar. Ia dikontrak hingga 30 Juni 2024 mendatang.

Berposisi sebagai penyerang, pemain berusia 31 tahun ini telah membukukan 13 gol dan 3 assists dalam 61 pertandingan bersama Leeds United. Mengingat usianya yang kian menua, Rodrigo memang tak mendapatkan kesempatan bermain yang cukup banyak bersama Leeds.

5. Branden Aaronson (Rp570 miliar)

5 Pembelian Termahal Leeds United Sepanjang Masa, Ada Nama Baru!Branden Aaronson (leedsunited.com)

Terakhir, ada pemain anyar milik Leeds United, Branden Aaronson. Pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini baru saja didatangkan The Peacocks pada musim panas 2022.  Branden ditebus dengan harga 36 juta euro alias Rp570 miliar dari klub Austria, RB Salzburg.

Angka tersebut membuat pemain berusia yang berposisi gelandang serang ini menjadi pembelian termahal Leeds sepanjang sejarah. Kedatangan Branden diproyeksikan menjadi jangka panjang bagi Leeds. Ia dikontrak berdurasi hingga Juni 2025 mendatang.

 

Dengan biaya sebesar itu, Branden tentu akan dibebani harapan besar untuk Leeds United. Mampukah Branden langsung tampil apik dan menjadi andalan Leeds pada musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Bela Leeds United pada Musim 2021/2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya