Comscore Tracker

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!

Kebanyakan pemain muda berbakat

Ajax Amsterdam merupakan klub top yang berkompetisi di kasta teratas Liga Belanda. Klub berjuluk de Joden ini dikenal memiliki akademi yang selalu melahirkan talenta-talenta muda setiap tahunnya.

Ajax Amsterdam cukup pintar dalam melakukan transfer pemain. Mereka bisa membeli pemain dengan biaya yang relatif murah, lalu dijual dengan harga yang fantastis. Beberapa dari mereka dilepas ke klub Liga Inggris.

1. Davinson Sanchez (Rp730 miliar)

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!Davinson Sanchez (skysports.com)

Davinson Sanchez merupakan pemain berkebangsaan Kolombia yang kini berkiprah di Inggris dengan membela Tottenham Hotspur. Tampil impresif bersama Ajax, ia diboyong Spurs dengan biaya yang fantastis pada 2017. Nilai transfernya mencapai 47 juta euro atau setara dengan Rp730 miliar.

Saat itu, usia Davinson masih berusia 21 tahun. Bersama Ajax, ia mampu membukukan 7 gol dan 2 assist dalam 47 pertandingan di berbagai kompetisi. Kini, ia menjadi andalan Spurs di sektor pertahanan.

2. Hakim Ziyech (Rp695 miliar)

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!Hakim Ziyech (skysports.com)

Hakim Ziyech pernah berseragam Ajax Amsterdam pada 2016 lalu. Ia diboyong dari FC Twenty  dengan biaya 12 juta euro atau setara dengan Rp191 miliar. Berposisi sebagai gelandang serang, Ziyech tampil menjanjikan selama berkostum Ajax.

Tercatat, Ziyech mampu menorehkan 49 gol dan 81 assist dalam 165 pertandingan. Ia juga memenangi sejumlah trofi bersama Ajax. Pencapaian tersebut membuat Chelsea tak segan membawanya ke Stamford Bridge. Ia ditebus dengan harga 45 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam Sepanjang Masa, Jago Bisnis!

3. Donny van de Beek (Rp677 miliar)

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!Donny van de Beek (football365.com)

Donny van de Beek merupakan pemain yang sudah menimba ilmu di akademi Ajax sejak berusia 11 tahun. Pemain asal Belanda ini mulai naik kasta ke tim utama sejak 2016 lalu. Berposisi sebagai gelandang, Van de Beek tampil gemilang dengan mencatatkan 175 penampilan serta mencetak 41 gol dan 34 assist.

Performa apiknya membuat Manchester United rela mengeluarkan biaya mencapai 44 juta euro atau senilai dengan Rp677 miliar untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 25 tahun ini. Namun, kini ia dipinjamkan ke Everton dan akan kembali ke Manchester United pada musim panas mendatang.

4. Davy Klaassen (Rp469 miliar)

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!Davy Klaassen (skysports.com)

Sama seperti Van de Beek, Davy Klaassen merupakan pemain yang berasal dari akademi Ajax. Ia telah tampil di tim senior sejak 2012 silam. Berposisi sebagai gelandang serang, Klaassen tampil apik selama berseragam Ajax. Ia telah mencatatkan 82 gol dan 47 assist dalam 270 penampilan.

Pada 2017/2018, ia dilepas ke Everton dengan harga 30 juta euro atau senilai Rp469 miliar. Kiprahnya bersama Everton tak berjalan dengan baik hingga akhirnya dilepas ke Wender Bremen pada musim berikutnya. Klaassen telah kembali memperkuat Ajax Amsterdam sejak 2020 lalu.

5. Luis Suarez (Rp460 miliar)

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris, Jago Bisnis!Luis Suarez (skysports.com)

Terakhir, ada sosok Luis Suarez yang pernah berseragam Ajax Amsterdam. Pemain asal Uruguay ini didatangkan Ajax dari klub Belanda lainnya, Groningen, dengan biaya yang relatif murah, yaitu 8 juta euro atau seharga Rp130 miliar pada 2007 lalu.

Selama membela Ajax, pemain yang berposisi penyerang ini mampu mencetak 111 gol dan 68 assist dalam 159 pertandingan. Pada 2011, Liverpool membawa Suarez ke Anfield Stadium dengan biaya mencapai 29 juta euro atau senilai Rp460 miliar.

Produk Ajax memang memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali talenta-talenta muda milik Ajax yang dilirik oleh klub-klub top Eropa, termasuk klub Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax Amsterdam

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya