5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa 

Chiesa resmi dipermanenkan Juventus musim depan

ACF Fiorentina adalah salah satu klub top yang berkompetisi di kasta teratas Serie A. Klub yang memiliki julukan La Viola ini memiliki sederet prestasi yang apik di kompetisi Italia. Cukup banyak pemain bintang yang pernah memperkuat Fiorentina.

Fiorentina juga kerap menghasilkan talenta-talenta muda berbakat. Performa apik para pemain tersebut membuat mereka menjadi incaran klub-klub besar Eropa lainnya. Berikut lima penjualan termahal Fiorentina ke klub lain.

1. Stevan Jovetic (Rp 451 miliar)

5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa Stevan Jovetic (skysports.com)

Stevan Jovetic adalah striker berkebangsaan Montenegro. Ia bergabung dengan Fiorentina pada musim 2008. Sang pemain menghabiskan waktu selama 5 musim lamanya. Jovetic mampu tampil impresif bersama Fiorentina di lini depan.

Hal tersebut membuat Manchester City kepincut untuk merekrutnya. Pada 2013, The Cityzens berhasil mendapatkan jasa sang pemain. City harus mengeluarkan kocek sebesar 28 juta euro atau setara dengan Rp451 miliar.

2. Juan Cuadrado (Rp538 miliar)

5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa Juan Cuadrado (skysports.com)

Pada awalnya, Juan Cuadrado berstatus sebagai pemain pinjaman dari Udinese pada musim 2012. Ia baru dipermanenkan Fiorentina pada musim 2013. Performa Cuadrado kian berkembang bersama Fiorentina sehingga membuat Chelsea kepincut.

Pada musim dingin 2015, ia diboyong The Blues dengan harga 34 juta euro atau setara dengan Rp538 miliar. Bersama Chelsea, ia tak mampu bersaing mendapatkan tempat utama. Ia hanya mampu memainkan 15 penampilan.

Cuadrado dipinjamkan ke Juventus pada musim 2015/2016. Ia akhirnya dilepas secara permanen ke Si Nyonya Tua pada musim 2017 lalu.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan Vlahovic

3. Federico Bernardeschi (Rp695 miliar)

5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa Federico Bernardeschi (beinsports.com)

Federico Bernardeschi merupakan jebolan akademi Fiorentina. Ia berhasil naik kasta ke tim senior pada musim 2013. Ia sempat dipinjamkan ke Crotone untuk mendapatkan menit bermain yang banyak. Bernardeschi mulai tampil reguler bersama Fiorentina pada 2015.

Berposisi sebagai winger, Bernardeschi mampu tampil apik dengan membukukan 23 gol dan 12 assists bersama Fiorentina. Performa gemilangnya membuat ia dilirik oleh Juventus. Si Nyonya Tua berhasil mendapatkan sang pemain pada 2017. Ia ditebus dengan harga 44 juta euro atau Rp695 miliar.

4. Federico Chiesa (Rp695 miliar)

5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa Federico Chiesa (beinsports.com)

Rekan senegara Federico Bernardeschi, Federico Chiesa juga merupakan mantan pemain yang berasal dari akademi Fiorentina. Ia mulai tampil di tim senior pada musim 2016. Bersama La Viola, Chiesa sukses tampil ciamik dan membukukan 34 gol dan 25 assists dalam 153 laga.

Pada musim 2020, Chiesa dipinjam Juventus selama 2 musim. Performa Chiesa kian berkembang. Bahkan, ia sukses menjadi pemain andalan Juventus di lini depan. Sejauh ini, pemain berusia 24 tahun ini telah mencetak 18 gol dan 14 assists dalam 61 pertandingan.

Chiesa baru dipermanenkan Juventus pada musim panas mendatang. Nilai transfernya mencapai sekitar 44 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar.

5. Dusan Vlahovic (Rp1,21 triliun)

5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa Dusan Vlahovic (skysports.com)

Juventus kerap mendatangkan pemain dari Fiorentina. Dusan Vlahovic telah menjadi bagian skuad Fiorentina sejak musim 2018. Saat itu, ia baru berusia 18 tahun. Pemain asal Serbia ini sukses tampil gemilang bersama Fiorentina.

Berposisi sebagai striker, Vlahovic mampu menjadi mesin gol Fiorentina. Ia mampu mencetak 49 gol dan 8 assists dalam 108 pertandingan. Catatan impresif tersebut membuat Si Nyonya Tua membawa Vlahovic ke Turin pada musim dingin 2021 lalu. 

Vlahovic diboyong dengan harga yang fantastis. Nilai transfernya mencapi 78 juta euro atau setara dengan Rp1,21 triliun. Angka tersebut membuat ia menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh Fiorentina.

 

Saat ini, Vlahovic masih berusia 22 tahun. Kehadiran Vlahovic di Juventus diharapkan akan menjadi mesin gol untuk Juventus. Mampukah ia tampil konsisten dan mempersembahkan trofi untuk Juventus?

Baca Juga: 5 Pemain Top Fiorentina yang Pindah ke Juventus, Siapa Saja?

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya