5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada Firmino

Ada nama baru yang berhasil dijual mahal Hoffenheim

TSG Hoffenheim merupakan salah satu klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Jerman. Meski bisa dikatakan jarang meraih sebuah trofi, tetapi mereka kerap melahirkan bakat-bakat hebat pesepak bola.

Ada sejumlah mantan pemain Hoffenheim yang berhasil dijual mahal ke klub besar Eropa lainnya. Setidaknya, ada lima nama pemain Hoffenheim yang pernah dilepas dengan harga mahal. Siapa mereka?

1. Joelinton (Rp764 miliar)

5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada FirminoJoelinton (nufc.co.uk)

Joelinton sejatinya telah bergabung ke Hoffenheim sejak musim panas 2015. Namun, sejak musim 2016, ia sempat dipinjamkan ke klub Austria selama dua musim lamanya hingga musim panas 2018.

Setelah kembali dari masa peminjaman, ia baru tampil impresif kala berseragam Hoffenheim. Hal tersebut membuat Newcastle United rela menebusnya dengan biaya mahal. Sang pemain ditebus dengan mahar 46 juta euro atau setara Rp764 miliar pada musim 2019.

2. Roberto Firmino

5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada FirminoRoberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Sebelum meraih kesuksesan bersama Liverpool, TSG Hoffenheim merupakan klub pertama penyerang asal Brasil tersebut di kancah Eropa. Sang pemain mulai bergabung bersama Hoffenheim sejak musim dingin 2011 lalu.

Selama berseragam Hoffenheim, Firmino berhasil menorehkan 153 penampilan dengan mencetak 49 gol dan 36 assist. Ia baru pindah ke Liverpool pada musim panas 2015 setelah dibeli seharga 43 juta euro atau setara Rp712 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Hoffenheim yang Dibajak Klub Papan Atas Bundesliga

3. Kerem Demirbay

5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada FirminoKerem Demirbay (bayer04.de)

Pada musim panas 2016, Kerem Demirbay mulai menjadi bagian skuad Hoffenheim. Pemain asal Turki ini menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya berseragam Hoffenheim.

Dalam periode tersebut, pemain berposisi gelandang ini mampu mencatatkan 88 penampilan dengan mencetak 12 gol dan 27 assist. Pada musim 2019, ia melanjutkan kariernya bergabung Bayer Leverkusen dengan biaya 34 juta euro atau setara Rp556 miliar.

4. Georginio Rutter

5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada FirminoGeorginio Rutter (instagram.com/georginio.rutter)

Georginio Rutter bergabung ke TSG Hoffenheim sejak musim dingin 2021. Pemain berkebangsaan Prancis ini diboyong dari klub Prancis, Stade Rennais. Rutter mampu menorehkan 64 penampilan dengan mencetak 11 gol dan 8 assist bersama Hoffenheim.

Hanya bertahan 2 musim, Rutter dilirik oleh klub Premier League, Leeds United. Sang pemain akhirnya hijrah ke Leeds United setelah berhasil ditebus dengan biaya 29 juta euro atau setara Rp486 miliar.

5. David Raum

5 Penjualan Termahal TSG Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada FirminoDavid Raum (instagram.com/davic.raum)

TSG Hoffenheim berhasil mendapatkan David Raum secara gratis alias bebas transfer dari klub Jerman lainnya, Greuther Furth pada musim panas 2021. Sang pemain sejatinya hanya bertahan selama semusim lamanya bersama Hoffenheim.

Pemain berposisi bek kiri ini mampu menorehkan 35 penampilan dengan mencetak 3 gol dan 13 assist. Pada musim panas 2022 lalu, ia dilepas dengan harga 27 juta euro atau setara dengan Rp451 miliar ke RB Leipzig.

Meski bukan penantang serius dalam perburuan gelar juara Bundesliga, TSG Hoffenheim mampu melahirkan pesepak bola yang cukup menjanjikan. Terbaru, mampukah Georginio Rutter tampil apik bersama Leeds United di Premier League?

Baca Juga: 6 Mantan Pemain TSG Hoffenheim yang Berkarier di EPL 2022/2023

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya