5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!

Berhasil membuat klub lain berani bayar mahal

FC Porto adalah salah satu klub papan atas yang berkompetisi di kasta teratas Liga Portugal. Klub yang memiliki 2 gelar Champions League ini kerap menghasilkan talenta-talenta muda berbakat setiap tahunnya. Tak heran, jika Porto menjadi klub kedua dengan juara terbanyak Liga Portugal.

Porto juga kerap menjual talenta-talenta mudanya ke klub-klub besar Eropa lainnya. Setidaknya, ada lima pemain top yang pernah dijual dengan biaya transfer termahal. Berikut lima penjualan termahal Porto sepanjang sejarah.

1. Hulk

5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!Hulk (skysports.com)

Hulk adalah seorang pesepak bola asal Brasil yang pernah berseragam FC Porto. Pemain yang berposisi penyerang ini muali membela Porto sejak musim 2008 silam.

Hulk diboyong dari klub Jepang, Tokyo Verdy dengan harga 21 juta euro atau senilai dengan Rp330 miliar. Bersama Porto, Hulk sukses menjadi mesin gol di lini depan Porto.

Ia berhasil menorehkan 77 gol dan 63 assists dalam 169 pertandingan. Pada musim 2012, ia dilepas ke Zenit Saint Petersburg dengan biaya 44 juta euro atau Rp695 miliar  Momen terbaiknya bersama Porto ketika ia berhasil membantu Porto menjuarai Liga Europa musim 2010/2011.

2. James Rodriguez

5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!James Rodriguez (eurosport.fr)

FC Porto berhasil membawa talenta muda asal Kolombia dari klub Argentina, Banfield. James Rodriguez mulai membela Porto pada musim 2010. Berposisi sebagai gelandang serang, performa James kian berkembang hingga dilirik oleh klub-klub besar Eropa lainnya.

Kiprah James bersama Porto terbilang cukup mengesankan. Ia sukses mencatatkan 32 gol dan 42 assists dalam 125 pertandingan.

AS Monaco berhasil mendapatkan James dengan biaya 50 juta euro atau Rp782 miliar. Namun, puncak karier James ketika ia bergabung dengan Real Madrid dan sukses meraih sederet trofi.

Baca Juga: 5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klub

3. Eliaquim Mangala

5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!Eliaquim Mangala (skysports.com)

Eliaquim Mangala merupakan pemain berkebangsaan asal Prancis yang berposisi sebagai bek tengah. Ia menjadi bagian FC Porto sejak musim 2011 lalu. Mangala menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya (2011--2014) bersama Porto.

Selama berseragam Porto, Mangala sukses mencatatkan 95 pertandingan dengan mencetak 13 gol dan 3 assists. Pada musim 2014, Mangala dilepas ke klub kaya raya asal Inggris, Manchester City. Sang pemain ditebus dengan mahar 50 juta euro atau setara dengan Rp782 miliar.

4. Luis Diaz

5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!Luis Diaz (skysports.com)

Rekan senegara James Rodriguez, Luis Diaz juga pernah berkiprah di Portugal dengan membela FC Porto. Pemain berusia 25 tahun ini bergabung dengan Porto pada musim 2019 lalu. Ia diboyong dari klub Kolombia, Junior FC.

Luis Diaz kian mengalami peningkatan performa kala berseragam Porto. Ia sukses mencetak 41 gol dan 19 assists dalam 125 pertandingan.

Performa ciamiknya tersebut membuat Liverpool kepincut. The Reds akhirnya memboyongnya pada musim dingin 2022 lalu dengan biaya 52 juta euro atau Rp816 miliar.

5. Eder Militao

5 Penjualan Termahal FC Porto Sepanjang Sejarah, Ada Luis Diaz!Eder Militao (marca.com)

Terakhir, ada sosok pemain yang baru saja menjuarai Champions League bersama Real Madrid. Sebelum bergabung dengan Los Blancos, Eder Militao merupakan penggawa FC Porto. Ia telah membela Porto sejak 2018 lalu.

Eder sukses menunjukkan performa apik bersama Porto. Ia berhasil membukukan 5 gol dan 4 assists dalam 47 pertandingan. Catatan apik tersebut yang membuat Real Madrid memboyongnya pada 2019 lalu. Ia diboyong Los Blancos dengan biaya 56 juta euro atau setara dengan Rp869 miliar.

 

Sejauh ini, Eder Militao jadi penjualan termahal FC Porto sepanjang sejarah mereka. Eder sukses tampil impresif bersama Real Madrid. Dari daftar diatas, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier League

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya