5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!

Erling Haaland menjadi nama terbaru

Borussia Dortmund kerap dikenal merekrut pemain dengan harga murah lalu mereka jual kembali dengan harga yang lebih mahal. Klub berjuluk Die Borussen ini berhasil meraih keuntungan yang besar atas penjualan para pemainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dortmund sering melepas striker andalan mereka ke klub besar Eropa lainnya. Setidaknya, ada lima penyerang termahal yang dilepas oleh Borussia Dortmund. Siapa sajakah mereka?

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp1,10 triliun)

5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!Pierre-Emerick Aubameyang (skysports.com)

Pierre-Emerick Aubameyang layak disebut sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah membela Borussia Dortmund. Pemain asal Gabon ini mulai berseragam Die Borussen sejak musim 2013. Ia menghabiskan waktu selama 5 musim lamanya (2013--2018).

Aubameyang berhasil tampil moncer di lini depan Borussia Dortmund. Ia sukses membukukan 141 gol dan 36 assist dalam 212 penampilan. Performa apiknya membuat ia dilepas Die Borussen dengan harga mahal ke  Arsenal. Biayanya mencapai 70 juta euro alias Rp1,10 triliun.

2. Erling Haaland (Rp1,04 triliun)

5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!Erling Haaland (skysports.com)

Borussia Dortmund berhasil menggaet penyerang muda asal Norwegia pada musim 2020 dari RB Salzburg. Sang pemain ditebus dengan biaya 22 juta euro atau Rp347 miliar. Meski usianya masih muda, Haaland berhasil menjadi andalan mesin gol untuk Die Borussen.

Pemain berusia 21 tahun ini sukses membukukan 83 gol dan 19 assist dalam 87 pertandingan. Haaland hanya butuh 2 tahun untuk membuat ia dilirik oleh klub besar Eropa lainnya. Alhasil, Manchester City berhasil menebusnya seharga 66 juta euro alias Rp1,04 triliun musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Harga Pasar Termahal, Haaland Terbaru

3. Paco Alcacer (Rp399 miliar)

5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!Paco Alcacer (skysports.com)

Tak berhasil menembus skuad utama Barcelona, Paco Alcacer dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada musim 2018. Pemain asal Spanyol ini justru berhasil tampil impresif pada musim pertamanya membela Borussia Dortmund.

Paco Alcacer resmi dipermanenkan Die Borussen pada musim berikutnya. Sayangnya, performanya malah menurun ketika ia telah dipermanenkan. Pada musim 2020, Alcacer akhirnya dilepas kembali ke Spanyol. Ia ditebus Villarreal dengan harga 25 juta euro alias Rp399 miliar.

4. Maximilian Philipp (Rp347 miliar)

5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!Maximilian Philipp (eurosport.de)

Maximilian Philipp bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim 2017/2018. Pemain asal Jerman ini didatangkan Die Borussen dari klub Jerman lainnya, SC Freiburg. Sayangnya, Philipp hanya menjadi striker pelapis di skuad Borussia Dortmund.

Selama berkostum Dortmund, Philipp hanya mampu mencetak 11 gol dan 8 assist dalam 51 pertandingan. Pada musim 2019, Philipp akhirnya dilepas ke klub Rusia, Dynamo Moscow. Sang pemain ditebus dengan biaya 22 juta euro atau senilai Rp347 miliar.

5. Alexander Isak (Rp260 miliar)

5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!Alexander Isak (beinsports.com)

Selain Erling Haaland, Borussia Dortmund sempat diperkuat pemain muda berbakat asal Swedia sejak musim 2017. Isak diboyong dari klub Swedia, AIK Fotboll. Saat itu, Isak masih berusia 17 tahun. 

Namun, Alexander Isak jarang sekali dimainkan kala berseragam Borussia Dortmund. Bersama Dortmund, Isak hanya mampu mencatatkan 1 gol dan 1 assist dalam 13 laga. Isak dipinjamkan ke klub Belanda, Willem II untuk mendapatkan jam terbang. Ia akhirnya dilepas ke klub Spanyol, Real Sociedad, pada musim 2019/2020. Biaya transfernya mencapai sekitar 16 juta euro atau setara dengan Rp260 miliar.

 

Meski telah kehilangan Erling Haaland, Borussia Dortmund langsung tancap gas mencari penggantinya. Mereka telah berhasil merekrut pemain muda asal Jerman, Karim Adeyemi, pada musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Borussia Dortmund yang Tampil Mengecewakan

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya