5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia Dortmund

Ada pemain yang berasal dari Benua Asia 

Setelah menjadi pelatih FSV Mainz 05, Thomas Tuchel melanjutkan karier kepelatihannya ke Borussia Dortmund. Ia didatangkan pada musim panas 2015 oleh Die Borussen. Tuchel menangani Borussia Dortmund selama dua tahun lamanya.

Pada awal kepelatihannya, Tuchel mendatangkan sejumlah pemain untuk memperkuat tim. Setidaknya, ada lima pemain yang diboyong Thomas Tuchel pada musim panas 2015. Siapa sajakah mereka?

1. Gonzalo Castro 

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia DortmundGonzalo Castro (bundesliga.com)

Performa apik Gonzalo Castro bersama Bayer Leverkusen membuat Thomas Tuchel tertarik. Pemain berkebangsaan Jerman ini diboyong Borussia Dortmund dengan biaya 11 juta euro atau Rp191 miliar.

Berposisi gelandang tengah, Gonzalo sukses tampil impresif di Borussia Dortmund. Selama membela Die Borussen, ia mampu mencatatkan 111 pertandingan dengan mencetak 12 gol dan 22 assist.

2. Roman Burki 

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia DortmundRoman Burki (bundesliga.com)

Roman Burki didatangkan dari klub Jerman lainnya, SC Freiburg dengan biaya 3 juta euro atau Rp60 miliar. Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Roman Burki mampu tampil apik dan menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Penjaga gawang asal Swiss ini mengabdi di Borussia Dortmund hingga musim 2021/2022. Ia pindah secara gratis pada musim panas 2022 lantaran kontraknya telah berakhir. Ia mampu membukukan 233 pertandingan dengan meraih 83 clean sheet saat membela Borussia Dortmund.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!

3. Park Ju Ho

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia DortmundJu-ho Park (bvb.de)

Thomas Tuchel membawa mantan anak asuhanya saat melatih Borussia Dortmund. Ju-ho Park direkrut dari FSV Mainz 05 pada musim panas 2015. Sayangnya, pemain asa Korea Selatan ini tak mampu tampil apik di Borussia Dortmund.

Ju-ho Park hanya mampu mencatatkan 11 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist selama membela Borussia Dortmund. Pada Desember 2017, ia memilih hengkang dari Borussia Dortmund.

4. Julian Weigl 

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia DortmundJulian Weigl (bundesliga.com)

Pada musim panas 2015, Thomas Tuchel merekrut pemain muda Jerman dari klub 1860 Munich. Julian Weigl sukses berkembang di bawah asuhan Thomas Tuchel. Pemain berposisi gelandang bertahan ini jadi andalan di lini tengah.

Selama berseragam Borussia Dortmund, Weigl mampu membukukan 171 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 3 assist. Pemilik 6 caps bersama Timnas Jerman ini pindah ke Benfica pada musim dingin 2020.

5. Adnan Januzaj

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia DortmundAdnan Januzaj (bvb.de)

Adnan Januzaj merupakan pemain yang dididik di akademi Manchester United. Pada musim panas 2015, Borussia Dortmund meminjam pemain berkebangsaan Belgia ini selama setengah musim.

Pemain berposisi winger kanan ini kesulitan mendapatkan menit bermain di Borussia Dortmund. Tercatat, ia hanya mencatatkan 12 pertandingan dengan mencetak 2 assist.

 

Thomas Tuchel belum menangani klub lagi setelah kontraknya diputus oleh Chelsea. Klub apa yang akan dilatih oleh Thomas Tuchel selanjutnya?

Baca Juga: Mourinho atau Tuchel Pulang ke Chelsea Demi Gantikan Potter?

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya