5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus Terbaru

Gabriel Jesus jadi pemain baru Arsenal

Setelah hanya mampu menempati posisi keenam klasemen English Premier League (EPL) 2021/2022, Arsenal benar-benar berbenah untuk menjalani 2022/2023. Skuad asuhan Mikel Arteta ini cukup aktif dalam mendatangkan pemain pada bursa transfer musim panas 2022.

The Gunners meresmikan striker anyar mereka, Gabriel Jesus, di Emirates Stadium. Sang pemain ditebus dengan harga mahal dari Manchester City.

Arsenal memang kerap mendatangkan pemain dengan harga mahal dari klub Liga Inggris lain. Selain Jesus, siapa sajakah mereka?

1. Calum Chambers (Rp351 miliar)

5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus TerbaruCalum Chambers (instagram.com/calumchambers95)

Calum Chambers merupakan pemain berkebangsaan Inggris yang mulai membela Arsenal pada 2014. Pemain berposisi bek tengah ini ditebus The Gunners dari Southampton dengan biaya 22 juta euro atau setara dengan Rp351 miliar.

Sayangnya, kiprahnya bersama Arsenal tak berjalan begitu baik. Performa yang inkonsisten membuat ia kerap dipinjamkan ke klub lain.

Bersama Arsenal, ia hanya mampu mencatatkan 5 gol dan 10 assist dalam 122 laga. Ia akhirnya dilepas ke Aston Villa pada musim dingin 2022.

2. Aaron Ramsdale (Rp486 miliar)

5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus TerbaruAaron Ramsdale (instagram.com/aaronramsdale)

Aaron Ramsdale baru bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2021. Pemain berposisi kiper ini didatangkan dengan harga yang cukup mahal dari Sheffield United. Ia ditebus dengan biaya 31 juta euro atau setara dengan Rp486 miliar.

Meski datang dari klub yang terdegradasi, Ramsdale menunjukkan performa terbaiknya bersama Arsenal. Ia mampu menggeser Bernd Leno sebagai kiper utama Arsenal. Ramsdale mampu meraih 14 clean sheet dari 37 pertandingan pada 2021/2022 lalu.

Baca Juga: Gabriel Jesus Debut Bareng Arsenal, Langsung Moncer!

3. Henrikh Mkhitaryan (Rp590 miliar)

5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus TerbaruHenrikh Mkhitaryan (instagram.com/micki_taryan)

Pada musim dingin 2018, Henrikh Mkhitaryan memutuskan untuk melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Arsenal. Pemain asal Armenia ini diboyong ke Emirates Stadium dari Manchester United dengan biaya sekitar 37 juta euro atau setara dengan Rp590 miliar.

Mkhitaryan mampu mencatatkan 9 gol dan 13 assist dalam 59 pertandingan saat berkostum Arsenal. Namun, kiprahnya di sana terbilang singkat. Pada musim panas 2019, ia dipinjamkan ke AS Roma sebelum dipermanenkan pada musim berikutnya.

4. Gabriel Jesus (Rp907 miliar)

5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus TerbaruGabriel Jesus (instagram.com/arsenal)

Kedatangan Erling Haaland ke Manchester City membuat Gabriel Jesus merasa makin terpinggirkan. Apalagi The Cityzens juga sudah merekrut Julian Alvarez pada musim dingin lalu. 

Gabriel dilepas ke Arsenal pada musim panas 2022. Biaya transfernya sekitar 58 juta euro atau setara dengan Rp907 miliar.

Striker asal Brasil ini diproyeksikan menjadi mesin gol baru The Gunners. Kebetulan Arsenal baru melepas Alexandre Lacazette secara gratis ke Olympique Lyon.

5. Ben White (Rp1,01 triliun)

5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus TerbaruBen White (twitter.com/ben6white)

Ben White masih menjadi pemegang rekor pembelian termahal Arsenal dari klub Liga Inggris sejauh ini. Pemain asal Inggris ini didatangkan pada musim yang sama dengan Aaron Ramsdale, yakni musim panas 2021 lalu.

Ben White ditebus Arsenal dengan biaya 64 juta euro atau setara dengan Rp1,01 triliun dari Brighton. Pemain berposisi bek tengah ini mampu tampil kokoh di sektor pertahanan The Gunners dengan mencatatkan 37 penampilan pada 2021/2022.

Dengan skuad seperti saat ini, Arsenal tentu menjadi pesaing kuat meraih gelar juara Premier League 2022/2023. Patut dinantikan kiprah skuad asuhan Mikel Arteta ini pada musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Gol saat Debut Bersama Arsenal, Langsung Nyetel

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya