Comscore Tracker

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggih

Ada stadion yang menggunakan teknologi surya, lho!

Kemajuan teknologi di dunia membuat membuat segalanya menjadi lebih mudah. Di berbagai belahan dunia banyak yang menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam berbagai jenis kegiatan. Kemajuan teknologi ini juga berdampak pada dunia olahraga.

Saat ini, banyak stadion yang menggunakan teknologi super canggih untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Berikut adalah 5 stadion di dunia yang mempunyai teknologi super canggih, simak yuk! 

1. Levi's Stadium, San Fransisco

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggihninersnation.com

Levi's stadium merupakan stadion yang berada di San Fransisco. Stadion ini juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan di bidang teknologi kelas dunia seperti Yahoo!, Sony, hingga Intel. Stadion ini dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang canggih seperti WiFi gratis dengan kecepatan tinggi. Tak hanya itu, stadion ini juga mempunyai aplikasi seluler yang bisa menunjukkan lokasi untuk parkir. Di stadion ini juga terdapat layar besar yang memungkinkan para penonton menyaksikan tayangan ulang dan tayangan langsung dari suatu pertandingan. 

2. Vodafone Arena, Turki

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggihbesiktas-international.com

Vodafone arena merupakan stadion yang ramah lingkungan, menggunakan sinar matahari untuk menjadi sumber listrik dan juga mempunyai fasilitas untuk menyimpan air hujan yang akan digunakan untuk menyirami rumput di stadion. Vodafone arena ini memiliki kapasitas 43000 penonton. Sound system dari stadion ini juga menggunakan teknologi canggih, bekerja sama dengan perusahaan teknologi dunia Lotus Technologies, stadion ini menyediakan 30 pengeras suara Mugello KH5 dan 12 Mugello KS5. 

3. Wembley Stadium, Inggris

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggihwembleystadium.com

Salah satu stadion paling populer di dunia, stadion ini juga merupakan stadion terbesar di Inggirs. Wembley termasuk salah satu stadion di dunia yang punya teknologi super canggih. Stadion Wembley memberikan fasilitas WiFi yang terpasang di berbagai sudut stadion. Tak perlu takut kepanasan atau kehujanan, atap dari stadion ini bisa dibuka dan ditutup secara otomatis, ketika di tribun pun juga tidak akan bingung mencari tempat duduk, karena sudah terdapat aplikasi yang akan membantumu. Stadion ini juga di lengkapi teknologi AR. 

Baca Juga: 6 Stadion Indonesia Ini Resmi Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

4. National Stadium, Taiwan

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggiheng.ceci.com.tw

Berlokasi di Kaohsiung, Taiwan, stadion ini mempunyai teknologi yang tak banyak stadion didunia menggunakannya. Yaitu teknologi surya, sekitar 80% energi listrik yang digunakan bersumber dari sinar matahari. Terdapat 8844 panel surya yang terdapat pada atap stadion dengan luas mencapai 14155 meter persegi, panel surya tersebut akan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang cukup besar, yaitu 1,14 gigawatt setiap tahun nya. 

5. Allianz Arena, Jerman

5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggihbundesliga.com

Stadion pertama yang mempunyai eksterior yang bisa berubah warna di dunia. Di bagian luar dari Allianz arena ini terdapat 1056 panel dengan bentuk belah ketupat, ini juga merupakan ciri khas dari kandang FC Bayern Munich tersebut. Disetiap warna panel yang menyala memiliki arti tersendiri. Ketika FC Bayern Munich melakoni laga kandang, panel tersebut akan menyala berwarna merah, nyala warna biru jika  TSV 1860 Munich yang berlaga kandang. 

Nah, itulah lima stadion yang mempunyai teknologi canggih yang membuat para pengunjung betah untuk berada didalam stadion. Setelah membaca ulasan tersebut, kamu tertarik untuk mengunjungi stadion yang mana?

Baca Juga: 10 Tim Liga 1 2020 dengan Market Value Tertinggi, Ada Tim Favoritmu?

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

aisyakusumawati21@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya