10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!

Debutan Timnas Inggris mendominasi daftar ini!

Tidak hanya disorot saat debut di klub, para bakat hebat biasanya dipanggil dan debut di tim nasional. Tahun ini banyak pemain muda yang menjalani penampilan pertama mereka di kancah internasional.

Ada empat pemain yang sedang moncer dari Inggris, tiga pemain dari Prancis, sisanya dari Spanyol dan Italia. Siapa saja mereka? Langsung saja, cek sepuluh daftar debutan internasional termahal 2020 di bawah ini.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona Paling Berharga Saat Ini, Ada Ansu Fati! 

1. Ansu Fati - Spanyol (80 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!goal.com

Ansu Fati menjalani debut di tim utama Barcelona pada tanggal 25 Agustus 2019. Selama menjalani musim pertamanya, ia tampil cukup mengesankan di tengah kekacauan yang sedang dialami El Barca.

Oleh karena penampilan mengesankannya itu, pemain kelahiran Guinea-Bissau tersebut dipanggil oleh Luis Enrique untuk tampil membela Timnas Spanyol. Ia pun menjalani debut internasional saat menghadapiTimnas Jerman di UEFA Nations League pada 3 September lalu.

Ansu Fati langsung memecahkan rekor. Ia menjadi debutan termuda kedua setelah Angel Zubieta sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Saat itu usianya masih 17 tahun 308 hari. Nah, untuk nilai pasarnya sendiri, kini ia dibanderol 80 juta euro.

2. Phil Foden - Inggris (60 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!manchestereveningnews.co.uk

Setelah melihat pontesi bagus Phil Foden di Manchester City, Gareth Southgate pun memanggilnya untuk tampil di ajang internasional. Ia melakukan debut pada tanggal 5 September lalu untuk Timnas Inggris. Saat itu, Foden tampil sangat memukau hingga mendapat pujian dari sang pelatih.

Sayangnya, ia malah tersangkut kasus dengan melanggar protokol kesehatan COVID-19 setelah membawa beberapa gadis ke kamar hotelnya. Akhirnya, Timnas Inggris dengan terpaksa harus memulangkannya beberapa hari setelah debut. Namun, sampai saat ini Foden masih berharga 60 juta euro di bursa transfer.

3. Dayot Upamecano - Prancis (60 Juta Euro)

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!bundesliga.com

Dayot Upamecano juga menjalani pertandingan pertamanya di tim nasional pada 5 September lalu. Ia debut di bawah asuhan Didier Deschamps untuk Timnas Prancis. Kala itu usianya baru menginjak angka 21 tahun, 10 bulan, dan 9 hari.

Pemain yang kini memperkuat lini belakang RB Leipzig tersebut memang tampil bagus di klub. Ia telah tampil dalam 132 pertandingan sejak bergabung pada 2017. Jadi, tidak heran saat ini sang bek ber-market value 60 juta euro.

4. Eduardo Camavinga - Prancis (50 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!goal.com

Eduardo Camavinga juga memecahkan rekor saat melakukan debut internasionalnya pada 8 September lalu. Ia menjadi debutan termuda dalam sejarah Timnas Prnacis sejak 1914. Saat itu usianya masih 17 tahun, 9 bulan, dan 29 hari. Kini, nilai pasarnya sudah mencapai 50 juta euro.

Ada cerita menarik di balik debut gelandang muda Stade Rennais ini. Prancis punya banyak pemain berbakat, jadi kehadiran Camavinga sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun, saat Paul Pogba dan Tanguy Ndombele positif COVID-19, akhirnya ia yang diandalkan. Meski demikian, dirinya tampil sangat memuaskan.

5. Mason Greenwood - Inggris (50 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!skysports.com

Mason Greenwood merupakan wonderkid lulusan akademi Manchester United. Ia menjadi striker termoncer di tim junior dan meneruskannya di tim utama dengan mencetak 20 gol dalam 68 penampilan sejauh ini. 50 juta euro pun menjadi nilai pasar yang pantas untuknya.

Timnas Inggris pun tertarik untuk memanggilnya. Greenwood menjalani debut internasional pada 5 September lalu saat Inggris melawan Irlandia. Namun, ia juga melakukan kasus yang sama dengan Phil Foden hingga akhirnya turut dicoret dari tim.

Baca Juga: Mason Greenwood, Si Bocah Rekor!

6. Ferran Torres - Spanyol (50 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!talksport.com

Pemain anyar Manchester City, Ferran Torres, juga masuk dalam daftar ini. Torres baru melakoni debut internasional pada 3 September lalu untuk Timnas Spanyol. Nilai pasar sang penyerang kini berada di angka 50 juta euro.

Untuk mencetak gol pertama di ajang internasional, Torres hanya butuh dua laga saja sejak debut. Ia mencetak gol perdana saat Timnas Spanyol berhasil menaklukan Timnas Ukraina di UEFA Nations League dengan skor 4-0.

7. Houssem Aouar - Prancis (50 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!independent.co.uk

Timnas Prancis berniat memanggil Houssem Aouar untuk debut pada bulan Agustus. Malangnya, impian itu harus gagal lantaran sang pemain malah dinyatakan positif COVID-19. Debut baru terwujud pada tanggal 7 Oktober lalu.

Gelandang Olympique Lyon ini pun tak menyia-nyiakan kesempatan emas. Ia membuktikan bahwa dirinya pantas. Dalam laga debut menghadapi Timnas Ukraina itu, Aouar sukses menyumbang 2 assist untuk Les Bleus.

8. Jack Grealish - Inggris (50 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!twitter.com/goal

Gelandang milik Aston Villa, Jack Grealish, sukses bersinar di usia 23 tahun. Sejauh ini ia telah mencetak 31 gol dan membuat 38 assist dalam 199 penampilan. Catatan apik tersebut dihitung sejak Grealish debut di tim utama Villa pada 2013.

Hal itu menjadi alasan Gareth Southgate untuk memanggilnya ke Timnas Inggris. Pada 8 September tahun ini, Grealish melakukan debut di usia 24 tahun, 11 bulan, dan 29 hari. Market value-nya sekarang sudah mencapai 50 juta euro. Manchester City dilaporkan tengah mengincarnya.

9. Alessandro Bastoni - Italia (45 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!twitter.com/EURO2020

Alessandro Bastoni menjadi satu-satunya pemain Italia dalam daftar ini dan menjadi yang teranyar. Bek kunci Inter Milan tersebut dipercaya melakukan debut pada 11 November lalu. Nilai pasarnya kini sebesar 45 juta euro.

Roberto Mancini memberikan kepercayaan pada Bastoni saat Timnas Italia nelawan Estonia dalam laga uji coba. Kala itu Azzurri sukses melumat tim lawan dengan skor 4 gol tanpa balas.

10. Dominic Calvert-Lewin - Inggris (45 Juta Euro) 

10 Debutan Internasional Termahal 2020, Wonderkid Barcelona Teratas!skysports.com

Di awal musim ini, Dominic Calvert-Lewin sempat menjadi raja di puncak top skor Liga Inggris. Meskipun sudah dikejar oleh pemain lain, ia masih sejajar dan terus bersaing dengan para bintang seperti Son Heung-Min. Sejauh ini Dom telah mengumpulkan 11 gol dari 14 pertandingan yang dilakoninya bersama Everton.

Tampil mengesankan di klub membuat Gareth Southgate tertarik mengajaknya ke ajang internasional dan hasilnya sangat memukau. Dominic menjalani debut pada 8 Oktober dan langsung mencetak gol perdana untuk Timnas Inggris. Jadi, wajar jika ia sekarang dibanderol 45 juta euro di pasar transfer.

 

Debut internasional menjadi kebanggaan tersendiri, karena itu artinya bakat mereka diakui. Setuju?

Baca Juga: 10 Potret Dominic Calvert-Lewin, Top Skor Premier League Musim Ini

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya