5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!

Sejak muda sudah mampu bersaing di kancah Eropa!

Tidak hanya para pemain, kiprah para pelatih juga patut diapresiasi. Mereka mengemban tugas paling berat di tim. Jika berhasil memenangkan laga, biasanya dipuji, namun jika kalah, langsung banjir kritik pedas.

Sejarah mencatat para pelatih muda yang berani bersaing di kancah Eropa. Mereka berhasil mencapai semifinal Liga Champions di usia yang masih terbilang muda. Siapa saja? Simak lima daftarnya berikut ini.

Baca Juga: 10 Potret Keren Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda di Bundesliga

1. Julian Nagelsmann (33 Tahun, dan 26 Hari)

5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!goal.com

Julian Nagelsmann ditunjuk untuk melatih RB Leipzig sejak bulan Juli 2019. Hasilnya, ia langsung mampu membawa klub tersebut mencapai semifinal Liga Champions musim 2019/2020. Hebatnya, saat itu usia Nagelsmann masih 33 tahun 26 hari!

Usia tersebut tergolong masih sangat muda untuk seorang pelatih yang mampu bersaing di kompetisi Eropa. Musim ini klub Jerman tersebut jadi sorotan karena mereka sukses menendang Manchester United dari kompetisi tersebut dan maju ke babak 16 besar.

2. Luis Fernandez (35 Tahun, 6 Bulan, dan 3 Hari)

5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!marca.com

Sekitar 25 tahun silam, Paris Saint-Germain mampu maju ke semifinal Liga Champions musim 1994/1995. Kala itu Les Parishes berada di bawah arahan Luis Fernandez yang masih berusia 35 tahun, 6 bulan, 3 hari.

Setelah lama meninggalkan PSG, pelatih berkebangsaan Prancis ini sempat kembali menangani PSG pada 2017 lalu. Namun, hanya semusim sebelum ia dipecat setahun setelahnya.

3. Didier Deschamps (35 Tahun, 6 Bulan, dan 5 Hari)

5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!bleacherreport.com

Didier Deschamps memulai karier manajernya pada bulan Juli 2001. Ia ditunjuk untuk mengemban tugas kepelatihan di AS Monaco. Tiga tahun setelahnya ia langsung memecahkan rekor.

Di usia 35 tahun, 6 bulan, dan 5 hari atau tepatnya pada musim 2004/2005, pelatih asal Prancis ini berhasil membawa klub dengan julukan Les Monegasques tersebut ke semifinal Liga Champions. Capaian sensasional bagi pelatih asal Prancis.

4. Pep Guardiola (38 Tahun, 3 Bulan, dan 10 Hari)

5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!skysports.com

Pep Guardiola juga masuk dalam daftar ini. Itu ketika dirinya baru memulai karier kepelatihannya dengan menangani Barcelona. Catatan apik dimulainya pada musim 2008/2009.

Pelatih asal Spanyol ini mampu mencapai semifinal Liga Champions di usia 38 tahun, 3 bulan, dan 10 hari. Bahkan, capaiannya sampai menjuarai kompetisi tersebut di musim itu. Jadi, ia memecahkan dua rekor sekaligus, sebagai pelatih termuda yang mencapai semifinal dan pelatih termuda yang menjuarai Liga Champions. Hebat!

5. Jose Mourinho (41 Tahun, 2 Bulan, dan 26 Hari)

5 Pelatih Termuda yang Mencapai Semifinal Liga Champions, Hebat!worldsoccertalk.com

Sejak muda Jose Mourinho sudah punya banyak catatan bagus. Salah satunya menjadi pelatih termuda yang mampu membawa timnya ke semifinal Liga Champions.

Pada musim yang sama dengan Deschamps (2004/2005), Mourinho sukses membawa FC Porto ke semifinal, bahkan mencapai final untuk menghadapi AS Monaco. Habtnya lagi, Mourinho membawa Porto menjuarai Liga Champions saat itu. Kala itu usia sang pelatih dengan julukan The Special One tersebut masih berusia 41 tahun, 2 bulan, dan 26 hari.

Semua pelatih dalam daftar ini ternyata sudah mulai sukses sejak masih muda. Gak heran kalau sekarang mereka dinilai sebagai para pelatih berpengalaman. Setuju?

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Jose Mourinho, Kunci Juara!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya