Comscore Tracker

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!

Haaland sendiri tahun ini meraih penghargaan Golden Boy!

Borussia Dortmund menjadi rival kuat Bayern Munchen di kompetisi teratas Jerman yang biasa disebut dengan Budesliga. Jika Munchen punya sederet pemain matang yang memukau, Dortmund justru memiliki banyak pemain muda potensial.

Dengan bakat-bakat muda yang mengisi skuat, musim ini semangat Die Borussen makin membara untuk merebut gelar Budesliga yang sebelumnya diraih oleh Die Roten. Berikut ulasan lengkap lima pemain muda Dortmund yang paling moncer saat ini.

Baca Juga: 8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!

1. Youssoufa Moukoko (16 Tahun)  

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!twitter.com/swearimnotpaul

Youssoufa Moukoko menjadi pusat perhatian usai tampil dalam pertandingan Hertha Berlin vs Borussia Dortmund di Olimpiade Stadium, Berlin, pada 21 November lalu. Ini merupakan debut awal Moukoko di tim senior Die Borussen. Pemain asli Jerman tersbut langsung memecahkan rekor sebagai debutan termuda di Bundesliga tepat pada usia 16 tahun dan 1 hari.

Moukoko punya bakat yang luar biasa. Sebelum debut bersama tim senior, ia menorehkan catatan apik dengan mencetak 128 gol dalam 84 pertandingan yang sukses dicetaknya untuk tim U-17 dan U-19. Yang paling memukau adalah torehan 13 gol untuk tim U-19 yang dicetaknya hanya dalam empat pertandingan saja. Bayangkan betapa moncernya wonderkid Dortmund ini!

2. Jude Bellingham (17 Tahun)  

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!skysports.com

Inggris menjadi salah satu tempat lahirnya para pemain berbakat, termasuk Jude Bellingham yang saat ini berseragam Borussia Dortmund. Pemain yang baru berusia 17 tahun ini merupakan bakat potensial yang dinilai bisa jadi aset yang bagus untuk masa depan klub.

Bellingham datang dari Birmingham City pada bulan Juli lalu. Ia mengikuti langkah Jadon Sancho sebagai pemain Inggris yang berkarier di Dortmund. Dalam debutnya saat melawan Gladbach, Bellingham langsung memecahkan rekor menjadi pemberi assist termuda di Bundesliga yang dihitung sejak 2004. Musim ini sendiri ia baru mencetak satu gol dalam 12 pertandingan.

3. Giovanni Reyna (18 Tahun)  

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!en.as.com

Giovanni Reyna merupakan anak muda dari Amerika Serikat yang mengawali karier sepak bolanya di New York City (2015--2019). Pada 18 Januari lalu ia menjalani debutnya bersama tim senior Die Borussen dalam kemenangan 5-3 atas Augsburg.

Gelandang berusia 18 tahun ini juga punya rekor apik dengan menjadi pemain Bundesliga termuda dalam sejarah yang mampu menyumbang hat-trick assist saat Dortmund menaklukan Freiburg 4-0. Karena skill menjanjikannya itulah pihak klub memperpanjang kontraknya hingga 2025 mendatang.

Tidak heran karena Giovanni Reyna memang memiliki darah sepak bola dari kedua orangtuanya, yakni Claudio Reyna dan Danielle Egan yang merupakan mantan pemain internasional Amerika Serikat.

4. Erling Haaland (20 Tahun) 

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!manchestereveningnews.co.uk

Di usianya yang baru menginjak angka 20 tahun, Erling Haaland sudah banyak memecahkan rekor hebat sejak bergabung dengan Dortmund pada bulan Januari lalu. Rekor awalnya ialah saat ia menjadi pencetak gol debut di tiga kompetisi sekaligus, yakni di Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Bukti lain betapa mengagumkannya bakat Haaland ialah ketika ia memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak (12 gol) dalam 10 pertandingan pertamanya di Liga Champions. Karena itulah dia pun dipilih menjadi pemenang Golden Boy 2020. Tak hanya itu, pada tanggal 21 November lalu Haaland mencuri perhatian dengan mencetak empat gol saat Dortmund menghadapi Hertha Berlin.

5. Jadon Sancho (20 Tahun) 

5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!manchestereveningnews.co.uk

Dari empat pemain di atas, Jadon Sancho lebih dulu datang ke Borussia Dortmund saat usianya baru 17 tahun. Ia pun menjadi salah satu pemain muda paling moncer di Bundesliga dengan banyak rekor dicapainya.

Sancho adalah pencetak gol Inggris termuda di Bundesliga, pencetak gol asal Inggris termuda di Liga Champions, pemain Dortmund termuda yang mendapatkan brace di Bundesliga, serta pemain termuda yang mencapai 10 gol, 15 gol, dan 20 gol di Bundesliga.

Sejauh ini, Jadon Sancho sudah mencetak 36 gol di lebih dari 100 penampilan. Karena alasan itulah mengapa dirinya sempat jadi incaran utama Manchester United, tetapi gagal didatangkan karena harganya yang dianggap terlalu mahal.

Mereka memang aset luar biasa yang membuat Dortmund makin percaya diri mendapat hasil yang baik di Bundesliga. Dari lima pemain muda di atas, siapa yang kamu jagokan?

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Bundesliga, Ada Rekor Baru!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya