5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!

Kai Havertz memecahkan tiga rekor transfer sekaligus!

Setiap jendela transfer dibuka, klub-klub kaya di Liga Inggris rela menggelontorkan dana besar. Itu hanya demi mendapatkan pemain anyar untuk memperkuat tim. Chelsea menjadi klub dengan rekrutan anyar terbanyak musim panas kemarin.

Salah satu yang paling disorot media ialah perekrutan Kai Havertz. Ia langsung memecahkan rekor sebagai rekrutan termahal Liga Inggris di bursa transfer musim panas 2020/2021.

Lalu siapa saja yang pernah menjadi rekrutan termahal dalam sejarah kompetisi ini? Langsung saja deh, berikut lima rekrutan Premier League termahal dalam sejarah.

Baca Juga: Debut Kai Havertz di Liga Inggris, Masih Gugup?

1. Kai Havertz (80 Juta Euro)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!instagram.com/chelseafc

Selain memecahkan rekor sebagai rekrutan termahal musim panas 2020/2021, Kai Havertz juga menjadi yang termahal ke-5 dalam sejarah Liga Inggris. Bahkan, ia pun menjadi rekrutan termahal yang pernah dilakukan oleh Chelsea.

Pemain berusia 21 tahun ini datang dari klub Jerman, Bayern Leverkusen. Ia dibeli oleh Chelsea dengan kesepakatan mencapai 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

2. Virgil van Dijk (84,65 Juta Euro)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!Twitter.com/premierleague

Pada bulan Januari 2018, Liverpool secara resmi mendatangkan Virgil van Dijk ke Anfield Stadium. Southampton melepasnya dengan nilai transfer sebesar 84,65 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Pemain asal Belanda ini cukup bersinar bersama The Reds. Van Dijk telah dikenal sebagai salah satu bek terbaik di Premier League. Sayangnya, saat ini ia tengah menjalani pemulihan panjang akibat cedera yang dideritanya.

3. Romelu Lukaku (84,7 Juta Euro)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!Goal.com

Romelu Lukaku pernah berkarier di empat klub Liga Inggris, yakni Chelsea, West Bromwich Albion, Everton, dan Manchester United. Ia menjadi rekrutan termahal saat pindah ke Manchester United dari Everton dengan nilai 84,7 juta euro.

Pada musim panas 2019, pemain asal Belgia tersebut resmi hengkang ke Inter Milan. Meski sempat terpuruk di Old Trafford, Lukaku kembali bersinar di Serie A dengan berada dalam jajaran top scorer. 

4. Harry Maguire (87 Juta Euro)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!goal.com

Bek termahal yang pernah direkrut klub Liga Inggris jatuh pada Harry Maguire. Meskipun ia datang dari klub di kompetisi yang sama, yakni Leicester City, ia tetap memecahkan rekor transfer saat bergabung dengan Manchester United.

Maguire diboyong senilai 87 juta euro ke Old Trafford pada bulan musim panas 2019. Harga itu menjadikannya sebagai bek termahal di Premier League. Namun, sang pemain belum tampil memuaskan. Bahkan ban kaptennya dicopot dan diberikan kepada Bruno Fernandes.

5. Paul Pogba (105 Juta Euro)

5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Havertz Masuk Rekor!bleacherreport.com

Manchester United memboyong kembali Paul Pogba ke Old Trafford dari Juventus pada musim panas 2016. Kala itu kedua klub sepakat dengan nilai transfer mencapai 105 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun. Fantastis, bukan?

Meskipun menyandang status sebagai rekrutan termahal di Liga Inggris dan berlabel juara Piala Dunia 2018, penampilan Pogba sering dikritik. Bintang asal Prancis ini dinilai kurang konsisten. Bahkan, ia kerap kali dirumorkan angkat kaki dari Old Trafford.

Demi memperkuat tim, klub rela mengeluarkan uang besar. Namun, kadang tidak sesuai harapan. Menurutmu siapa yang terbaik dari rekrutan termahal di atas?

Baca Juga: Pengakuan Dosa Paul Pogba Usai Melakukan Kesalahan Bodoh

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya