5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

Lewandowski terus membayang-bayangi Ronaldo

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa telah rampung. Sepuluh juara dari masing-masing grup sudah memegang tiket menuju putaran final. Sebagian lainnya, 10 runner-up dan 2 pemenang grup terbaik di UEFA Nations League, harus kembali bertempur pada babak playoff. Mereka akan memperebutkan tiga tiket tersisa.

Piala Dunia hanya digelar sekali dalam empat tahun. Maka dari itu, babak kualifikasi ini sangat penting. Setiap pemain bersama tim nasional punya kesempatan besar untuk ikut berpartisipasi. Dari catatan statistik, berikut ulasan lengkap lima top scorer dalam sejarah Kualifikasi Piala Dunia.

1. Cristiano Ronaldo (32 Gol)

5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona EropaCristiano Ronaldo (skysports.com)

Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol terunggul di hampir semua kompetisi. Tidak terkecuali di ajang internasional bersama timnas Portugal. CR7 masih memegang rekor gol internasional terbanyak dalam sejarah. Ia telah mencetak 115 gol dari 184 penampilan.

Selain itu, 32 gol dari 43 penampilan di antaranya dicetak di Kualifikasi Piala Dunia. Hal itu membuat Ronaldo jadi top scorer dalam sejarah babak kualifikasi ajang tersebut. Portugal sendiri saat ini masuk ke babak playoff. Sebab, Ronaldo dan kawan-kawan finis di posisi dua klasemen Grup A.

2. Robert Lewandowski (29 Gol)

5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona EropaRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Timnas Polandia telah berjuang keras untuk berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, mereka masih harus menjalani babak playoff. Sama dengan Portugal, Polandia juga jadi runner-up grup di klasemen babak kualifikasi. Mereka kalah oleh Inggris yang enam poin lebih unggul.

Sementara itu, ada nama Robert Lewandowski, sang mesin gol yang sedang naik daun. Ia terus membayang-bayangi rekor milik Ronaldo. Striker berusia 33 tahun tersebut jadi top scorer kedua dalam sejarah Kualifikasi Piala Dunia dengan 29 gol dalam 36 penampilan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bikin Pengeluaran Gaji MU Naik Drastis

3. Edin Dzeko (25 Gol)

5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona EropaEdin Dzeko (instagram.com/edindzeko)

Inter Milan resmi memboyong Edin Dzeko secara bebas transfer dari AS Roma pada transfer musim panas 2021. Ia benar-benar memenuhi harapan Nerazzurri dengan 8 gol dan 2 assist dari 16 penampilan di Serie A dan Liga Champions.

Sayangnya, Dzeko gagal membantu timnas Bosnia & Herzegovina di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Mereka sudah dipastikan tersingkir usai takluk 0-2 oleh Ukraina pada laga terakhir pada 17 November lalu. Meski demikian, pemain berusia 35 tahun ini punya catatan apik pada babak Kualifikasi Piala Dunia. Ia berhasil mengoleksi 25 gol dalam 35 penampilan sepanjang kariernya.

4. Andriy Shevchenko (24 Gol)

5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona EropaAndriy Shevchenko (instagram.com/andriyshevchenko)

Saat masih bermain di lapangan hijau, Andriy Shevchenko sukses mengumpulkan 24 gol dalam 35 penampilan untuk timnas Ukraina di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Dahulu, ia merupakan bomber terkuat Ukraina dengan keseluruhan 48 gol dalam 111 penampilan di semua ajang internasional.

Andriy Shevchenko dikenal sebagai salah satu legenda AC Milan, yang mencetak 175 gol dalam 322 penampilan. Ia mengabdi kepada Rossoneri pada 1999—2006. Kemudian, dirinya pindah ke Chelsea (2006—2009). Barulah pada 2012, Shevchenko memutuskan pensiun setelah mengabdi selama tiga tahun untuk Dynamo Kyiv.

5. Pauleta (19 Gol)

5 Top Scorer dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona EropaPauleta (skysports.com)

Pedro Miguel Carreiro Resendes, yang lebih akrab disapa Pauleta, juga masuk dalam daftar ini. Legenda Portugal tersebut mencetak 19 gol dalam 25 penampilan sepanjang kariernya di Kualifikasi Piala Dunia.

Pauleta pertama kali gantung sepatu pada 2008. Dua tahun kemudian, ia memutuskan kembali ke lapangan dengan membela Sao Roque. Pada 2012, ia benar-benar pensiun dari sepak bola. Pria yang sekarang sudah berusia 48 tahun tersebut terkenal saat berseragam Paris Saint-Germain (2003—2008).

Ajang kualifikasi Piala Dunia sangat penting bagi setiap pemain. Jika berhasil lolos, mereka bisa ikut berpartisipasi di kompetisi antardunia yang hanya digelar empat tahun sekali. Hal tersebut bisa mengharumkan nama bangsa masing-masing.

Baca Juga: 10 Fakta Andriy Shevchenko, Pelatih Baru Genoa

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya