Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kini

Membawa sederet prestasi untuk tim Setan Merah

Manchester United sedang berjuang mati-matian untuk mengembalikan kejayaan mereka. Direkrutnya Ralf Rangnick sebagai pelatih interim diharapkan bisa lebih baik.

Raksasa Premier League tersebut dulunya merupakan klub paling di takuti di Eropa. Deretan pemain bintang mengisi skuad besutan Sir Alex Ferguson. Berikut tujuh legenda The Red Devils paling tenar hingga kini.

1. David Beckham

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret David Beckham (twitter.com/ManUtd)

Nama David Beckham masyhur di kalangan penggemar Setan Merah. Pada tahun 1990-an, pemain yang bermain di posisi gelandang ini sukses bersinar di Manchester United. Ia ikut andil dalam memenangkan 6 gelar Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, dan 7 piala domestik lainnya.

Beckham menyumbang 85 gol dan 104 assist sebelum memutuskan pindah ke Real Madrid pada 2003 silam. Ia juga tercatat telah tampil dalam 388 pertandingan di semua kompetisi. David Beckham gantung sepatu pada 2013 usai menjalani setengah musim bersama Paris Saint-Germain.

2. Wayne Rooney

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Wayne Rooney (twitter.com/ManUtd)

Wayne Rooney merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Manchester United. Ia total telah menorehkan 253 gol dan 146 assist dalam 559 penampilan di semua kompetisi. Selain jadi striker yang tajam, dia dikenal memiliki sifat yang tempramental. 

Untuk keseluruhan karier selama lebih dari 19 tahun, pemain asli berdarah Inggris ini telah tampil dalam 887 pertandingan. Mencetak 366 gol dan 205 assist, serta meraih 17 gelar.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Rio Ferdinand

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Rio Ferdinand (twitter.com/ManUtd)

Selain penyerang dan gelandang, Manchester United juga punya seorang bek yang legendaris. Dia dalah Rio Ferdinand. Hingga kini Ferdinand dianggap sebagai salah satu bek terbaik di Liga Inggris sepanjang sejarah.

Rio Ferdinand menjadi tembok terkuat di Old Trafford sampai 12 tahun lamanya. Tampil dalam 455 pertandingan, serta meraih 16 trofi. Total keseluruhan, sebanyak 768 laga telah dilakoninya di semua kompetisi bersama 5 klub, termasuk juga di ajang internasional bersama timnas Inggris.

4. Ryan Giggs

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Ryan Giggs (twitter.com/ManUtd)

Ryan Giggs menghabiskan karier sepak bola profesionalnya hanya untuk Manchester United. la memang lulusan akademi klub pada kisaran 1990-an. Gelandang legendaris satu ini punya catatan statistik yang luar biasa.

Giggs dipercaya tampil dalam 941 laga dengan torehan 164 gol dan 251 assist oleh Setan Merah. la mencapai 1009 pertandingan jika dihitung dengan penampilannya bersama tim nasional Wales. Giggs tetap dikenang sebagai legenda MU usai pensiun pada 2014.

5. Paul Scholes

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Paul Scholes (twitter.com/ManUtd)

Sepanjang karier sepak bolanya, Paul Scholes juga hanya bermain untuk Manchester United saja. Mulai meniti karier profesional pada tahun 1994, gelandang legendaris satu ini pernah break selama setengah musim pada Juli 2011. Januari 2012, Scholes kembali ke Old Trafford. Kemudian, akhirnya ia pensiun pada Juli 2013.

Rata-rata pemain berdarah Inggris memiliki bakat yang istimewa. Tidak terkecuali dengan Scholes. Ia mampu menorehkan 152 gol dan 74 assist dari 711 penampilan di semua kompetisi untuk Setan Merah. Serta ada 27 trofi yang ia persembahan untuk klub.

6. Roy Keane

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Roy Keane (manutd.com)

Dulu skuad Manchester United isinya para pemain garang. Salah satunya Roy Keane, yang dikenal sebagai tukang tekel di lapangan. Ia preman Old Trafford pada masanya. Membela klub selama 13 tahun dari 1993 sampai dengan 2006, Keane sukses raih 17 trofi bersama Setan Merah.

Roy Keane total telah tampil dalam 635 pertandingan, di mana 471 di antaranya bersama Manchester United. Pada tahun 1997, pemain asal Irlandia tersebut pernah didapuk sebagai kapten menggantikan Eric Cantona.

https://www.transfermarkt.com/roy-keane/leistungsdatenverein/spieler/3396

7. Edwin van der Sar

Ada Rooney dan Beckham, 7 Legenda MU yang Paling Tenar hingga Kinipotret Edwin van der Sar (twitter.com/vdsar1970)

Terakhir ada Edwin van der Sar. Kiper legendaris asal Belanda dengan 440 clean sheet sepanjang kariernya di lapangan hijau. Sebelum berlabuh ke Manchester United pada 2005 silam, van der Sar pernah berseragam Noordwijk, Ajax, Juventus, dan Fulham.

Edwin van der Sar jadi salah satu dari sekian banyak kiper legendaris terbaik di Eropa. Meninggalkan kenangan manis dengan 12 trofi untuk Setan Merah, dan 14 trofi untuk Ajax.

Tidak hanya berlabel bintang pada masa lampau, sejatinya mereka dikenang karena kontruksi terhadap klub cukup besar. Siapa legenda Manchester United favorit kamu?

Baca Juga: 5 Pelatih Top Jerman Ini Berkarier di Liga Inggris Sebelum Rangnick

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya