6 Aksi Erling Haaland Cetak Gol Debut di Sejumlah Kompetisi, Gokil!

Haaland suguhkan brace pada laga debutnya di Premier League

Eling Haaland membuat kesan pertama yang menjanjikan untuk Manchester City. Penampilannya cukup gemilang baik di pramusim maupun di laga pembuka Premier League 2022/2023.

Pada laga debutnya di kompetisi utama Liga Inggris itu, Erling Haaland memberi suguhan dua gol sekaligus. Namanya pun makin mentereng sebagai bintang baru di sepak bola Inggris.

Menilik ke belakang, Haaland juga kerap pecah telur saat melakoni laga debut di berbagai kompetisi. Lalu, bagaimana aksi gol-gol debut Erling Haaland di sejumlah kompetisi tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Momen gol debut Haaland di Liga Utama Norwegia dan NM-Cup

6 Aksi Erling Haaland Cetak Gol Debut di Sejumlah Kompetisi, Gokil!Erling Haaland saat membela Molde FK. (instagram.com/erling.haaland)

Tumbuh di Norwegia, Erling Haaland sejak kecil masuk tim junior Bryne FK dan melakoni debut profesional pada 2015. Sayangnya, ia hanya tampil 16 kali dan tidak pernah mencetak satu gol pun selama 2 tahun di klub tersebut.

Molde FK jadi klub kedua yang menaungi Haaland di Norwegia. Bersama Modle gol-golnya mulai tercipta. Gol pertama Haaland dicetak di kompetisi domestik, NM-Cup, pada 26 April 2017.

Tiga bulan berselang, tepatnya pada 6 Agustus 2017, Erling Haaland pecah telur di Liga Utama Norwegia. Gol yang dicetak Haaland pada menit ke-77 jadi kunci kemenangan Molde atas Tromso IL dengan skor 1-2.

2. Gol debut Haaland di Bundesliga Austria untuk RB Salzburg

6 Aksi Erling Haaland Cetak Gol Debut di Sejumlah Kompetisi, Gokil!Erling Haaland saat masih berseragam RB Salzburg. (instagram.com/erling.haaland)

Perjalanan Erling Haaland berlanjut ke Austria saat RB Salzburg merekrutnya pada Januari 2019. Meskipun hanya satu tahun, sang striker berhasil tampil mentereng. Hal itu pula yang menjadi titik mula kariernya yang gemilang.

Erling Haaland mencetak gol debut di Bundesliga Austria dalam penampilan keduanya pada 12 Mei 2019. RB Salzburg saat itu menaklukkan Linzer Athletik-Sport-Klub dengan skor 2-1.

Pada tiga belas menit pertama, Haaland langsung mencetak gol pembuka. Mantan rekan setimnya, Fredrik Gulbrandsen, menyusul pada menit ke-37. Sementara itu, tim lawan hanya mampu mengejar satu gol sampai laga berakhir.

3. Haaland cetak hattrick pada laga debut di Champions League. Istimewa!

Saat pertama kali mentas di Champions League Eropa (UCL), Erling Haaland langsung unjuk gigi. Ia melakukan debut untuk RB Salzburg di kompetisi kasta tertinggi Eropa tersebut pada 17 September 2019.

Kala itu, RB Salzburg harus menghadapi KRC Genk pada leg pertama babak fase grup. Haaland menyumbang hattrick pada babak awal sekaligus jadi kunci kemenangan klub. Hasil akhir membuat Salzburg pesta gol sampai skor 6-2 di Red Bull Arena.

Baca Juga: Pep Guardiola Sebut Erling Haaland Mirip Lionel Messi

4. Haaland juga langsung suguhan hattrick pada laga pertamanya di Bundesliga Jerman

https://www.youtube.com/embed/rx3V4vcgOsA

Erling Haaland mencetak total 29 gol hanya dalam 27 penampilan selama semusim berseragam RB Salzburg. Aksi gokil Haaland tersebut akhirnya mengundang perhatian klub-klub elite, termasuk Borussia Dortmund.

The Black Yellow berhasil membawa sang pemain ke Jerman pada Januari 2020. Haaland sejak awal telah menunjukkan kesan luar biasa. Dirinya mampu mencetak hattrick pada laga debut. 

Kala itu, tepatnya pada 18 Januari 2020, Erling Haaland turun ke lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-56. Ia jadi pahlawan kemenangan Dortmund di markas FC Augsburg kala tim tamu berhasil unggul 3-5.

5. Meski berakhir kalah, Haaland juga pecah telur pada laga debutnya di Piala DFB

6 Aksi Erling Haaland Cetak Gol Debut di Sejumlah Kompetisi, Gokil!potret Erling Haaland (twitter.com/ChampionsLeague)

Ketika melakukan debut di kompetisi domestik Jerman, DFB-Pokal alias Piala DFB, Erling Haaland sumbang satu gol untuk Borussia Dortmund. Kala itu, Borussia Dortmund harus berhadapan dengan Werder Bremen, 4 Februari 2020.

Werder Bremen mengungguli Dortmund dengan 2 gol pada babak pertama. Haaland yang baru turun pada awal babak kedua pun balas dendam. Ia menghajar lawan dengan gol yang tercipta dari kaki kiri pada menit ke-67. 

Sayang sekali, Milot Rashica segera menyusul yang membuat tim lawan unggul 3 gol. Delapan menit kemudian, Giovanni Reyna ikut mencetak gol, tetapi Dortmund tak terselamatkan dari kekalahan dengan skor akhir 3-2.

Seiring waktu, bakat Erling Haaland terasah dengan baik bersama Borussia Dortmund. Ia jadi pendatang baru paling menonjol sepanjang tahun tersebut. Piala Golden Boy pun turut diraihnya pada bulan November 2020.

6. Haaland berikan brace kepada Manchester City pada laga debutnya di Premier League

https://www.youtube.com/embed/omteyqu8Bwo

West Ham United menjamu Manchester City di Stadion Olimpiade London pada pertandingan pembuka Premier League musim 2022/2023, Minggu (7/8/2022). Tuan rumah dipaksa takluk dengan skor akhir 0-2. 

Erling Haaland yang baru menginjakkan kaki di Inggris sukses jadi sorotan utama. Striker anyar Manchester City ini berhasil mencetak brace alias 2 gol dalam satu pertandingan.

Gol pertama dicetak dari titik putih atau penalti pada menit ke-36. Sementara itu, Haaland mendapat bantuan assist dari Kevin De Bruyne untuk memuluskan gol keduanya pada menit ke-65.

Tampilkan performa debut yang memukau, Erling Haaland sudah pasti akan menjadi mesin gol utama Manchester City. Siapa yang sudah gak sabar menantikan parade gol berikutnya dari Erling Haaland pada musim kompetisi 2022/2023 ini? 

Baca Juga: Momen Memalukan Haaland Gagal Cetak Gol di Depan Gawang Kosong

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya