Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard Pique

Gerard Pique banyak berkontribusi untuk Barcelona

Gerard Pique merupakan salah satu bek tengah terbaik di Eropa. Ia telah menjalani karier profesional selama 18 tahun di lapangan hijau. Sang pemain masih aktif merumput bersama Barcelona.

Gerard Pique bahkan baru saja mencapai rekor penampilan bersama Blaugrana. Begini perjalanan kariernya di dunia sepak bola.

1. Gerard Pique bergabung dengan tim junior Barcelona sejak kecil

Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard PiqueGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Gerard Pique merupakan pemain berdarah Spanyol yang lahir pada 2 Februari 1987. Kini usianya sudah menginjak 35 tahun. Karena lahir di Barcelona, Piquesejak kecil belajar sepak bola di La Masia, pusat akademi Barcelona. Ia masuk ke tim U-16 pada 1999 setelah usianya menginjak 12 tahun.

Secara bertahap, setiap tahun, Pique diangkat ke tim Barcelona yang lebih tinggi. Ia bermain di tim U-18 pada 2000, bermain di tim U-19 pada 2001, bermain di tim Barcelona C pada 2002, dan kemudian diangkat ke Barcelona B pada 2003 ketika usianya memasuki 16 tahun.

2. Sebelum mengabdi kepada tim utama Barcelona, Pique dikirim ke Premier League

Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard PiqueGerard Pique (twitter.com/goal)

Meskipun memulai karier bersama Barcelona, Gerard Pique justru melakoni debut profesionalnya bersama Manchester United. Ketika memasuki usia 17 tahun pada musim panas 2004, sang pemain diboyong Sir Alex Ferguson ke English Premier League (EPL).

Sejak tampil untuk pertama kalinya pada 26 Oktober 2004, Pique tercatat mengabdi selama 4 tahun (2004—2008) kepada Manchester United. Namun, saat itu, ia belum mencicipi karier emasnya. Pique hanya tampil 23 kali untuk Setan Merah dan sempat dipinjamkan kepada Real Zaragoza (2006—2007).

Baca Juga: 5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di Barcelona

3. Gerard Pique mencapai rekor penampilan anyar bersama Barcelona

Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard PiqueGerard Pique (instagram.com/shakira)

Perjalanan Gerard Pique bersama Barcelona dimulai pada 2008 ketika klub membawanya pulang ke Spanyol. Kala itu sang pemain tampil untuk pertama kalinya bersama tim utama Barcelona pada 13 Agustus 2008 di Kualifikasi Liga Champions. Sebulan kemudian, pada 13 September 2008, ia resmi melakoni laga debut di LaLiga. 

Sejak saat itu, nama Pique mulai dikenal di Eropa. Ia berkembang cukup pesat. Pada 2008/2009, musim pertamanya bersama Blaugrana, sang pemain langsung jadi bek andalan dengan tampil dalam 43 pertandingan yang rata-rata sering dimainkan hingga 90 menit.

Tak terasa, kini Gerard Pique sudah mencapai penampilan ke-600 setelah membela Barcelona menghadapi CA Osasuna di LaLiga pada Minggu (13/3/2022). Bek tengah tersebut bermain sampai menit ke-62 karena digantikan Clement Lenglet.

4. Berapa torehan gol dan assist Gerard Pique untuk Barcelona?

Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard PiqueGerard Pique (twitter.com/3gerardpique)

Kontribusi Gerard Pique untuk Barcelona sudah tidak diragukan lagi. Dalam banyak kesempatan, ia sangat piawai dalam menjaga tembok pertahanan tim. Namun, Pique juga punya catatan gol yang cukup bagus di papan statistik miliknya.

Meskipun berposisi sebagai seorang bek, Pique tercatat telah mencetak 53 gol dan 13 assist selama 13,5 tahun mengabdi kepada Barcelona. Ia merupakan bek dengan gol terbanyak kedua dalam sejarah klub setelah Ronald Koeman. 

5. Pique juga ikut andil dalam meraih berbagai trofi untuk Blaugrana

Capai Rekor Anyar Bersama Barca, Begini Perjalanan Karier Gerard PiqueGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Salah satu hal yang paling terkenal dari Gerard Pique ialah gelar Piala Dunia yang sukses diraihnya bersama tim nasional Spanyol pada 2010 di Afrika Selatan. Lalu, gelar apa saja yang diraihnya bersama Barcelona?

Pique ikut andil besar dalam perjalanan Barcelona meraih 32 trofi. Di antaranya 8 trofi Liga Spanyol, 7 trofi Copa del Rey, 6 trofi Piala Super Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 4 trofi UEFA Supercup, dan 3 trofi FIFA Club World Cup. 

Gerard Pique sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bek terbaik di Eropa. Bahkan, sampai sekarang ia masih bugar dan aktif pada usianya yang sudah 35 tahun.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio Ramos

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya