Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtiti

Samuel Umtiti bertahan sampai 2026

Barcelona membuat pengumuman mengejutkan. Pihak klub mengatakan telah memperpanjang kontrak Samuel Umtiti. Drama di baliknya menarik perhatian publik.

Umtiti sebelumnya sudah masuk opsi penjualan Barcelona. Mereka hendak mengirim sang pemain ke klub lain. Namun, durasi kontraknya kini malah ditambah.

Kesepakatan baru pun dibuat. Seperti apa kontraknya? Lalu, apa hubungannya dengan Ferran Torres?

1. Kedatangan Samuel Umtiti ke Camp Nou

Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtitipotret Samuel Umtiti (twitter.com/samumtiti)

Samuel Umtiti menjalani karier profesional sejak 2012, ketika usianya baru menginjak 19 tahun. Ia mengabdi pada Olympique Lyon sampai Barcelona tertarik membawanya ke Spanyol. Kesempatan transfer senilai Rp405 miliar pun terjadi pada 2016.

Kala itu, bek asal Prancis ini memiliki eksistensi yang bagus. Ia dipercaya akan membuat pertahanan El Barca kokoh. Namun, seiring berjalannya waktu, performa sang pemain malah menurun.

2. Umtiti kurang bersinar di Camp Nou akibat cedera

Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtitipotret Samuel Umtiti (twitter.com/brfootball)

Sebenarnya, Umtiti merupakan bek  berbakat. Ia memiliki tinggi badan mencapai 182 cm, sehingga jago dalam duel udara. Meskipun dominan bermain di posisi tengah, sang pemain bisa juga memperkuat pertahanan di sisi kiri.

Sayangnya, Samuel Umtiti tak mampu berbuat banyak akibat menderita berbagai cedera. Bek berusia 28 tahun tersebut punya riwayat cedera lutut yang sering kambuh. Parahnya, hal tersebut terjadi secara terus-menerus dari musim ke musim.

Baca Juga: Gantikan Samuel Umtiti, Barcelona Tengah Mengincar Alessio Romagnoli

3. Barcelona mendatangkan Ferran Torres dari Premier League

Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtitipotret Ferran Torres (twitter.com/brfootball)

Barcelona sedang membangun skuad yang lebih kuat dengan mengandalkan deretan talenta muda. Xavi Hernandez pun merekrut bakat 21 tahun dari Manchester City sebagai rekrutan pertamanya untuk raksasa Catalan. Dia adalah Ferran Torres.

Ferran Torres dihadiahi kontrak berdurasi 5 tahun hingga 2027 mendatang. Hal tersebut merupakan impian masa depan, di mana sang pemain bisa lebih nyaman mengembangkan bakat di negara asalnya, Spanyol.

4. Bagaimana bisa Samuel Umtiti mengorbankan dirinya untuk Ferran Torres?

Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtitikolase potret Ferran Torres dan Samuel Umtiti (twitter.com/brfootball)

Debut Ferran Torres bersama Barcelona tertunda sebab sang pemain sempat terpapar COVID-19. Selain itu, pihak klub harus meningkatkan kuota financial fair play terlebih dahulu agar ada ruang tersisa untuk mendaftarkan Torres. 

Barcelona kemudian memperpanjang kontrak Samuel Umtiti sampai Juni 2026. Namun, gaji sang pemain harus dipotong 50 persen. Berkat kerendahan hati Umtiti, tagihan gaji klub berkurang. Torres secara resmi bisa didaftarkan di Liga Spanyol.

5. Umtiti sebenarnya sudah tidak masuk dalam rencana Barcelona

Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtitipotret Samuel Umtiti (twitter.com/FCBarcelona)

Samuel Umtiti jelas sudah tidak masuk ke dalam rencana Barcelona. Klub berupaya menjual pemain berdarah Prancis ini. Akan tetapi, sangat minim klub yang bersedia menampung bek dengan riwayat cedera tinggi.

Newcastle United sempat dikabarkan menginginkan Umtiti, tetapi Blaugrana akhirnya menemukan jalan yang lebih baik untuk sang bek. Umtiti rela mengorbankan dirinya untuk Torres dan berharap bisa meningkatkan karier lebih baik kemudian hari bersama Barcelona. 

Samuel Umtiti tentunya sadar atas upaya yang ia lakukan untuk Barcelona sangat kecil. Maka dari itu, pengurangan sebagian gaji mungkin menjadi bukti pengabdiannya untuk klub.

Baca Juga: Baru Gabung Barcelona, Ferran Torres Sudah Kena COVID-19

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya