5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!

Oleksandr Zinchenko ikuti jejak Gabriel Jesus ke Arsenal!

Klub-klub di English Premier League (EPL) gencar melakukan jual-beli pemain pada bursa transfer musim panas 2022. Arsenal tak ketinggalan dengan sejumlah transfernya yang mengejutkan.

Arsenal berhasil merekrut lima pemain yang mereka incar, yakni Gabriel Jesus, Fabio Vieira, Matt Turner, Marquinhos, dan bek asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko. Dari sejumlah bek yang pernah direkrut Arsenal, Oleksandr Zinchenko jadi salah satu yang termahal. Langsung saja, berikut lima bek termahal yang pernah dibeli The Gunners.

1. Ben White (Rp899 miliar) 

5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!potret Ben White (twitter.com/Arsenal)

Inggris punya banyak talenta berbakat yang sukses meniti karier sepak bola profesional pada usia muda, salah satunya Ben White. Bek tengah yang satu ini masih berusia 24 tahun. 

Ben White sendiri baru semusim membela Arsenal. Ia direkrut dari Brighton senilai 58,5 juta euro atau sekitar Rp899 miliar pada akhir Juli 2021 lalu. White telah tampil dalam 37 pertandingan di semua ajang.

2. Shkodran Mustafi (Rp627 miliar) 

5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!Shkodran Mustafi saat membela Arsenal. (instagram.com/shkodranmustafi)

Shkodran Mustafi jadi salah satu bintang ternama Arsenal yang pernah membela klub 5 tahun lamanya. Dahulu, ia dibawa dari Valencia dengan kesepakatan transfer mencapai 41 juta euro (Rp627 miliar) pada 2016.

Bek asal Jerman tersebut memiliki 151 caps bersama The Gunners. Pada Februari 2021, Mustafi hengkang ke FC Schalke. Akan tetapi, sang bek sekarang membela Levante sejak bergabung pada September 2021.

Baca Juga: Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie A

3. Oleksandr Zinchenko (Rp535 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!Oleksandr Zinchenko, pemain baru Arsenal. (twitter.com/Arsenal)

Bek terbaru milik Arsenal, Oleksandr Zinchenko, direkrut dari Manchester City. Demi mendapatkan jasanya, Arsenal harus mengeluarkan dana sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp535 miliar. Ia diberi kontrak 4 tahun.

Selama 6 tahun mengabdi kepada The Citizens, Zinchenko memberikan kontribusi yang cukup banyak. Ia berhasil membukukan 127 penampilan. Catatan apik tersebut yang membuat Arsenal sepakat merekrut Zinchenko.

4. William Saliba (Rp458 miliar) 

5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!William Saliba (twitter.com/premierleague)

Pada Juli 2019, Arsenal harus merogoh kocek sampai 30 juta euro (Rp458 miliar) demi merekrut bek muda berdarah Prancis, William Saliba. Kala itu, ia masih berusia 18 tahun.

Namun, William Saliba belum pernah dimainkan di tim utama Arsenal. Ia malah sering dipinjamkan ke klub lain. Saliba terakhir kali dipinjam Olympique Marseille dari Juli 2021 dan baru kembali ke Emirates Stadium pada Juni 2022 lalu.

5. Kieran Tierney (Rp413 miliar) 

5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!potret Kieran Tierney (twitter.com/kierantierney1)

Kieran Tierney sudah 3 tahun membela Arsenal sejak datang dari Celtic pada musim panas 2019. Pemain asal Skotlandia tersebut dibeli seharga 27 juta euro atau sekitar Rp413 miliar.

Banyaknya opsi bek di Arsenal membuat Kieran Tierney belum mendapatkan posisi yang reguler. Musim 2021/2022 lalu, ia hanya tampil 25 kali di semua ajang. Akan tetapi, total keseluruhan telah membuat 87 penampilan.

 

Lini belakang Arsenal memang masih lemah. Evaluasi dari hasil kebobolan klub cukup banyak. Musim lalu mereka terbobol 48 kali di Premier League. Maka dari itu, Zinchenko diharapkan bisa memberikan dampak yang berbeda untuk musim 2022/2023.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Kieran Tierney, Bek Muda Arsenal yang Kece Abis!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya