5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPL

Big match seru akhir pekan ini!

Pertemuan antara Liverpool dan Manchester United di English Premier League (EPL) selalu mengundang banyak perhatian. Wajar saja, selain berlabel klub big six, keduanya punya rivalitas yang cukup panas selama puluhan tahun.

Sebelumnya, laga pertama musim 2022/2023 sudah digelar di Old Trafford. Dengan demikian, laga kedua Liverpool dan Manchester United akan tersaji di Anfield Stadium pada Minggu (5/3/2023) pukul 23.30 WIB.

Sebelum nonton, simak lima catatan menarik jelang laga Manchester United vs. Liverpool berikut ini!

1. Dalam sejarahnya, Setan Merah punya catatan lebih bagus

5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPLManchester United (twitter.com/ManUtd)

Manchester United punya sejarah yang luar biasa di sepak bola Inggris. Begitu pula tiap kali menghadapi rival kuatnya. Setan Merah terhitung pernah mengalahkan The Reds hingga 29 kali di Premier League. 

Sementara itu, Liverpool hanya pernah mengantongi 18 kali kemenangan. Sebanyak 14 pertandingan lainnya berujung imbang. Catatan yang terbilang cukup jauh bukan?

2. Namun, Liverpool unggul dalam sepuluh laga terakhir

5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPLLiverpool vs Manchester United (twitter.com/premierleague)

Di bawah asuhan Jurgen Klopp dalam beberapa musim ke belakang, Liverpool mengalami kemajuan yang signifikan. Bahkan, mereka sukses merengkuh gelar Premier League pada musim 2019/2020 yang telah dinanti 30 tahun lamanya.

Pada waktu yang sama, Manchester United malah terpuruk sampai sering bergonta-ganti pelatih. Oleh sebab itu, mereka hanya bisa menang 2 kali dalam 10 pertandingan terakhir kontra Liverpool. Sementara itu, The Reds sendiri berhasil memenangi lima pertandingan dan sisanya imbang.

Baca Juga: Jadwal Premier League Akhir Pekan Ini: Ada Big Match Liverpool vs MU!

3. Saat ini, performa Manchester United sedang bagus dibanding Liverpool

5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPLMarcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bruno Fernandes (twitter.com/premierleague)

Menariknya, kedaan berbalik pada musim 2022/2023 ini. Sementara performa Liverpool anjlok, Manchester United malah berangsur-angsur membaik sejak klub ditangani Erik ten Hag. Marcus Rashford dkk. bertengger di tangga ketiga klasemen sementara Premier League. 

Manchester United telah mengantongi 49 poin dengan catatan 15 kemenangan dan 5 kekalahan. Di sisi lain, hingga saat ini Liverpool hanya mampu mengumpulkan 39 poin dengan catatan 11 kemenangan dan 7 kekalahan. Catatan tersebut berdasarkan 24 laga yang telah dilakoni di EPL.

4. Kedua klub akan dipertemukan kembali dalam pertandingan ke-62 di EPL

5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPLManchester United vs Liverpool (twitter.com/ManUtd)

Sejak pertama kali bersua pada musim 1992/1993, Liverpool dan Manchester United telah melakoni 61 pertandingan. Artinya, pertandingan nanti akan menjadi yang ke-62 dalam sejarah pertemuan kedua klub di EPL. 

Era demi era, rivalitas kuat antara Liverpool dan Manchester United belum padam. Pertandingan terakhir di Old Trafford dimenangkan Setan Merah dengan skor 2-1. Liverpool harus balas dendam di Anfield Stadium jika tidak ingin menanggung malu untuk kedua kalinya.

5. Masing-masing top skor dari kedua klub siap bertempur

5 Catatan Menarik Jelang Laga Manchester United vs. Liverpool di EPLMohamed Salah dan Marcus Rashford (twitter.com/LFCtwitter.com/MarcusRashford)

Sejarah telah mencatat 158 gol tercipta dalam 61 pertandingan Liverpool vs. Manchester United. Mohamed Salah dan Steven Gerrard menjadi pencetak gol terbanyak yang masing-masing berhasil delapan kali membobol gawang Setan Merah.

Tidak mau kalah, Manchester United punya Marcus Rashford yang saat ini sedang moncer. Pemain berusia 25 tahun tersebut juga masuk ke dalam daftar top skor dengan torehan enam gol. Catatan tersebut sama dengan Robbie Fowler dan Wayne Rooney.

 

Meski saat ini Manchester United lebih dijagokan di atas kertas, Liverpool tetaplah klub besar yang mesti diwaspadai. Mereka sama-sama memiliki kesempatan besar untuk menang. Jangan lewatkan big match satu ini!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Laga Liverpool Vs Man United Pekan 26 Liga Inggris

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya