5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!

Martinelli punya peluang tampil di Piala Dunia 2022

Timnas Brasil dengan perkasa mencatatkan rekor tanpa kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Tak pelak, Neymar dkk jadi kandidat terkuat juara tahun ini.

Selain memiliki bintang melimpah, aspek kuat Tim Samba tidak lepas dari kecerdikan juru taktik mereka, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite. Pelatih Tite punya rekor cukup mentereng bersama Timnas Brasil. 

Tite sendiri telah menakhodai Timnas Brasil selama lebih dari 6 tahun sejak pertama kali didapuk pada Juni 2016. Dalam prosesnya, ia banyak mengorbitkan pemain potensial. 

Mari berkenalan dengan lima debutan termuda di Timnas Brasil asuhan Tite.

1. Rodrygo (18 tahun 10 bulan 6 hari)

5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!Rodrygo (instagram.com/rodrygogoes)

Rodrygo, winger andalan Real Madrid, mendapat panggilan pertamanya dari tim nasional pada akhir 2019. Tite terkesan setelah sang pemain tampil apik pada awal kedatangannya di Spanyol kala itu.

Rodrygo melakoni debut untuk Timnas Brasil saat usianya 18 tahun 10 bulan 6 hari pada 15 November 2019. Walau hanya tampil 19 menit, ia memecahkan rekor debutan termuda asuhan Tite di Tim Samba.

Timnas Brasil memiliki banyak opsi di lini sayap sehingga kans Rodrygo untuk ikut ke Piala Dunia 2022 Qatar cukup kecil. Sang pemain sendiri sejauh ini baru mengantongi 1 gol dalam 7 penampilan di ajang internasional.

2. Vinicius Junior (19 tahun 1 bulan 30 hari)

5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!potret Vinicius Junior (instagram.com/vinijr)

Winger Real Madrid lainnya, Vinicius Junior, debut untuk Timnas Brasil dalam laga persahabatan melawan Peru pada 11 September 2019. Kala itu, Vinicius masih berusia 19 tahun 1 bulan 30 hari. 

Pemain yang sekarang sudah berusia 22 tahun ini lebih dipercaya Tite. Vinicius Junior secara keseluruhan telah tampil 16 kali bersama Tim Samba. Ia punya peluang besar menembus skuad Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 7 Debutan Termuda Arsenal Sepanjang Sejarah, Belum Genap 17 Tahun!

3. Gabriel Jesus (19 tahun 4 bulan 29 hari)

5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!Gabriel Jesus saat bermain untuk Timnas Brasil. (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus punya tempat tersendiri di hati Tite dan Timnas Brasil. Striker berusia 25 tahun tersebut telah mengantongi 19 gol dan 13 assist dari 56 penampilan di berbagai ajang internasional. 

Jesus debut untuk Timnas Brasil tepat pada tahun pengangkatan Tite jadi pelatih. Ia tampil saat berusia 19 tahun 4 bulan 29 hari di Kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi Ekuador pada 1 September 2016.

Melihat performa moncernya bersama Arsenal pada awal musim 2022/2023 ini, Gabriel Jesus bisa jadi pilihan utama Tite untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Meski banyak pesaing, Jesus masih jadi pemain favorit.

4. Eder Militao (20 tahun 7 bulan 25 hari)

5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!Eder Militao (instagram.com/edermilitao)

Meski tidak tampil dalam dua laga terakhir Timnas Brasil, Eder Militao sepertinya akan mendapatkan satu tempat khusus di Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya, selama ini Tite senang menurunkannya sebagai starter. 

Salah 1 dari 3 wakil Real Madrid di Timnas Brasil ini debut pada 12 September 2018 ketika menginjak usia 20 tahun 7 bulan 25 hari. Terhitung sejak saat itu, Eder Militao telah mencetak 1 gol dari 23 penampilan untuk tim yang juga dijuluki Selecao tersebut.

5. Gabriel Martinelli (20 tahun 9 bulan 7 hari)

5 Debutan Termuda di Timnas Brasil Asuhan Tite, Martinelli Terbaru!Gabriel Martinelli (twitter.com/gabimartinelli)

Tite mengorbitkan total tiga pemain ke Timnas Brasil pada 2022 ini. Salah satunya bakat dari Arsenal, Gabriel Martinelli. Ia debut di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 25 Maret 2022 saat menginjak usia 20 tahun 9 bulan 7 hari. 

Walaupun berstatus debutan paling anyar dan sedang tampil bagus bersama Arsenal, Martinelli tidak dipanggil dalam tiga pertandingan terakhir Timnas Brasil. Namun, itu tidak menutup kemudian Tite bakal meliriknya untuk ikut ke Piala Dunia 2022 Qatar. 

Pilihan pemain yang melimpah membuat Tite percaya diri membawa Timnas Brasil menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Samba diprediksi bakal tampil garang.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda EPL 2022/2023, Ethan Nwaneri Pecahkan Rekor

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya