10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!

Reyna dan Fati saat ini tengah mencuri perhatian!

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, tentu semua pemain pernah merasakan diperkenalkan untuk pertama kali di laga debut. Tak hanya saat debut bersama tim senior, tetapi juga debut di beberapa kompetisi juga dicatat untuk kenangan sejarah.

Liga Champions sebagai kompetisi kasta teratas di benua Eropa juga pasti mencatat setiap debutannya. Kali ini ada sepuluh debutan termuda dalam sejarah Liga Champions yang ditilik sejak 2010. Siapa saja? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiola

1. Giovanni Reyna - Borussia Dortmund (17 Tahun, 3 Bulan, 5 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!goal.com

Giovanni Reyna merupakan pemain muda yang punya darah sepak bola sejak lahir. Itu disebabkan oleh kedua orangtuanya yang merupakan mantan pemain internasional Amerika Serikat. Mereka adalah Claudio Reyna dan Danielle Egan.

Pada 18 Januari lalu, Reyna menjalani debutnya bersama tim senior Borussia Dortmund. Sebulan kemudian, tepatnya pada 18 Februari, ia menjalani debut di Liga Champions yang membuatnya menjadi debutan termuda ke-10 dalam sejarah kompetisi.

2. Dominic Solanke - Chelsea (17 Tahun, 1 Bulan, 7 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!premierleague.com

Dominic Solanke mengawali karier sepak bolanya di akademi Chelsea. Ia menjalani debut profesionalnya di klub tersebut sekaligus debut di Liga Champions pada tanggal 20 Oktober 2014. Saat itu usianya masih 17 tahun, 1 bulan, dan 7 hari.

Pemain berkebangsaan Inggris ini sempat dipinjamkan ke Vitesse sebelum bergabung dengan Liverpool pada 2017. Kini ia berseragam Bournemouth sejak 2019 lalu.

3. Ansu Fati - Barcelona (16 Tahun, 10 Bulan, 17 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!goal.com

Barcelona bertandang ke kandang Borussia Dortmund dalam laga fase grup Liga Champions pada September 2019 lalu. Di sanalah Ansu Fati diperkenalkan Barca untuk pertama kalinya di kancah kompetisi teratas Eropa.

Saat itu Fati langsung memecahkan rekor sebagai debutan termuda yang bermain untuk El Barca di Liga Champions. Kala itu usianya baru menginjak angka 16 tahun, 10 bulan, dan 17 hari.

Selain itu, Ansu Fati juga mampu memecahkan rekor yang sudah bertahan 22 tahun lamanya, yakni menjadi pencetak gol termuda (17 tahun, 40 hari) dalam sejarah Liga Champions saat Barcelona menang 1-2 atas Inter Milan. Rekor sebelumnya dipegang oleh Peter Ofori-Quare di usia 17 tahun 195 hari.

4. Bryan Cristante - AC Milan (16 Tahun, 9 Bulan, 3 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!twitter.com/Raka_ACM

Sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 Desember 2011, Bryan Cristante menjalani laga debutnya di Liga Champions bersama AC Milan. Ia pun masuk dalam daftar ini karena saat itu usianya masih 16 tahun, 9 bulan, dan 3 hari.

Tak terasa kini Bryan sudah berusia 25 tahun dan bermain untuk AS Roma sejak musim panas 2018. Ia sempat dipinjamkan satu musim ke Atalanta, tetapi telah kembali ke Roma pada Juni 2019.

5. Moise Kean - Juventus (16 Tahun, 8 Bulan, 25 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!juventus.com

Moise Kean juga tercatat dalam daftar ini karena ia melakukan debut di Liga Champions saat berusia 16 tahun, 8 bulan, 25 hari. Ia dimainkan oleh Juventus di pehujung laga saat melawan Sevilla di babak penyisihan grup.

Namun, sayangnya pemain asal Italia ini kurang berkembang bersama Si Nyonya Tua sehingga ia dijual ke Everton pada 2019 lalu. Sekarang ia sedang menjalani masa pinjamannya di Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Moise Kean Masuk dalam Rencana Transfer Inter Milan 

6. Kenneth Zohore - Copenhagen (16 Tahun, 8 Bulan, 19 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!twitter.com/ConorAVFC_

Kekalahan 2-0 dari Barcelona memang menjadi catatan buruk bagi Copenhagen. Namun, salah satu pemain mereka, Kenneth Zohore saat itu menjalani debut Liga Champions dan mecatatkan rekor sebagai debutan termuda di usia 16 tahun, 8 bulan, dan 19 hari.

Laga itu terjadi pada tanggal 20 Oktober 2010. Jadi, terhitung sudah sepuluh tahun beralalu. Kini Zohore bermain untuk West Bromwich Albion setelah menikmati semusim masa pinjaman di Millwall.

7. Charalampos Mavrias - Panathinaikos (16 Tahun, 7 Bulan, 29 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!twitter.com/RijekaTransfers

Sepuluh tahun yang lalu tepatnya pada 20 Oktober 2010, Panathinaikos memperkenalkan Charalampos Mavrias di Liga Champions dalam laga imbang (0-0) mengahadapi Rubin Kazan.

Pemain asal Yunani tersebut baru berusia 16 tahun, 7 bulan, 29 hari saat melakukannya, yang kemudian menjadi catatan sejarah sebagai debutan termuda kompetisi.

Setelah melewati perjalanan di banyak klub usai hengkang dari Panathinaikos pada 2013, sekarang Mavrias resmi berseragam Omonia Nikosia sejak musim dingin 2019.

8. Youri Tielemans - RSC Anderlecht (16 Tahun, 4 Bulan, 25 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!lcfc.com

Pada tanggal 2 Oktober 2013, Anderlecht tampil di Liga Champions melawan Olympiacos. Klub Belgia tersebut kalah 0-3 saat salah satu pemainnya baru melakukan debut. Dia adalah Youri Tielemans yang melakukan debut UCL pada usia 16 tahun, 4 bulan, 25 hari.

Tielemans punya bakat yang cukup bagus. Buktinya ia sempat diangkat menjadi kapten Anderlecht sebelum memutuskan angkat kaki pada 2017 ke AS Monaco. Akan tetapi, pemain internasional Belgia yang pernah membawa negaranya ke semifinal Piala Dunia 2018 ini sekarang sudah berseragam Leicester City sejak 2019.

9. Alen Halilovic - Dinamo Zagreb (16 Tahun, 4 Bulan, 6 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!bleacherreport.com

Meskipun Dinamo Zagreb takluk 0-2 oleh Paris Saint-Germain pada 24 Oktober 2012, ada catatan menarik bagi pemain mudanya. Dia adalah Alen Halilovic yang menjadi debutan termuda Liga Champions pada usia 16 tahun, 4 bulan, dan 6 hari.

Pemain jebolan akademi AC Milan dan Barcelona ini baru singgah ke klub kasta kedua Inggris, Birmingham City dengan status bebas transfer setelah kotraknya habis bersama AC Milan.

10. Rayan Cherki - Olympique Lyon (16 Tahun, 3 Bulan, 10 Hari)

10 Debutan Termuda Liga Champions Sejak 2010, Giovanni Reyna Terbaru!olympique-et-lyonnais.com

Gelandang serang Olympique Lyon, Rayan Cherki baru masuk dalam buku sejarah Liga Champions sebagai debutan termuda setelah ia tampil jadi pemain pengganti pada 27 November 2019 lalu.

Kala itu usia Cherki masih 16 tahun, 3 bulan, 10 hari. Pemain muda berkebangsaan Prancis ini masuk lapangan di menit ke-76. Namun, sayangnya Lyon kalah 2-0 dari Zenit di Rusia.

Debut di Liga Champions pada usia muda menjadi awal perjalanan mereka di kancah Eropa, sekaligus masuk dalam catatan sejarah kompetisi. Ada favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya