5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!

Sempat meniti karier di Spanyol

Raphael Varane merupakan salah satu nama besar dari deretan bek berusia matang di Eropa. Kesuksesannya meniti karier di Spanyol jadi panutan. Sejumlah rekor dan trofi sudah pernah dicicipinya. 

Telah menginjak usia matang, Raphael Varane mentas di liga top Eropa. Saat ini, ia bermain untuk Manchester United di English Premier League (EPL).

1. Raphael Varane telah menginjak usia matang, masih bernilai mahal

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (instagram.com/equipedefrance)

Pada 25 April 2022, Raphael Varane berulang tahun yang ke-29. Sang pemain lahir pada 1993 di Lille, Prancis. Pada usia matangnya saat ini, Varane memiliki nilai pasar mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp927 miliar.

Varane memang jadi salah satu nama bek terkenal. Ia punya postur tubuh mencapai 1,91 meter dan biasanya bermain di posisi bek tengah. Kalau bukan karena cedera, Varane bisa jadi pemain belakang andalan Manchester United pada 2021/2022 ini.

2. Karier profesional Raphael Varane dimulai dari 2010

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (twitter.com/raphaelvarane)

Sejak berusia 7 tahun, Raphael Varane sudah bermain di tim junior AS Hellemmes (2000—2002). Dua tahun kemudian, ia bergabung dengan tim junior RC Lens sampai bisa bermain di tim U-19 (2002—2010). 

Karier profesional Varane dimulai pada 1 November 2010 ketika RC Lens resmi mengangkatnya ke tim utama. Sang pemain melakoni pertandingan debut dalam kemenangan 2-0 atas Montpellier HSC di Ligue 1. Kala itu, usianya baru menginjak 17 tahun 6 bulan 13 hari.

Dalam kurun waktu setahun bersama RC Lens, Raphael Varane mencetak 2 gol dalam 24 penampilan. Tak butuh waktu lama, pada akhir 2010/2011, ia langsung dilirik oleh Raksasa Spanyol, Real Madrid.

3. Nama Raphael Varane mulai terkenal sejak meniti karier di Spanyol

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (instagram.com/raphaelvarane)

Real Madrid resmi merekrut Raphael Varane dengan mahar sebesar Rp170 miliar pada musim panas 2011. Ia melakoni debut di bawah asuhan Jose Mourinho dalam laga imbang 0-0 melawan Racing Santander di LaLiga.

Sejak saat itu, nama Raphael Varane mulai dikenal di Eropa. Meski awalnya lebih sering di bangku cadangan, pada akhirnya ia bisa mendapatkan tempat yang layak di Santiago Bernabeu.

Pada musim pertamanya (2011/2012), Varane hanya dimainkan dalam 15 pertandingan di semua ajang. Perlahan, tetapi pasti, ia dipercaya tampil dalam 33 penampilan di semua ajang pada musim keduanya.

Baca Juga: Konflik di Balik Nomor Punggung Raphael Varane di MU

4. Kali pertama Raphael Varane merumput di English Premier League

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (twitter.com/Oddschanger)

Dengan pengalaman yang cukup sukses di Spanyol, Manchester United tertarik mendatangkan Raphael Varane. Torehan 17 gol  dan 7 assist dalam 360 penampilan (2011—2021) bersama El Real menjadi bukti bahwa ia mampu jadi bek andalan tim.

Dana sebesar Rp618 miliar harus dikeluarkan Satan Merah demi memboyong Varane ke Old Trafford. Sang pemain akhirnya sepakat dengan kontrak 4 tahun sampai Juni 2025 yang ditandatangani pada 14 Agustus 2021.

Ini merupakan kali pertama ia merumput di Premier League. Raphael Varane baru tampil dalam 29 pertandingan di semua ajang untuk Manchester United. Sebab, ia menghabiskan musim 2021/2022 dengan berbagai cedera yang dialaminya sejak Oktober 2021.

5. Varane tak kalah jadi andalan di tim nasional Prancis

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (instagram.com/raphaelvarane)

Tim nasional hanya memanggil para pemain pilihan di klubnya masing-masing. Tim Nasional Prancis pun memilih Raphael Varane untuk menjaga tembok pertahanan tim sejak 2013. Didier Deschamps memberi kesempatan debut di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Hingga kini, Raphael Varane masih dipercaya oleh Timnas Prancis. Ia tampil beberapa kali di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan akan ikut bersama skuad ke Qatar. Secara keseluruhan, Varane telah menyumbang 5 gol dalam 85 penampilan di semua ajang internasional.

6. Setidaknya dua puluh trofi pernah dicicipi Raphael Varane

5 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!potret Raphael Varane (instagram.com/raphaelvarane)

Raphael Varane tampil 90 menit pada partai final Piala Dunia 2018 menghadapi Kroasia. Timnas Prancis sukses meraih kemenangan dengan skor 4-2 saat itu. Piala emas paling bergengsi di seluruh dunia pernah dicicipi Varane. Trofi UEFA Nations League juga berhasil diraihnya bersama Prancis pada 2021 lalu.

Selain itu, delapan belas trofi lainnya sukses dimenangi bersama Real Madrid. Varane mencatatkan namanya dalam gelar LaLiga sebanyak 3 kali, Liga Champions 4 kali, FIFA Club World Cup 4 kali, UEFA Supercup 3 kali, dan 14 trofi domestik lainnya.

Raphael Varane mulai rentan cedera dan sering absen. Namun, pada usia 29 tahun, harusnya ia bisa berkarier lebih lama di lapangan. Akan ada lebih banyak rekor jika ia terus bermain sampai usia tua.

Baca Juga: Kejujuran Solskjaer di MU yang Bikin Terkesan Raphael Varane

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya