6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Baru

Casemiro siap imbangi kekuatan Fernandes dan Eriksen

Kedatangan Erik ten Hag membuat Manchester United kembali mengalami perubahan. Tidak hanya dari skema permainan, tetapi juga perombakan skuad.

Erik ten Hag mendepak sejumlah pemain lama yang dirasa tidak masuk ke dalam rencana. Ia juga mendatangkan empat pemain baru untuk mempertajam beberapa sektor.

Casemiro, seorang gelandang bertahan, baru saja direkrut. Sekarang ada sekitar delapan nama di pos gelandang Setan Merah untuk 2022/2023. Akan tetapi, hanya enam nama yang lebih menonjol dan diprediksi bakal sering dimainkan.

1. Scott McTominay (gelandang bertahan)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Barupotret Scott McTominay (instagram.com/manchesterunited)

Scott McTominay merupakan produk akademi Manchester United yang terjun ke tim utama untuk mengawali karier profesional pada 2017. Sejauh ini, ia telah tampil dalam 173 pertandingan.

Posisi utama Scott McTominay adalah gelandang bertahan, tetapi ia juga sering mengisi pos gelandang serang. Pemain berusia 25 tahun tersebut telah tampil tiga kali di English Premier League (EPL) 2022/2023 ini.

2. Casemiro (gelandang bertahan)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga BaruCasemiro resmi merapat ke Manchester United. (twitter.com/EuropaLeague)

Catatan cedera Scott McTominay pada 2021/2022 lalu membuat Manchester United kurang stabil. Maka, diboyonglah Casemiro untuk menggedor lemahnya posisi gelandang bertahan.

Casemiro ditebus dari Real Madrid seharga 70,65 juta euro atau setara Rp1 triliun dengan kontrak 4 tahun. Kehadirannya di dekat bek diharapkan bisa lebih produktif dalam menyuplai bola ke gelandang serang.

Ini merupakan kali pertama Casemiro merumput di Premier League. Walaupun begitu, pengalaman pemain berusia 30 tahun tersebut tidak perlu diragukan lagi. Ia memiliki 458 penampilan dalam karier profesional.

3. Donny van de Beek (gelandang tengah)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Barupotret Donny van de Beek (instagram.com/manchesterunited)

Donny van de Beek merupakan anak asuh Erik ten Hag di Ajax Amsterdam. Hal tersebut jadi alasan kuat untuk memperbaiki penampilannya yang sejauh ini masih belum memenuhi harapan Manchester United.

Donny van de Beek baru kembali dari masa pinjamannya di Everton (Januari—Mei 2022). Reuni dengan Erik ten Hag bisa menguntungkan bagi sang pemain untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan tampil di lapangan.

Sejak melakoni laga debut pada 19 September 2020, Donny van de Beek telah membuat 53 penampilan di berbagai lintas kompetisi untuk Setan Merah. Jumlah ini masih bisa bertambah.

Baca Juga: Casemiro ke MU, Legenda Trio Lini Tengah Real Madrid Usai

4. Fred (gelandang tengah)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Barupotret Fred (twitter.com/ManUtd)

Rekan setim Casemiro di Timnas Brasil, Fred, adalah salah satu gelandang termahal dalam sejarah Manchester United. Ia direkrut dari Shakhtar Donetsk senilai 59 juta euro atau sekitar Rp872 miliar pada musim panas 2018.

Walau berposisi utama sebagai gelandang tengah, Fred juga sering dimainkan di posisi gelandang bertahan. Dalam kurun waktu 4 tahun, Fred telah menorehkan 8 gol dan 13 assist dari 160 penampilan kepada Setan Merah.

5. Bruno Fernandes (gelandang serang)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Barupotret Bruno Fernandes (instagram.com/manchesterunited)

Manchester United beruntung memiliki gelandang serang yang cerdik seperti Bruno Fernandes. Pemain asal Portugal tersebut bahkan kerap kali disinggung sebagai tulang punggung Manchester United.

Selama ini, Bruno Fernandes kerap kewalahan mengatasi lini tengah yang kurang stabil. Hadirnya Casemiro di lini belakang bisa membuat Fernandes lebih fokus menyuplai bola ke depan.

Biaya 63 juta euro (Rp931 miliar) yang dikeluarkan Setan Merah saat merekrut Fernandes dari Sporting Lisbon rupaya terbayar tuntas. Ia telah mengoleksi 50 gol dan 39 assist dalam 129 penampilan.

6. Christian Eriksen (gelandang serang)

6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Barupotret Christian Eriksen (instagram.com/manchesterunited)

Juru gedor di lini tengah Manchester United akan diperkuat pula oleh pemain Denmark, Christian Eriksen. Bruno Fernandes punya teman duet untuk 2022/2023.

Christian Eriksen habis kontrak dengan klub sebelumnya, Brentford. Pada pertengahan tahun ini, Setan Merah pun bersedia menaungi gelandang serang berusia 30 tahun tersebut.

Menariknya, Eriksen juga merupakan alumnus Ajax Amsterdam dan punya banyak pengalaman merumput di Premier League. Jadi, sepertinya dia akan cocok bekerja sama dengan Erik ten Hag maupun Fernandes.

Manchester United harus berani berbenah demi perubahan yang lebih baik. Salah satunya merombak lini tengah. Total ada lima gelandang yang telah hengkang. Sementara itu, Casemiro dan Christian Eriksen jadi tenaga baru untuk mengisi kekosongan.

Baca Juga: Erik Ten Hag Galak di MU, Bruno Fernandes Sebut Itu Positif

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya