5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!

Dibajak Chelsea, harga Enzo Fernandez selangit

Meski waktunya lebih singkat dibanding bursa transfer musim panas, sejumlah klub English Premier League (EPL) tetap aktif mendatangkan pemain baru pada jendela transfer musim dingin 2023. Salah satunya adalah Chelsea yang jor-joran belanja pemain. 

Pada deadline bursa transfer, tepatnya pada 31 Januari 2023 lalu, Chelsea kembali menyita perhatian lantaran memecahkan rekor transfer. Gelandang Benfica sepakat bergabung dengan harga selangit. Kendati ada rekor baru, mari melihat lima gelandang termahal yang pernah digaet klub EPL berikut ini!

1. Enzo Fernandez (Rp1,9 triliun) 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!Enzo Fernandez (premierleague.com)

Belum puas belanja pemain, Chelsea resmi menggaet Enzo Fernandez dari Benfica pada hari penutupan transfer musim dingin 2023. Dengan nilai transfer mencapai 121 juta euro (Rp1,97 triliun), pemain asal Argentina tersebut kini jadi gelandang sekaligus jadi rekrutan termahal dalam sejarah EPL.

Menurut laporan Transfermarkt, Enzo Fernandez telah menandatangani kontrak berdurasi 8,5 tahun hingga 2031 mendatang. Sang pemain sendiri baru berusia 22 tahun dan merupakan peraih penghargaan Best Young Player di Piala Dunia 2022 Qatar. Potensinya tentu sangat besar.

2. Paul Pogba (Rp1,7 triliun)

5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!Paul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Anomali unik terjadi antara Manchester United dan Juventus dalam transfer Paul Pogba. Gelandang tengah asal Prancis satu ini merupakan lulusan akademi The Red Devils, tetapi ia tidak mendatangkan keuntungan secara finansial bagi klub. Pasalnya, dua kali dirinya hengkang secara bebas transfer.

Awal mula, Pogba diboyong Juventus secara gratis pada 2012. Lalu, ia ditebus kembali oleh Manchester United seharga 105 juta euro (Rp1,71 triliun) pada 2016. Setelah berkontribusi dalam 233 penampilan, mencetak 39 gol dan 53 assist, Pogba pergi lagi ke Turin, lagi-lagi berstatus bebas transfer, pada Juli 2022 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Benfica yang Dilepas dengan Harga Mahal, Enzo Teranyar!

3. Kai Havertz (Rp1,3 triliun) 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!Kai Havertz (instagram.com/kaihavertz29)

Sebelum Enzo Fernandez, Kai Havertz lebih dahulu memecahkan rekor transfer di Chelsea. Gelandang satu ini digaet dari klub Jerman, Bayer Leverkusen, pada musim panas 2020. Saat itu, kedua klub sepakat melakukan transfer senilai 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Havertz pernah dicibir lantaran penampilannya dinilai tidak sepadan dengan harganya yang mahal. Akan tetapi, perlahan ia bisa beradaptasi dan tampil cukup baik di lapangan. Kini, Havertz sudah membukukan 29 gol dan 15 assist dalam 119 penampilan untuk The Blues.

4. Kevin De Bruyne (Rp1,2 triliun) 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!potret Kevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne)

Peran gelandang tak kalah penting dari striker. Oleh sebab itu, Manchester City berani merogoh kocak hingga 76 juta euro (Rp1,2 triliun) demi mendatangkan Kevin De Bruyne dari VfL Wolfsburg pada Agustus 2015. Nilai tersebut tentu sangat fantastis pada saat itu.

Tak sia-sia, De Bruyne menjelma salah satu gelandang terbaik di dunia selama beberapa musim terakhir. Pemain asal Belgia tersebut tercatat telah tampil sebanyak 334 kali di semua kompetisi untuk The Citizens. Sejauh ini, ia berhasil mengemas 89 gol dan 138 assist.

5. Casemiro (Rp1,1 triliun) 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!Casemiro (twitter.com/Casemiro)

Casemiro merupakan gelandang senior yang punya segudang prestasi, tetapi ia baru pertama kali bermain di EPL. Manchester United memboyong sang pemain dari Real Madrid pada musim panas 2022 lalu. Meski sudah berusia 30 tahun, harganya mencapai 70,65 juta euro (Rp1,1 triliun) pada saat itu. 

Erik ten Hag rupanya tidak salah memilih gelandang. Pemain asal Brasil satu ini terbukti tampil memuaskan dengan catatan 4 gol dan 5 assist dari 29 penampilan yang telah dilakoninya untuk Setan Merah. Casemiro dikontrak 4 tahun hingga Juni 2026.

Klub-klub elite Premier League berani menggelontorkan dana besar demi gelandang yang berkualitas. Enzo Fernandez sendiri punya potensi kuat usai tampil apik di Piala Dunia 2022 Qatar. Akankah ia makin bersinar bersama Chelsea? 

Baca Juga: 3 Fakta Transfer Enzo Fernandez ke Chelsea, Boros Banget!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya