5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Ini

Alisson dan Remiro sedang melejit, tetapi Neuer agak merosot

Di tengah ketatnya persaingan antarklub di liga-liga top Eropa, kiprah para penjaga gawang tak boleh dilupakan. Keberhasilan klub melewati berbagai pertandingan tak luput dari kerja keras mereka.

Perhitungan clean sheet atau pertandingan tanpa kebobolan menjadi bukti betapa peran kiper sangat penting. Dari deretan nama bintang, berikut lima kiper di lima liga top Eropa dengan clean sheet terbanyak musim 2021/2022 ini.

1. Alex Remiro - LaLiga (18 Clean Sheet) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Inipotret Alex Remiro (instagram.com/alexremiro1)

Meskipun bertengger di posisi keenam klasemen sementara LaLiga 2021/2022, Real Sociedad punya penjaga gawang yang sedang moncer. Dia adalah Alex Remiro, kiper asli Spanyol yang bergabung dengan klub sejak 2019.

Pada musim 2021/2022 ini, Remiro telah melalui 18 pertandingan tanpa kebobolan di LaLiga. Jumlah kebobolannya juga sedikit. Pemain berusia 27 tahun tersebut hanya dijebol 25 gol dari total 28 penampilan.

2. Alisson - English Premier League (17 Clean Sheet) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Inipotret Alisson Becker (twitter.com/LFC)

Penjaga gawang berdarah Brasil, Alisson Becker, sudah merumput sejak 2018 di English Premier League (EPL). Ia diboyong Liverpool dari AS Roma senilai 62,5 juta euro atau sekitar Rp970 miliar.

Pada musim pertamanya (2018/2019) di Liga Inggris, Alisson langsung jadi kiper dengan clean sheet terbanyak (21). Sejak saat itu, hingga kini magisnya terus bersinar. Musim ini, ia juga memimpin dengan 17 clean sheet yang telah ditorehkannnya.

Baca Juga: Liverpool Pantau Suksesor Alisson, Prospek Masa Depan! 

3. Samir Handanovic - Serie A (15 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Inipotret Samir Handanovic (instagram.com/reuschgoalkeeping)

Musim 2020/2021 lalu, Samir Handanovic finis sebagai penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak (15) di Serie A. Sejauh ini sang pemain masih jadi raja dari seluruh kiper di kompetisi tersebut. 

Samir Handanovic mampu menyapu bersih 15 pertandingan tanpa kebobolan untuk Inter Milan di Serie A musim ini. Pemain muslim berkebangsaan Slovenia tersebut juga hanya kebobolan 24 gol dari total 32 penampilan.

4. Walter Benitez - Ligue 1 (12 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Inipotret Walter Benitez (instagram.com/walterbenitezoficial)

Selama ini Walter Benitez mungkin bukan nama besar di level Eropa. Akan tetapi, berkat 12 clean sheet yang dikoleksinya di Ligue 1 musim 2021/2022, Benitez mulai jadi sorotan. Ia berkontribusi besar membawa OGC Nice naik ke posisi enam klasemen sementara. 

Walter Benitez sendiri merupakan penjaga gawang asal Argentina yang merumput di Prancis sejak 2016. Ia datang dari klub Argentina, Quilmes, untuk bergabung dengan OGC Nice secara bebas transfer.

5. Manuel Neuer - Bundesliga (9 Clean Sheet) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Inipotret Manuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Manuel Neuer dianggap sebagai kiper asal Jerman terbaik abad ini. Meskipun belum pernah merumput di luar Jerman, Neuer cukup sukses bersama Bayern Munchen. Saat ini ia merupakan pemain dengan ban kapten di lengannya untuk klub dan tim nasional.

Namun, torehan clean sheet Neuer musim ini tak begitu mengesankan. Dari total 35 pertandingan di semua kompetisi, ia hanya mengoleksi 13 clean sheet, di antaranya 9 clean sheet diperoleh dari pertandingan di Bundesliga. Ia masih yang terbaik di kompetisi kasta utama Jerman. 

 

Tanggal 14 April diperingati sebagai hari kiper internasional. Lima kiper dari daftar ini adalah yang terbaik musim 2021/2022. Siapa favorit kamu?

Baca Juga: 10 Potret Alexander Nubel, Penerus Manuel Neuer yang Nyaman di Monaco

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya