Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21

Iker Casillas masih jadi raja dari semua kiper di Eropa!

Jangan anggap remeh penjaga gawang. Mereka tak kalah eksis di lapangan. Kuat tidaknya pertahanan tim tergantung pada mereka. Para kiper berkelas dunia bahkan memiliki prestasi yang luar biasa hebat.

Seorang kiper juga bisa mengukir kenangan manis, yakni dengan torehan clean sheet. Nama besar mereka lahir dari kerja keras dalam mengamankan setiap pertandingan. Lalu, siapa kiper dengan torehan clean sheet terbanyak di abad ke-21? Berikut ulasan lengkap lima daftar teratasnya.

1. Iker Casillas (439 Clean Sheet) 

Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21potret Iker Casillas (twitter.com/Squawka)

Tahun lalu, Iker Casillas resmi gantung sepatu di usia 39 tahun. Meski terakhir kali bermain untuk FC Porto, Casillas lebih dikenal sebagai legenda Real Madrid. Itu disebabkan dirinya merupakan jebolan akademi El Real dan berakarier di tim utama selama 16 tahun dari 1999 sampai 2015.

Iker Casillas pantas disebut sebagai raja dari semua kiper di Eropa. Bukan sekadar omong kosong. Selama masih aktif di lapangan, ia telah menorehkan 439 clean sheet dalam lebih dari 1.000 penampilan di semua kompetisi, termasuk laga internasional bersama Timnas Spanyol, Real Madrid, dan FC Porto.

2. Gianluigi Buffon (420 Clean Sheet) 

Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21potret Gianluigi Buffon (twitter.com/ChampionsLeague)

Tak banyak pemain lanjut usia yang masih bertahan di lapangan. Selain performa menurun, mereka juga kalah oleh bakat muda yang lebih berpotensi kuat. Namun, Gianluigi Buffon merupakan salah satu veteran yang masih nangkring di bawah mistar gawang. Usianya sudah 43 tahun, lho!

Buffon terkenal sebagai kiper utama Juventus dan Paris Saint-Germain pada masanya. Di musim panas lalu, pemain berkebangsaan Italia tersebut resmi hijrah ke Parma di Serie B atau kompetisi tingkat kedua di Italia. Selama lebih dari 20 tahun menjejaki dunia sepak bola, Buffon telah mengoleksi 420 clean sheet.

Baca Juga: 5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!

3. Petr Cech (391 Clean Sheet) 

Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21potret Petr Cech (twitter.com/ChampionsLeague)

Petr Cech punya ciri khas yang unik, yakni pelindung kepala yang selalu dikenakannya ketika bermain di lapangan. Pelindung kepala tersebut dipakainya sejak mengalami cedera serius pada 2006 silam ketika masih memperkuat Chelsea.

Cech juga punya catatan bagus sebelum dirinya pensiun pada 2019 lalu. Kiper asal Republik Ceko tersebut suskes menorehkan 391 clean sheet dari keseluruhan kompetisi yang peranah dilakoninya, termasuk di kompetisi internasional.

4. Pepe Reina (343 Clean Sheet) 

Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21potret Pepe Reina (twitter.com/PReina25)

Pepe Reina hanya punya kesempatan satu musim lagi bersama Lazio. Kontraknya akan berakhir di bulan Juni 2022 mendatang kemungkinan untuk diperpanjang sangat kecil. Bahkan, mungkin saja sang pemain akan gantung sepatu di usia sekarang yang sudah menginjak 39 tahun.

Terlepas dari itu, Pepe Reina tak perlu khawatir. Ia akan dikenang sebagai kiper yang mampu menyapu bersih lebih dari 343 pertandingan. Pemain asal Spanyol ini memperkuat pertahanan Lazio sejak musim panas 2020. Sebelumnya ia pernah berseragam Barcelona, Villarreal, Liverpool, Bayern Munchen, Napoli, bahkan AC Milan.

5. Manuel Neuer (327 Clean Sheet) 

Para Legenda! Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21potret Manuel Neuer (twitter.com/championsleague)

Manuel Neuer merupakan kiper dengan clean sheet terbanyak (207 clean sheet) dalam sejarah Bundesliga. Bahkan, ia merupakan kiper asal Jerman dengan clean sheet terbanyak (50 clean sheet) di Liga Champions. Meski sudah berusia 35 tahun, hingga sekarang perfomanya masih saja garang.

Manuel Neuer menyapu bersih 327 clean sheet. Die Roten menunjuk sang pemain sebagai kapten tim dan Neuer sempat mengungkapkan bahwa dirinya berkeinginan untuk pensiun di klub tersebut.

 

Meksipun tak mudah berjuang menyapu bersih setiap pertandingan, lima pemain tadi sudah membuktikan kerja keras mereka tak sia-sia. Di lima daftar tadi, siapa kiper favorit kamu?

Baca Juga: Aksi Agresif Kiper Persiraja Kayak Manuel Neuer yang Berbahaya

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya