Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real Madrid

Marcelo belum mau gantung sepatu

Marcelo Vieira mengucapkan selamat tinggal kepada Real Madrid setelah 15 tahun bersama. Upacara penghormatan sekaligus perpisahan di Santiago Bernabeu pun berlangsung emosional pada Senin (13/6/2022).

Bek asal Brasil tersebut meninggalkan banyak kenangan selama membela Los Blancos. Sejumlah trofi bergengsi jadi warisan nyata sang veteran.

1. Marcelo datang ke Spanyol sejak berusia muda

Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real MadridMarcelo (twitter.com/SquawkaNews)

Meskipun diangkat ke tim utama Fluminense pada Januari 2005, Marcelo Vieira da Silva Junior baru mendapat kesempatan debut profesional pada 16 April 2006. Ia kemudian mencetak 3 gol dalam 11 penampilan.

Marcelo langsung digaet Real Madrid setahun setelahnya. Kala itu, pemain kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 12 Mei 1988 tersebut masih berusia 18 tahun. Ia sendiri menandatangani kontrak untuk Los Blancos pada 1 Januari 2007.

2. Marcelo sempat mengalami awal yang sulit di Santiago Bernabeu

Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real MadridMarcelo (twitter.com/ChampionsLeague)

Marcelo tidak langsung mencicipi karier yang manis bersama Real Madrid. Enam pertandingan pertamanya di LaLiga 2006/2007 tampak sulit. Sejak debut pada 7 Januari 2007, ia mengalami 2 kekalahan, 3 seri, dan 1 kemenangan.

Ketika 2007/2008 datang, Marcelo mulai memberikan dampak positif bagi El Real. Ia tampil dalam 32 pertandingan dengan menyumbang 3 assist di semua ajang. Real Madrid juga berhasil menjuarai LaLiga pada musim tersebut.

Baca Juga: 10 Potret Ferland Mendy, Penerus Marcelo di Pos Bek Kiri Real Madrid

3. Kontribusi sang veteran untuk Los Blancos

Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real MadridMarcelo (twitter.com/ChampionsLeague)

Lebih dari 15 tahun mengabdi, pemain berambut kribo ini telah memberikan kontribusi yang begitu besar untuk Los Blancos. Ia dianggap sebagai legenda klub.

Marcelo membela Real Madrid di semua kompetisi dengan total waktu bermain mencapai 43.139 menit. Ia melewati 544 pertandingan dengan memberikan 37 gol dan 103 assist kepada klub besar Spanyol itu.

4. Marcelo merupakan pemegang trofi terbanyak di Real Madrid

Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real MadridMarcelo (instagram.com/marcelotwelve)

Real Madrid merupakan salah satu klub yang sarat trofi. Marcelo sendiri meninggalkan klub tersebut sebagai pemegang trofi terbanyak dalam sejarah klub. Semuanya ada 25 gelar.

Sang legenda pernah merasakan berbagai gelar, mulai dari domestik sampai tingkat dunia. Ia merengkuh 4 gelar Piala Dunia Antarklub, 3 gelar UEFA Supercup, 5 gelar Liga Champions Eropa, 6 gelar LaLiga, 5 Piala Super Spanyol, dan 2 trofi Copa del Rey.

5. Marcelo belum mau gantung sepatu

Masa Bakti Berakhir, Marcelo Beri Banyak Kenangan untuk Real MadridMarcelo (twitter.com/brfootball)

Marcelo jarang turun ke lapangan dalam 3 musim terakhirnya bersama Real Madrid. Masa baktinya pun kini benar-benar berakhir. Namun, dirinya belum mau pensiun dalam waktu dekat.

"Saya tidak akan pensiun, tidak sekarang. Saya merasa saya masih bisa bermain. Menghadapi Real Madrid tidak akan menjadi masalah. Saya seorang Madridista besar, tetapi saya juga seorang profesional besar," ujar Marcelo seperti dikutip The Athletic.

Belum ada kejelasan tentang karier Marcelo selanjutnya. Namun, ia dikabarkan akan kembali bermain di negara asalnya, Brasil.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Marcelo Usai Memastikan Cabut dari Real Madrid

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya