Melirik Pemain Brighton yang Bela Ekuador di Piala Dunia 2022

Pervis Estupinan dan Moses Caicedo tampil menawan

Potensi Timnas Ekuador cukup besar di Piala Dunia 2022 Qatar. Ditopang Enner Valencia sebagai kapten sekaligus mesin gol, La Tri sudah mencomot empat poin di Grup A. Hasil itu dipetik usai menaklukkan Timnas Qatar dan menahan imbang Timnas Belanda. 

Tentu Ekuador tidak hanya bertumpu kepada Valencia. Pertahanan kuat serta serangan yang terbangun di lapangan adalah buah dari kerja sama tim. Trio Brighton & Hove Albion, misalnya, ikut membantu menciptakan banyak peluang. 

Trio yang dimaksud adalah Pervis Estupinan, Moises Caicedo, dan Jeremy Sarmiento. Mereka perwakilan dari klub Premier League, Brighton & Hove Albion, yang mana klub tersebut juga sedang jadi sorotan.

Maka dari itu, sangat menarik untuk melirik pemain Brighton yang bela Ekuador di Piala Dunia 2022. Simak ulasannya berikut ini!

1. Brighton & Hove Albion, klub medioker yang jadi perbincangan belakangan ini

Melirik Pemain Brighton yang Bela Ekuador di Piala Dunia 2022Moises Caicedo, Leandro Trossard, dan Pervis Estupinan (brightonandhovealbion.com)

Sejak pertama kali naik derajat ke divisi pertama Inggris atau English Premier League (EPL) pada 2017/2018, Brighton & Hove Albion hingga kini belum pernah finis di sepuluh besar klasemen. Namun, kejutan datang pada awal musim 2022/2023.

Klub berjuluk Seagulls ini mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Mereka mampu mengalahkan klub unggulan macam Manchester United dan Chelsea serta mencomot hasil imbang dari Liverpool. Brighton sekarang merangsek ke tangga ketujuh klasemen sementara EPL.

Nah, di balik performa apik itu, ada Pervis Estupinan dan Moises Caicedo yang jadi langganan di lapangan. Sedangkan, Jeremy Sarmiento sendiri belum mendapatkan jam terbang reguler, tetapi potensinya mulai menggeliat. Apalagi, Sarmiento sudah tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. 

2. Pervis Estupinan meneruskan tren positifnya hingga ke Piala Dunia 2022

Melirik Pemain Brighton yang Bela Ekuador di Piala Dunia 2022Pervis Estupinan (instagram.com/pervisestupinan_oficial)

Pervis Estupinan pernah gagal bermain untuk Watford pada 2017. Ia dipinjamkan ke sejumlah klub Spanyol, yakni UD Almeria, RCD Mallorca, dan CA Osasuna. Pada 2020, dirinya bergabung dengan Villarreal dan berhasil membuat 74 penampilan.

Saat masih berseragam Villarreal, bek berusia 24 tahun ini jadi pemain kunci Timnas Ekuador di Copa America 2021. Estupinan akhirnya mendapat tawaran dari Brighton & Hove Albion pada musim panas 2022 lalu.

Pervis Estupinan tampil cukup apik dalam 12 penampilan yang dilakoninya bersama Seagulls. Perlahan, tetapi pasti, sang pemain sampai di Piala Dunia 2022 Qatar. Estupinan yang berperan sebagai bek kiri sangat menonjol dalam dua laga pertama Ekuador pada fase grup.

Baca Juga: 10 Potret Pervis Estupinan, Bek Kiri Baru Brighton & Hove Albion

3. Moises Caicedo tunjukkan kualitasnya di Piala Dunia 2022

Melirik Pemain Brighton yang Bela Ekuador di Piala Dunia 2022Moises Caicedo (instagram.com/moises_caicedo55)

Serupa, tetapi tak sama, Moises Caicedo sempat terasingkan di Brighton & Hove Albion. Baru tampil separuh musim, ia dikirim ke klub Belgia, Beerschot, pada Agustus 2021. Setelah kembali pada 2022/2023, Caicedo jadi langganan Seagulls. 

Sebelum jeda internasional, Moises Caicedo selalu jadi starter dalam 15 penampilannya untuk Brighton musim ini. Namanya pun kian meroket usai dipanggil ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Performa pemain muda 21 tahun ini terbilang lincah saat Ekuador menggulingkan Qatar dan menggagalkan kemenangan Belanda pada fase grup Piala Dunia 2022. Caicedo yang bermain sebagai gelandang sering kedapatan menyelinap ke pertahanan lawan. 

4. Tampil di Piala Dunia 2022 adalah pencapaian tertinggi Jeremy Sarmiento

Melirik Pemain Brighton yang Bela Ekuador di Piala Dunia 2022Jeremy Sarmiento (instagram.com/jeremy7official)

Berbeda dari kedua koleganya, Jeremy Sarmiento sendiri belum memiliki catatan bagus. Baik di level klub maupun tim nasional, dirinya tidak memainkan peran penting. 

Brighton & Hove Albion baru memainkan Sarmiento dalam 10 pertandingan sejak diboyong pada musim panas 2021. Gelandang kelahiran 2002 tersebut juga hanya memiliki 11 caps untuk Timnas Ekuador. 

Meski begitu, Jeremy Sarmiento tetap layak dilirik. Kehadirannya di Piala Dunia 2022 tidak sekadar jadi pajangan. Pelatih Gustavo Alfaro menurunkannya dalam dua laga terakhir walau sebagai pemain pengganti. Itu merupakan pencapaian tertinggi bagi Sarmiento.

Timnas Qatar jadi lawan terakhir Timnas Ekuador di fase grup. Peluang menang ada di tangan La Tri. Dibantu tiga pemain Brighton tadi, Ekuador selangkah lagi berpeluang lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda Imbang

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya