Menengok Base Camp Tim Grup E Piala Dunia 2022 Selama di Qatar

Timnas Jerman ada di ujung Qatar

Demi suksesnya Piala Dunia 2022, Qatar dari jauh-jauh hari membuat persiapan matang. Infrastruktur seperti hotel dan stadion dibangun dan direnovasi sedemikian rupa. Mereka ingin menyuguhkan fasilitas terbaik dan mewah. 

Melansir laman Doha News, markas seluruh peserta didekorasi sesuai dengan identitas tim masing-masing. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Petugas Operasi Piala Dunia FIFA, Colin Smith. 

"Masing-masing dari 32 base camp tim telah dihiasi dengan warna atau identitas tim yang akan berada di sana," kata Smith.

Timnas Spanyol, Timnas Kosta Rika, Timnas Jerman, dan Timnas Jepang kini tinggal di hotel dan berlatih di tempat latihan terbaik di Qatar. Mari menengok base camp tim Grup E Piala Dunia 2022 selama di Qatar.

1. Timnas Spanyol tinggal dan latihan di kawasan Universitas Qatar

Menengok Base Camp Tim Grup E Piala Dunia 2022 Selama di QatarTimnas Spanyol sedang latihan. (twitter.com/SEFutbol)

Universitas Qatar merupakan pusat pendidikan tinggi di negara tersebut. Punya banyak fasilitas mumpuni, Timnas Spanyol pun bermarkas di sana selama Piala Dunia 2022 berlangsung, yakni di Qatar University Hostel 2.

La Roja juga memilih tempat yang sama untuk latihan agar mudah diakses. Hanya beberapa menit dari tempat bermalam, Qatar University Training Site 1 jadi tambatan. Semua fasilitas yang diperlukan tersedia, macam pusat kebugaran, area pemulihan, dan ruang pertemuan.

2. Timnas Kosta Rika menginap di hotel kota, DusitD2 Salwa Doha

Menengok Base Camp Tim Grup E Piala Dunia 2022 Selama di QatarTimnas Kosta Rika sedang latihan. (twitter.com/fedefutbolcrc)

DusitD2 Salwa Doha yang terletak di jantung Kota Doha dipilih Timnas Kosta Rika karena fasilitasnya yang lengkap. Para pemain bisa makan di restoran internasional, relaksasi di tempat pijat dan spa, atau rehat di klub kesehatan.

Lokasi DusitD2 Salwa Doha juga sangats trategis. Hanya memerlukan waktu 20 menit menggunakan mobil, Museum Seni Islam, Taman MIA, Souq Waqif, dan Doha Corniche bisa dijangkau. 

Tim berjuluk Los Ticos ini sendiri meminjam stadion milik Al Ahli SC, Stadion Hamad bin Khalifa, untuk berlatih. Stadion itu berkapasitas hingga 20 ribu kursi.

Baca Juga: Tempat Latihan Tim-Tim Grup D Piala Dunia 2022, Mana yang Terbaik?

3. Timnas Jerman berada jauh di ujung Qatar, tetapi menikmati tempat yang nyaman

Menengok Base Camp Tim Grup E Piala Dunia 2022 Selama di QatarTimnas Jerman sedang latihan. (twitter.com/DFB_Team)

Alih-alih memilih dekat perkotaan, Timnas Jerman justru berada di ujung Qatar, di wilayah utara dekat pantai Teluk Persia. Zulal Wellness Resort di Al Shamal yang terkenal dengan pengobatan tradisional dan suasana mewah membuat anak-anak asuh Hansi Flick betah tinggal di Qatar.

Die Mannschaft melakukan sesi latihan di Al Shamal Stadium milik klub divisi pertama Qatar, Al-Shamal SC. Stadion yang dibangun pada 2009 tersebut berumput alami dengan kapasitas 5.000 kursi. Selain itu, mereka menghabiskan waktu bermain bola basket di klub olahraga dekat tempat latihan.

4. Radisson Blu Hotel Doha jadi pilihan paling tepat bagi Timnas Jepang 

Menengok Base Camp Tim Grup E Piala Dunia 2022 Selama di QatarTimnas Jepang sedang latihan. (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Selain hotel modern dengan 583 kamar mewah, Radisson Blu Hotel Doha merupakan surganya kuliner. Terdapat lebih dari 20 restoran menawarkan bermacam-macam hidangan di sana, termasuk makanan khas Jepang, seperti sushi dan kari.

Tak jauh dari hotel, Al Sadd SC New Training Facilities 1 jadi tempat latihan Samurai Blue. Jarak dari hotel ke tempat latihan sekitar 10 menit saja menggunakan mobil. Tempat latihan itu sendiri merupakan tempat latihan klub Al Sadd SC yang sudah diperbarui. 

Timnas Spanyol tidur nyenyak di kawasan kampus. Timnas Kosta Rika punya hotel strategies yang mewah. Timnas Jerman berada di tempat jauh asal nyaman. Sementara, Timnas Jepang menempati hotel bak kampung halaman. Pastinya base camp dipersiapkan agar semua pemain merasa betah selama di Qatar.

Baca Juga: Tempat Latihan dan Hotel Tim Grup G Piala Dunia 2022, Tak Jauh-jauh

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya