Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan Liverpool

Sejak bergabung dengan Liverpool, Diogo Jota kian melejit!

Diogo Jota jadi pusat perhatian usai mencetak gol dalam laga krusial menghadapi Manchester City, (10/4/2022). Saat itu, Jota membalas gol Kevin De Bruyne delapan menit setelah Liverpool kebobolan.

Ia juga berhasil menyumbang satu assist untuk gol Roberto Firmino kala Liverpool menahan imbang Benfica dengan skor 3-3 pada leg ke-2 Liga Champions (14/4/22) dan lolos ke semifinal.

Sang pemain belum lama merumput bersama Liverpool, tetapi ia bisa berkembang dan diterima dengan cepat di Anfield. Selain Roberto Firmino, rupanya sekarang The Reds lebih mengandalkan Diogo Jota di posisi penyerang tengah. Yuk, mengenal lebih dekat dengan sosok striker asal Portugal ini!

1. Diogo Jota telah memasuki usia matang

Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan Liverpoolpotret Diogo Jota (twitter.com/DiogoJota18)

Lahir dengan nama Diogo Jose Teixeira da Silva, pemain satu ini lebih akrab disapa Diogo Jota. Ia lahir pada 4 Desember 1996 di Porto, Portugal. Artinya, Jota telah menginjak usia 25 tahun.

Pada usia matangnya, Diogo Jota semakin melejit di English Premier League (EPL) maupun di Eropa. Ia memiliki tinggi badan 1,78 cm dan biasa bermain sebagai penyerang tengah. 

2. Diogo Jota sempat mengepakkan sayap ke Spanyol, tetapi ia gagal

Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan LiverpoolDiogo Jota saat bergabung dengan Atletico Madrid pada 2016. (instagram.com/diogoj_18)

Karier Diogo Jota dimulai sejak sang pemain berusia 9 tahun. Ia bermain di tim junior Gondomar SC (2005—2013). Kemudian pindah ke Pacos de Ferreira U-19 pada 2013. Jota baru secara resmi melakoni debut profesionalnya di Liga NOS pada 29 Februari 2015.

Untuk pertama kalinya, Diogo Jota pergi melancong ke luar Portugal saat klub Spanyol, Atletico Madrid, tergiur ingin merekrutnya. Ia menandatangani kontrak untuk Los Rojiblancos pada 6 Juli 2016.

Namun, Diogo Jota belum cukup berpengalaman. Sebulan setelah penandatanganan kontrak, klub meminjamkannya ke Porto. Sangat disayangkan, ia tak pernah sekalipun dimainkan oleh Atletico Madrid.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Diogo Jota Bisa Gantikan Firmino di Liverpool 

3. Diogo Jota pertama kali menginjakan kaki di Inggris pada 2017

Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan LiverpoolDiogo Jota ketika masih berseragam Wolverhampton Wanderers. (instagram.com/diogoj_18)

Diogo Jota tampil bagus saat menjalani masa pinjaman di Porto (2016—2017). Ia mencetak 9 gol dan 7 assists dalam 38 penampilan. Kemudian takdir membawanya ke Liga Inggris usai dibuang oleh Atletico Madrid.

Awalnya Jota hanya dipinjamkan selama semusim ke Wolverhampton Wanderers (Wolves) pada 2017. Namun, ia akhirnya dipermanenkan karena tampil mengesankan pada 2018. Jota total menyumbang 44 gol dan 19 assists dalam 131 penampilan dalam kurun waktu tiga tahun (2017—2020) di Wolves. 

4. Dengan cepat, Diogo Jota jadi penyerang andalan The Reds sejak bergabung pada 2020

Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan Liverpoolpotret Diogo Jota (twitter.com/brfootball)

Jurgen Klopp terkesan dengan bakat Diogo Jota. Ia resmi memboyongnya ke Anfield Stadium pada 19 September 2020 dengan nilai transfer mencapai 44,7 juta euro atau sekitar Rp695 miliar. Tak butuh waktu lama, Jota langsung jadi penyerang tengah andalan klub.

Pada musim pertama (2020/2021), Diogo Jota total menciptakan 13 gol dan 1 assist dalam 30 penampilan di semua ajang. Pada 2021/2022 ini, ia makin moncer dengan koleksi 21 gol dan 3 assists dari 42 laga yang dilakoninya di semua ajang dan pastinya masih bisa bertambah. 

5. Kiprah Diogo Jota untuk timnas Portugal

Mengenal Lebih Dekat Diogo Jota, Penyerang Tengah Andalan Liverpoolpotret Diogo Jota (twitter.com/DiogoJota18)

Sebelumnya Diogo Jota telah bermain untuk timnas Portugal U-19 pada 2014 dan U-21 pada 2015. Ia juga sempat ikut ke dalam squad Olimpiade Rio 2016. Namun, Jota hanya tampil sekali pada laga persahabatan dan dalam waktu yang lama tak pernah dipanggil timnas senior.

Setahun sebelum bergabung dengan Liverpool, Diogo Jota akhirnya mendapat panggilan dari timnas Portugal. Sejak debut pada 14 November 2019, kini Diogo Jota telah memberi 9 gol dan 6 assists dalam 24 penampilan. Di antaranya 4 gol dan 1 assist dalam 5 penampilan dilakoni Jota di kualifikasi Piala Dunia 2022 dan akan ikut ke Qatar.

 

Dalam sepak bola modern, banyak pemain veteran yang masih mentas dengan moncer. Sedangkan, Diogo Jota masih berusia 25 tahun. Artinya, ia masih punya banyak waktu untuk mengembangkan kariernya dan mulai menciptakan rekor demi rekor. 

Baca Juga: 10 Potret Diogo Jota, Pemain yang Mencuri Panggung Mohamed Salah

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya