Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!

Ronaldo merupakan top scorer sepanjang sejarah sepak bola

Manchester United menjamu Arsenal di Old Trafford dalam Liga Inggris pekan ke-14 pada Jumat, (3/12/2021). Dalam pertandingan tersebut, Cristiano Ronaldo menyumbangkan dua gol. CR7 pun telah mencapai gol ke-801 sepanjang karier profesionalnya.

Sekarang Ronaldo benar-benar melampaui seluruh rivalnya. Ia memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola. Untuk empat klub dan tim nasional Portugal, berikut ulasan lengkap pecahan gol milik Ronaldo.

1. Sporting Lisbon (5 Gol) 

Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/SportingCP_en)

Sebelum setenar sekarang, Cristiano Ronaldo sempat bersusah payah meniti karier sepak bolanya di akademi Sporting Lisbon. Ia memulai karier junior sejak 1997, kemudian diangkat ke tim utama pada tahun 2002 silam.

Ronaldo terhitung hanya menjalani karier selama semusim di tim utama Sporting Lisbon. Ia mencetak 5 gol dan 6 assist dalam 31 penampilan di semua ajang pada musim 2002/2003.

2. Manchester United (130 Gol) 

Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Ketika Cristiano Ronaldo berusia 18 tahun, Sir Alex Ferguson tertarik melihat bakatnya yang tak biasa. Mantan pelatih Manchester United tersebut pun mendatangkan sang pemain ke Old Trafford pada musim panas 2003 silam. Benar saja, CR7 langsung bersinar bersama Setan Merah.

Di periode pertamanya hingga 2009, Ronaldo menorehkan 118 gol untuk Setan Merah. Setelah lebih dari 18 tahun berkelana ke Real Madrid dan Juventus, CR7 musim ini kembali ke Old Trafford. Koleksinya pun sekarang bertambah jadi 130 gol dan lebih dari 70 assist dalam 308 penampilan.

Baca Juga: 5 Pelatih Rival yang secara Terang-terangan Memuji Cristiano Ronaldo

3. Real Madrid (450 Gol) 

Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Real Madrid beruntung. Ronaldo paling banyak menyumbang gol untuk raksasa Spanyol tersebut. Mengabdi selama kurang lebih 9 tahun, CR7 mampu mencetak 450 gol dan 132 assist dalam 438 penampilan di semua kompetisi.

CR7 jadi pendorong kuat moncernya skuad Los Blancos di bawah asuhan Zinedine Zidane pada saat itu. Ia sukses membantu klub meraih 2 kali gelar Liga Spanyol, 4 trofi Liga Champions, serta 10 piala bergengsi lainnya. 

4. Juventus (101 Gol)

Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Meskipun hanya melancong selama tiga musim di Italia, Ronaldo sempat mengguncang skuad Juventus. Di tahun pertamanya, Ronaldo dihadiahi penghargaan Player of the Year. Kemudian, pada musim 2020/2021, ia jadi top skor Serie A dengan 29 gol. Di tahun yang sama pula, CR7 dinobatkan sebagai Striker of the Year. 

Kerja kerasnya berbuah manis. Ia menghasilkan 101 gol dan 22 assist dari 134 pertandingan yang ia lalui bersama Nyonya Tua. Untuk gelar, Ronaldo ikut andil meraih 2 kali gelar Liga Italia dan tiga trofi domestik lainnya.

5. Tim nasional Portugal (115 Gol) 

Menilik Pecahan 801 Gol Milik Ronaldo, Paling Banyak untuk Madrid!potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Terakhir untuk tim nasional Portugal. Ronaldo telah melampaui rekor milik Ali Daei sebagai pencetak gol internasional terbanyak. Sejauh ini, CR7 telah mencetak 115 gol di semua ajang internasional yang pernah dilakoninya.

Ronaldo merupakan pemain Portugal tersubur dalam sejarah sepak bola. Selain meraih gelar Piala Eropa 2016 bersama Portugal, ia juga telah menerima banyak penghargaan individu. Sebanyak 10 kali, CR7 dinobatkan sebagai Footballer of the Year.

 

Di usia 34 tahun, tak ada tanda-tanda Ronaldo akan pensiun. Sepertinya ia akan terus menambah koleksi golnya untuk tetap menguasai statistik sepak bola.

Baca Juga: 3 GOAT Sepak Bola Dunia Sebelum Messi dan Ronaldo

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya