6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPL

Klub elite EPL masih doyan belanja pemain dari Amerika Latin

Banyak transfer mengejutkan terjadi pada jendela transfer musim panas 2022 ini. English Premier League (EPL) jadi liga paling sibuk yang melakukan jual-beli pemain, bahkan sampai hari deadline transfer.

Seperti biasa, kedatangan para pemain anyar lebih menarik perhatian. Ternyata, klub-klub elite EPL masih doyan belanja pemain dari Amerika Latin, terutama dari Argentina.

Menilik rekam jejak kompetisi, mari kita lihat enam daftar pemain Argentina termahal yang pernah digaet klub elite EPL berikut ini. 

1. Angel Di Maria (Rp1,1 triliun) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLAngel Di Maria saat masih membela Manchester United. (twitter.com/ManUtd)

Angel Di Maria boleh diakui sebagai salah satu pesepak bola asal Argentina tersukses pada abad ini. Dalam perjalanan kariernya di Eropa, Di Maria pernah membela klub-klub besar. 

Salah satu klub elite EPL, Manchester United, pernah menebus Angel Di Maria dengan harga 75 juta euro (Rp1,1 triliun) dari Real Madrid. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2014.

Sayang, Di Maria hanya bertahan 1 tahun. Usai mencetak 4 gol dan 12 assist dari 32 penampilan, sang pemain memutuskan pergi ke Paris Saint-Germain pada Agustus 2015.

2. Lisandro Martinez (Rp856 miliar) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLLisandro Martinez membela Manchester United saat menghadapi Southampton pada 27 Agustus 2022. (twitter.com/Squawka)

Manchester United memang berani. Lisandro Martinez jadi pemain Argentina teranyar yang direkrut dengan harga mahal. Klub sampai mengeluarkan dana 57,37 juta euro (Rp856 miliar) demi mendapatkan tanda tangannya.

Ada harga ada kualitas. Sejauh ini, Lisandro Martinez tampil sangat baik di lini belakang Setan Merah. Ia telah tampil 5 kali di EPL 2022/2023 dengan 4 laga di antaranya bermain selama 90 menit penuh.

Tidak hanya itu, Martinez baru saja menyabet gelar Player of the Month Setan Merah untuk bulan Agustus 2022. Bek berusia 24 tahun ini sendiri memiliki kontrak 5 tahun di Old Trafford yang bakal bertahan hingga 2027.

Baca Juga: 5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPL

3. Cristian Romero (Rp746 miliar) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLCristian Romero saat membela Tottenham Hotspur. (instagram.com/cutiromero2)

Cristian Romero akhirnya secara sah dibeli oleh Tottenham Hotspur dari Atalanta BC. Kedua klub sepakat melakukan transfer senilai 50 juta euro atau setara Rp746 miliar pada musim panas 2022 ini. 

Romero awalnya memang hanya berstatus pinjaman. Ia beramin untuk Spurs sejak Agustus 2021 dan kini telah dikontrak secara permanen hingga Juni 2027 mendatang.

Bek muda yang juga masih berusia 24 tahun ini telah dimainkan 32 kali oleh Tottenham Hotspur. Ia bermain di EPL, FA Cup, EFL Cup, Liga Konferensi Eropa (UECL), dan musim ini akan ikut bermain di Liga Champions Eropa (UCL). 

4. Nicolas Otamendi (Rp664 miliar) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLNicolas Otamendi saat membela Manchester City. (twitter.com/brfootball)

Sebelum kembali ke Liga Portugal, Nicolas Otamendi pernah sukses mengemas 210 penampilan untuk Manchester City. Dahulu, ia jadi bek andalan The Citizens dalam masa bakti 5 tahun.

Nicolas Otamendi datang dari Valencia pada Agustus 2015. Kala itu, Manchester City berhasil menggaetnya dengan transfer senilai 44,5 juta euro (Rp664 miliar). Otamendi kemudian pergi ke Benfica pada September 2020.

5. Juan Sebastian Veron (Rp636 miliar) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLJuan Sebastian Veron saat membela Manchester United. (manutd.com)

Juan Sebastian Veron punya karier yang cukup mentereng di sepak bola Eropa. Mantan pesepak bola berposisi gelandang yang satu ini juga berpengalaman di EPL, salah satunya membela Manchester United. 

Setan Merah tergiur membawa Juan Sebastian Veron dari Lazio pada 2001 silam. Klub akhirnya menebus sang pemain dengan uang senilai 42,6 juta euro (Rp636 miliar). Nilai yang sangat fantastis pada masa itu.

Meski hanya mengabdi 2 tahun (2001—2003), Sebastian Veron mampu membukukan 11 gol dan 15 assist dari 82 penampilan untuk Setan Merah.

6. Sergio Aguero (Rp597 miliar) 

6 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Digaet Klub Elite EPLpotret Sergio Aguero (instagram.com/kunaguero)

Pemain Argentina tersukses di EPL lainnya adalah Sergio Aguero. Bermain untuk Manchester City, Aguero tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah kompetisi maupun sejarah klub.

Aguero merupakan rekrutan era Mike Rigg yang diebli dari Atletico Madrid pada musim panas 2011. Uang 40 juta euro (Rp597 miliar) yang dikeluarkan Manchester City pada saat itu jadi biaya yang tidak sia-sia. 

Sergio Aguero total mencetak 260 gol dan 73 assist untuk The Citizens. Ia melakukannya dari 390 pertandingan yang dilakoni dalam kurun waktu 10 tahun (2011—2021).

Pantas saja kalau klub-klub elite EPL berani merogoh kocek dalam. Argentina memang jarang gagal melahirkan bakat-bakat hebat. Apakah Lisandro Martinez dan Cristian Romero bakal jadi bintang baru? 

Baca Juga: 6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier League

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya