6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier League

Banyak jagoan Brasil yang diminati klub Premier League

Brasil berhasil melahirkan bakat-bakat hebat di dunia sepak bola. Para jagoan dari negara bagian Amerika Latin tersebut sudah tersebar luas di lima liga top Eropa, termasuk di English Premier League (EPL). 

Pada jendela transfer musim panas 2022 ini, klub-klub elite di EPL masih sangat meminati para pemain berdarah Brasil. Sejumlah transfer besar-besaran pun terjadi. Mari kita intip enam pemain Brasil termahal yang pernah ditebus klub elite EPL berikut ini.

1. Antony (Rp1,4 triliun) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier LeagueAntony resmi bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2022. (twitter.com/FabrizioRomano)

Manchester United tidak pernah ragu menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain berkualitas. Demi mendapatkan jasa Antony, Setan Merah harus merogoh kocek hingga 95 juta euro (Rp1,4 triliun) pada 30 Agustus 2022.

Pemilik nama lengkap Antony Matheus dos Santos tersebut merupakan salah satu bakat mumpuni kelahiran Sao Paulo, Brasil. Ia direkrut Setan Merah dari klub Belanda, Ajax Amsterdam.

Antony memang tampil bersinar bersama Ajax. Dalam kurun waktu 2 tahun (2020--2022) saja, sang pemain sukses mencetak 24 gol dan 22 assist dalam 82 penampilan.

Manchester United memberi Antony kontrak berdurasi 5 tahun sampai 2027. Ini akan menjadi pengalaman pertama pemain sayap berusia 22 tahun tersebut di Premier League.

2. Casemiro (Rp1 triliun) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier LeagueCasemiro melakoni laga debut untuk Manchester United pada 27 Agustus 2022. (twitter.com/ManUtd)

Sebelum Antony, Manchester United lebih dahulu merekrut Casemiro pada 22 Agustus 2022 lalu. Gelandang Brasil berusia 30 tahun tersebut ditebus dari Real Madrid seharga 70,65 juta euro (Rp1 triliun).

Meski baru pertama kali mencicipi rumput EPL, Casemiro cukup berpengalaman di Eropa. Gelandang senior yang satu ini pernah berkarier di Portugal dan Spanyol. Casemiro diharapkan bisa menjadi solusi bagi masalah lini tengah Setan Merah yang masih lemah. Sang pemain sudah tampil 1 kali di EPL pada 27 Agustus 2022 dan diprediksi bisa jadi andalan untuk ke depannya.

3. Alisson (Rp930 miliar) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier Leaguepotret Alisson Becker (twitter.com/LFC)

Alisson Becker bisa menginjakkan kaki di Inggris sejak dinaungi Liverpool pada 2018. Kiper jangkung berpostur tubuh 191 cm tersebut dahulu direkrut dari AS Roma senilai 62,5 juta euro (Rp930 miliar).

Jala gawang The Reds dijaga dengan baik oleh jagoan Brasil yang satu ini. Alisson merupakan peraih dua kali sarung tangan emas EPL pada musim 2018/2019 dan musim 2021/2022.

Alisson masih menempati posisi kiper utama di Anfield Stadium. Ia telah mengoleksi 1 clean sheet dari 5 penampilan bersama Liverpool di EPL pada musim 2022/2023.

Baca Juga: Liverpool Curi Poin Penuh Atas Newcastle

4. Fred (Rp878 miliar) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier Leaguepotret Fred (twitter.com/ManUtd)

Fred datang ke Old Trafford sejak era Jose Mourinho pada musim panas 2018. Dahulu, Manchester United menggaetnya dari Shakhtar Donetsk dengan kesepakatan transfer sebesar 59 juta euro (Rp878 miliar).

Fred masih bertahan hingga kini dengan sisa kontrak 1 tahun lagi. Gelandang tengah berusia 29 tahun tersebut telah mengoleksi 8 gol dan 13 assist dalam 161 penampilan. Catatan tersebut masih bisa bertambah.

5. Richarlison (Rp863 miliar) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier LeagueRicharlison, pemain baru Tottenham Hotspur. (instagram.com/richarlison)

Sejak masih berusia 20 tahun, Richarlison terbang ke Inggris untuk bergabung dengan Watford pada 2017. Setahun kemudian, ia hijrah ke Everton dan sekarang resmi jadi milik Tottenham Hotspur.

Spurs secara sah telah mendapatkan tanda tangan Richarlison pada 1 Juli 2022 lalu. Sang pemain diikat dengan kontrak 5 tahun yang akan bertahan hingga 2027 mendatang. Harga jual Richarlison tak kalah mahal. Everton menerima uang sebesar 58 juta euro (Rp863 miliar) dari Tottenham Hotspur. Striker top Brasil ini pun diharapkan bisa memberi dampak lebih baik untuk Spurs.

6. Gabriel Jesus (Rp778 miliar) 

6 Pemain Brasil Termahal yang Pernah Ditebus Klub Elite Premier LeagueGabriel Jesus resmi merapat ke Arsenal. (twitter.com/brfootball)

Gabriel Jesus berkembang dengan baik di EPL bersama Manchester City (2017—2022). Namun, The Citizens punya banyak pendatang anyar pada musim 2022/2023. Jesus pun akhirnya memutuskan untuk mundur.

Arsenal bersedia merekrut Gabriel Jesus dengan mahar senilai 52,2 juta euro (Rp778 miliar). Dengan demikian, Jesus ikut memecahkan rekor transfer sebagai salah satu pemain Brasil termahal di EPL.

Performa Gabriel Jesus jadi salah satu kunci kemenangan Arsenal dalam 5 laga beruntun di EPL musim ini. Ia berhasil membubuhkan 3 gol dan 3 assist. Tentu statistiknya akan terus bertambah.

 

Brasil memang punya banyak jagoan hebat yang sangat menjanjikan. Jadi gak heran, klub-klub elite EPL rela menebus mereka dengan harga tinggi. Casemiro dan Antony jadi pendatang baru yang bakal meramaikan ajang EPL musim 2022/2023.

Baca Juga: Rahasia Kebangkitan Gabriel Jesus Bersama Arsenal

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya